- Power Supply, Tutorial

Kunci Memilih Power Supply Yang Baik, Pahami Dulu Sebelum Membelinya

Power Supply (PSU) yang baik pastinya jadi modal berarti buat bawa semua komponen PC kamu berada dalam kondisi terbaiknya. Setidaknya itu bakal menjamin pasokan listrik akan terpenuhi secara efektif. Disamping itu, umur komponen bakal lebih Panjang, atau setidaknya sampai kalian menyadari bahwa apa yang ditawarkan PSU handal berlaku juga buat urusan tersebut sebelum kalian benar-benar akan membelinya.

Dan ketika kalian masih ragu untuk memilih kategori PSU yang ideal sesuai dengan kebutuhan, kali ini kita akan ungkap cara milih PSU yang bisa banget buat dipertimbangin, dan sesuai dengan kebutuhan maupun aset berharga untuk semua hal yang bakal kalian lakukan pada waktu yang cukup lama. Penasaran? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : Mengapa Sih SSD Jadi Lambat? Gini Penjelasan & Solusinya!!

Kunci Memilih Power Supply Yang Baik 

Kita sebelumnya sudah pernah membahas cara milih PSU yang ideal, namun kali ini kita akan melihatnya dari beberapa faktor spesifikasi yang biasa dibawa pada perangkat itu sendiri. Setidaknya, akan ada manfaat lain saat kalian membaca artikel ini, yang berarti bakal memberikan arti positif dalam pemahaman kalian saat akan membelinya.

1. Tahu Siapa Diri Kamu & Daya Yang Kamu Butuhkan

Kunci pertama yang perlu kalian lihat saat berencana akan membeli PSU handal adalah melihat dulu siapa sebenarnya kalian, apakah termasuk golongan kasual user seperti pekerja kantor atau rumahan yang hanya membebani banyak pekerjaan pada PC untuk pemakaian ringan saja, seperti office atau browsing? Atau apakah kalian seorang gamer yang berencana memiliki kartu grafis terbaik? Atau pengguna hybrid yang memakai banyak pekerjaan pada PC untuk bisa menampung banyak kebutuhan besar antara gaming maupun editing?

Tentu, faktor tersebut akan berpengaruh dalam hal pemilihan PSU yang tepat, atau setidaknya jika dilihat dalam kapasitas Watt yang nantinya akan ditampung. Seorang pengguna dengan beban pekerjaan ringan tentu tidak akan membeli PSU dengan kapasitas besar bukan? Hal sebaliknya gamer enthusiast pastinya akan menghindari pilihan PSU dengan kapasitas output watt kecil, atau mereka sebenernya butuh label daya output yang mencukupi, tidak besar ataupun kecil.

Kunci Memilih Power Supply Yang Baik

Disinilah, memiliki daya sesuai dengan kapasitas watt perlu menjadi perhatian utama kalian. Nantinya faktor tersebut akan menyesuaikan dengan kebutuhan utama yang benar-benar akan kalian jalani. Contoh, FSP Group punya banyak pilihan handal untuk sebuah PSU, dan produsen memberikan banyak pilihan yang bisa disesuaikan konsumen, termasuk kebutuhan untuk kapasitas Watt.

Jika kalian bagian dari pengguna kasual, PSU dengan daya mulai dari 300Watt hingga dibawah 500W tentu bisa jadi solusi terbaiknya untuk dimiliki. Sedangkan gamer atau kalangan content creator yang memiliki perangkat extra bisa memiliki PSU dengan kapasitas mulai dari 450W hingga 750W, itu bisa disesuaikan dengan kebutuhan perangkat (extra) yang kalian miliki, misal kartu grafis. Lihat rekomendasi syarat minimum, apalagi juga jika kalian ingin memiliki banyak komponen atau peripheral yang cukup besar pula dalam kebutuhan daya selain kartu grafis.

2. Rating 80+, Apa Sih Maksudnya?

Biasanya, banyak produsen Power Supply seperti apa yang ditawarin FSP Group memberi label rating 80+ pada jajaran produk mereka. Apa sih maksudnya? Mungkin banyak dari kita sudah mengetahuinya secara pasti, namun banyak juga yang benar-benar masih belum paham mengenai semua hal tersebut.

Rating 80+ itu sendiri merupakan standar peringkat yang bisa memperlihatkan tingkat efisiensi Power Supply, khususnya dalam hal konversi energi. Saat ini, ada beberapa label yang bisa menjadi  penunjuk ideal bagaimana perangkat tersebut bisa memenuhi tingkat efisiensi yang ditawarkannya, mulai dari label 80+ White, Bronze, Silver, Gold, Platinum dan Titanium.

Rating yang dimaksud berarti bahwa PSU bisa menawarkan tingkat efiensi energi pada kondisi beban tertentu. Contoh, PSU dengan label 80+ mulai dari White hingga Platinum akan menawarkan tingkat efisiensi energi saat bekerja penuh hingga beban dibawah 20%, namun tidak menawarkan apapun saat kondisi beban dibawah 10%. Beda halnya ketika PSU dengan rating 80+ Titanium, bahkan ini merupakan PSU yang paling hemat energi, yang akan bekerja secara efisien juga saat kondisi beban dibawah 10%.

3. Tahu Sertifikasi Standar Keselamatan

Power supply yang baik pastinya juga akan memenuhi sertifikasi standar keselamatan, yang akan menjadi modal berharga saat dimiliki kalian. Biasanya ini hadir dalam logo pada perangkat itu sendiri dengan membawa arti bahwa perangkat ini sudah memenuhi standar keamanan global untuk mencegah kerusakan, misal bahaya dari kejutan listrik, bahaya energi, kebakaran, bahaya mekanis, bahaya panas, bahaya radiasi, dan bahaya kimia.

Memilih Power Supply Yang Baik

Contoh, jika kalian melihat logo UL, itu berarti bahwa perangkat tersebut sudah memenuhi persyaratan safety dari Underwriters Laboratories, perusahaan sertifikasi keamanan global yang udah sangat dikenal memberikan label standar keamanan untuk banyak perangkat.

Disamping itu, ada juga beberapa sertifikasi lain yang perlu juga kalian ketahui sebelum membeli PSU yang handal, termasuk sertifikasi CE / CB / TUV / FCC / CCC, dll., Dengan mengetahui makna tersebut, setidaknya kalian sudah mengetahui bahwa PSU yang kalian beli sudah menerapkan standar kemananan tinggi buat keselamatan pengguna (atau tidak).

4. Ketahui Juga Arti Dari Label Penilaian Pada PSU Itu Sendiri

Disamping label sertifikasi buat urusan safety, nyatanya buat urusan keselamatan, produsen juga harus melengkapi setiap produk dengan kehadiran label penilaian (yang biasa hadir pada PSU itu sendiri). Ini biasanya menunjukan kisaran input AC dari produk yang menerapkan spesifikasi keselamatan, serta output DC maksimum atau output gabungan dari masing-masing grup.

Cuman terkadang ini bisa jadi sesuatu yang rumit untuk dipahami, apalagi bagi mereka yang belum mengetahui istilah kelistrikan pada PSU. Mudahnya, perhatian harus diberikan pada daya output gabungan maksimum di bawah grup + 12V (khususnya jika kalian seorang gamer atau enthusiast). Secara umum, unit output tunggal yang mampu menyamai output terukur penuh dari power supply itu sendiri dianggap baik. Contoh, FSP Hydro G Pro punya DC output tunggal 12V dengan ouput 850W. itu berarti bahwa perangkat tersebut dirancang untuk memberikan daya maksimum hingga 850W.

Memilih Power Supply Yang Baik

Label +12V itu sendiri merupakan rail yang menggambarkan voltase individu dalam power Supply. + Rail 12V memberikan daya ke beberapa perangkat yang berbeda, yang paling terkenal tentu saja buat memasok daya ke kartu grafis melalui konektor 4 / 8pin. Produsen biasanya memecah + 12V menjadi pemisahan lebih lanjut untuk tujuan keselamatan, ada rail tunggal, yang lebih umum pada pilihan PSU entry level hingga pilihan menengah, dan Multi-rail, yang bisa ideal untuk membantu meningkatkan umur panjang PSU (dan untuk tujuan keamanan) dengan membagi daya secara lebih merata beban.

Cuman, produsen melihat bahwa biaya memecah rel menjadi lebih kecil sangat terbatas karena biaya yang mahal, sehingga terkadang harga yang ditawarkan juga jauh melebihi kasual PSU dengan fitur single rail. Disamping itu, multi-rail lebih ideal bagi pengguna yang memiliki banyak perangkat high-end seperti mereka yang punya lebih banyak pilihan kartu grafis pada PC, dibanding pilihan kasual dengan komponen sederhana atau sedikit lebih tinggi.

5. Bentuk Faktor Mana Yang Kalian Inginkan?

Secara umum, ada dua pilihan bentuk faktor umum yang dibawa power Supply, khususnya untuk pilihan consumer. Nyatanya ini bakal ngaruh pada pilihan ideal yang nantinya akan kalian tentukan. Pertama ada ATX, pilihan umum yang sangat populer dan bisa cocok dengan ruang casing PC besar atau medium, termasuk pilihan Micro-ATX. Dan nyatanya, ada dua versi yang sebenernya agak sedikit berbeda buat ukuran ATX, yaitu ATX PS/2 yang biasa kita lihat pada pilihan PSU kasual dan ATX PS/3 dengan kedalaman yang sedikit lebih pendek.

Memilih Power Supply Yang Baik

Lalu ada lagi bentuk faktor SFX, yang biasanya lebih dikhususkan bagi pengguna yang menginginkan PSU dalam ukuran jauh lebih kecil, ideal banget buat pembangun yang suka sekali dalam bentuk mini dan ideal dipasang pada case dalam bentuk mITX atau mini ITX.

6. Tipe Kabel Juga Ngaruh

Kabel PSU yang ditawarkan juga bervarian, biasanya dalam bentuk flat atau round alias bundar. Pilihan umum biasanya dalam bentuk round cable, dimana ini memiliki pelindung extra dengan memanfaatkan lapisan-lapisan disekitar kabel inti untuk meminimalisir pemanasan gesekan saat kabel bergerak.

Memilih Power Supply Yang Baik

Pilihan kabel flat bisa jauh lebih fleksibel, disisi lain masih tetap mempertahankan standar safety yang baik. Artinya bahwa ruang yang ditawarkan lebih kecil, sehingga bisa meminimalisasi ruang extra maupun memudahkan managemen kabel. Disamping itu, kabel flat menawarkan berat yang lebih ringan, sehingga mudah untuk diatur.

Memilih Power Supply Yang Baik

Nah, hal tersebut juga ngaruh pada pilihan dengan tipe Modular, semi-modular atau non modular. Pilihan PSU dengan kabel modular biasanya punya arti bahwa kabel yang dibawa perangkat sepenuhnya bisa dilepas dan disesuaikan dengan kebutuhan. Jadi, kalian bisa menghemat ruang maupun pemakaian. Cuman, harga jauh lebih mahal dibanding non-modular. Sedangkan untuk Semi-modular, beberapa kabel bisa dilepas dan disesuaikan dengan kebutuhan, namun juga memiliki kabel tetap untuk beberapa pilihan inti.

7. Gak Salahnya Juga Lihat faktor Desain

Jika kalian jadi bagian dari pengguna yang enggak terlalu peduli dengan gaya desain, kalian bisa melewatkannya dan baca faktor lain dibawah sesudah ini. Namun jika setiap aspek bentuk PSU kubus bisa ngaruh banget buat kalian, maka melihat gaya dari PSU itu sendiri juga bisa ideal buat dukung estetika yang jauh lebih nyaman untuk dilihat.

Desainer telah lama berkomitmen dalam merancang PSU dengan nilai-nilai estetika. Menembus stereotip menjadi lebih dari sekedar kubus, dan mengembangkan estetika mereka sendiri dalam desain tentu akan bawa daya tarik tersendiri.

Memilih Power Supply Yang Baik

Contohnya, FSP Group memiliki pilihan Hydro G Pro. Komponen internal dirancang dengan konsep desain termal, dan desain ventilasi pendingin terbaik dibuat dari penilaian laboratorium panas, dikombinasikan dengan pelindung kipas bergaya, menciptakan produk estetika yang menyenangkan dan efisien.

8. Regulasi Voltase Output

Kualitas Power output bakal mempengaruhi stabilitas sistem komputer. Tegangan yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kerusakan hardware, sedangkan tegangan yang terlalu rendah dapat menyebabkan komputer macet atau reboot. Oleh karena itu, pengaturan Power output pada PSU diatur secara ketat.

Di bidang elektronika daya, regulasi voltase juga mengkategorikan regulasi yang disebabkan oleh regulasi voltase input sebagai regulasi saluran, dan regulasi karena varian beban bisa di-istilahkan sebagai regulasi beban. Ini mengacu pada istilah “voltage regulation” yang umum digunakan dalam industri pasokan listrik, dimana ada dua regulasi yang digabungkan. Di bawah ini adalah standar pengaturan tegangan Power Supply yang dirumuskan oleh Intel.

Outputs +5V +12V -12V +3.3V +5Vsb
Min 4.75 11.40 -10.80 3.135 4.75
Max 5.25 12.60 -13.20 3.465 5.25
Regulation Limit ±5% ±5% ±10% ±5% ±5%

Kesimpulan Awal

Nah, itu dia beberapa faktor kunci yang bisa kita ungkap hingga sejauh ini saat akan memilih PSU yang ideal buat kalian pertimbangkan. Meskipun ada beberapa hal lainnya yang belum kita ungkap sepenuhnya, namun setidaknya akan ada manfaat besar yang akan kalian dapatkan hingga sejauh ini.

Yang pasti sih, semoga bermanfaat. Kami juga ingin berterimakasih kepada FSP yang bisa memberikan ide cemerlang untuk memberikan edukasi tersendiri buat urusan PSU bagi pembaca. Jangan lupa untuk mengunjungi FSP Group dan lihat produk terbaik dari jajaran PSU handal mereka melalui link ini.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat