- Berita Terbaru, Prosesor

Intel Tiger Lake 10nm Siap Diluncurkan : Potensi Kinerja Tinggi, Hemat Daya & iGPU Yang Lebih Powerful

Intel Tiger Lake siap menanti, dan produsen akan memberikan banyak pilihan prosesor terbaru yang bisa memberikan kinerja jauh lebih positif bagi penggemar. Artinya bahwa Intel kini telah berhasil Move On dengan kemajuan 10nm dan era penambahan banyak tanda plus di depan nomor yang sama telah berakhir.

Pada Architecture Day 2020, Intel menawarkan pandangan pertama pada CPU Tiger Lake generasi berikutnya, dan merinci beberapa perbaikan mikroarsitektur yang akan menghasilkan kecepatan clock dan penghematan energi yang lebih tinggi.

Baca juga : GIGABYTE Luncurkan Ultra-Compact BRIX PC Terbaru : Lebih Kecil, Lebih Powerful

Inti dari prosesor 10nm Tiger Lake yang akan datang adalah teknologi transistor baru yang disebut SuperFin yang diklaim Raja Koduri adalah “peningkatan intranode tunggal terbesar dalam sejarah perusahaan” yang menghadirkan peningkatan kinerja bisa sebanding dengan apa yang biasanya konsumen dapatkan dengan penuh. 

Intel Tiger Lake 10nm

Teknologi transistor SuperFin perusahaan merupakan evolusi dari FinFET yang dilengkapi dengan tumpukan logam yang ditingkatkan dengan mengurangi resistansi sebesar 30 persen, serta struktur kapasitor Super MIM yang menawarkan kapasitansi lima kali lipat sekaligus menjaga jejak yang sama.

Itu berarti CPU Intel Tiger Lake bisa saja tidak akan jauh lebih baik dalam hal IPC (instruksi-per-clock), tetapi menariknya adalah jajaran prosesor terbaru mereka nantinya akan membutuhkan lebih sedikit daya untuk dapat mencapai kecepatan clock yang jauh lebih tinggi, misal dalam TDP 15 W.

Contoh dalam lembar spesifikasi yang bocor pada ultrabook HP mendatang, Tiger Lake akan mencapai setidaknya kecepatan 4,7 GHz, dibandingkan dengan hanya 4 GHz yang dapat dicapai di Ice Lake. Bahkan chip 28 W Ice Lake yang eksklusif untuk Apple MacBook Pro hanya naik hingga 4,1 GHz.

Disisi lain, Tiger Lake juga siap didukung arsitektur caching serta RAM yang lebih cepat, termasuk RAM LPDDR5 hingga 32 GB yang bekerja pada kecepatan efektif 5200 MHz. Ini juga dilengkapi dengan Thunderbolt 4, USB4, dan PCIe 4.0, sehingga dapat dengan mudah dipasangkan dengan beberapa perangkat hardware paling superior di luar sana.

Nah, kabar gembira lainnya adalah jajaran prosesor Tiger Lake juga siap membawa GPU terintegrasi yang jauh lebih powerful dengan apa yang mereka sebut sebagai Xe LP. GPU ini akan memiliki 96 unit eksekusi yang juga akan berjalan pada kecepatan clock yang lebih tinggi. Intel menunjukkan grafis Xe LP mampu mencapai 1650 MHz saat beroperasi pada tegangan yang sama dengan grafis Iris, dengan potensi mencapai 1800 MHz jika diberi beberapa tegangan tambahan.

Hasilnya, kinerja Xe LP telah terbukti cukup untuk menjalankan Battlefield V pada 30 fps pada resolusi layar 1080p. Nantinya, Intel akan menggunakan arsitektur Xe untuk membangun GPU mandiri untuk pasar konsumen dan perusahaan.

Sisi keamanan CPU Tiger Lake juga kini diklaim memiliki peningkatan. Arsitektur Willow Cove yang menjadi dasar Tiger Lake menggabungkan sesuatu yang disebut Control-Flow Enforcement Technology, dimana ini menghadirkan dua mekanisme perlindungan berbeda yang melindungi dari pemrograman berorientasi balik dan serangan pemrograman berorientasi lompatan / panggilan.

Intel Tiger Lake 10nm

Dalam hal konsumsi daya, Intel mengatakan desain Tiger Lake dapat diskalakan dari 10 W hingga 65 W, yang berarti kita mungkin melihat beberapa varian desktop seperti yang pernah kita lihat dengan Broadwell, serta varian mobile dengan kekuatan enam atau delapan core. Intel juga telah membuat beberapa peningkatan dalam hal manajemen daya dan penskalaan tegangan / frekuensi yang akan menghasilkan masa pakai baterai jauh lebih baik untuk beban kerja sederhana.

Kapan ini siap diluncurkan? Intel sendiri mengatakan bahwa mereka akan mengumumkan secara lengkap jajaran CPU Tiger Lake pada 2 September. Jadi, kita tunggu saja bagaimana semua hal tersebut berlaku.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat