- Audio, Software, Tutorial

Begini Cara Perbesar Kualitas Audio Yang Kekecilan Dengan Audacity

Mendengarkan lagu favorit tentu sangat menyenangkan, cuman terkadang jika file MP3 yang hadir ternyata memiliki kualitas audio yang terlalu kecil, tentu itu kurang terlalu nyaman bukan? Jangan khawatir, segala masalah tersebut sebenarnya bisa diatasi dengan mudah, dimana kalian bisa memperbesar kualitas audio melalui software gratis yang disebut Audacity.

Mau tau lebih caranya? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : Begini Cara Mudah Update Bios Motherboard Gigabyte Series

Cara Untuk Memperbesar Kualitas Audio Yang Kekecilan Dengan Audacity

Sebelum memulai, hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah download dan install dulu software Audacity-nya disini. Software ini tersedia secara gratis, malah punya banyak fitur menarik buat ngatur audio jauh lebih baik atau bahkan ngerekam audio dengan banyak pilihan efek seru.

Setelah kalian instal, kemudian pilih file audio yang akan diboosting kualitas suaranya. Nyatanya, software ini mendukung banyak jenis file, setidaknya akan mengurangi rasa khawatir jika kalian memiliki file yang berbeda.

Perbesar Kualitas Audio

Nah, kali ini kami pakai contoh file MP3, dimana kalian bisa langsung drag file tersebut ke software Audacity, atau cara formalnya, tinggal klik File dibagian kiri atas, dan pilih opsi Import Audio.

Perbesar Kualitas Audio

Setelah itu, pergi ke pilihan Effect –> Bass And Treble

Dibagian ini, kalian hanya perlu mengatur Volume (dalam dB), semakin dB, kualitas suara akan semakin besar. Sesuaikan dengan apa yang kalian rasa nyaman, namun kisaran normal berada di level 2dB hingga 5dB.

Perbesar Kualitas Audio

Dibagian ini juga kalian bisa mengatur kualitas bass maupun treble agar bisa musik favorit kalian bisa lebih jernih atau memiliki varian efek yang berbeda.

Jika sudah yakin, klik Apply. Atau jika masih belum, kalian bisa mengaturnya kembali sambil menjalankan Playback agar saat mengatur hasil yang akan didapatkan bisa langsung didengarkan.

Perbesar Kualitas Audio

Setelah sesuai dengan apa yang kalian harapan mengenai tingkat suara yang udah diatur, kalian bisa meng-exportnya dalam bentuk file yang sama, misal dalam bentuk MP3. Caranya, tinggal klik File –> Export –> Pilih sesuai dengan apa yang kalian inginkan jenis filenya, misal MP3, maka klik opsi MP3.

Nah, itu dia sekilas tutorial yang kita harap bisa memberikan manfaat tersendiri buat kalian.

 Baca Juga :

Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat