- Gaming Gear, Kartu Grafis, Tutorial

Ketahui Kunci Spesifikasi & Budget Sebelum Memilih VGA Yang Ideal

Gimana sih cara milih VGA yang ideal itu? Ada banyak faktor yang ngaruh banget dan bisa sesuai dengan harapan kalian. Nyatanya, VGA atau istilah resminya biasa dibilang sebagai Kartu grafis nyatanya enggak cuman diperuntukan buat gaming aja, malah bisa jadi perangkat berharga buat memudahkan semua pekerjaan pengguna, seperti editing video, modifikasi gambar, memutar video yang punya resolusi tinggi dan sebagainya.

Nah, mau tau lebih tentang cara milih VGA yang ideal itu? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : Begini Cara Milih PSU Yang Baik & Ideal Sebelum Membeli

Kunci Memilih VGA Yang Ideal

Ada banyak pilihan seru di luar sana buat urusan VGA, baik dari AMD maupun Nvidia. Intel juga sebenernya punya ruang tersendiri buat user yang ingin menghemat budget lewat kehadiran integrated GPU bawaan prosesor, meskipun lebih ideal buat kasual user yang enggak butuh grafis intensif.

Dedicated VS Integrated Graphic

Nah, disini terkadang suka ada pertanyaan, apa sih bedanya integrated GPU sama dedicated yang biasa dipasang terpisah? iGPU itu merupakan grafis bawaan prosesor dengan spesifikasi yang enggak terlalu tinggi, punya ruang kinerja terbatas tapi bisa ngehemat anggaran buat pengguna yang masih belum mampu beli VGA terpisah, atau bagi kalian yang merasa bahwa grafis tersebut udah mencukupi buat semua kegiatan yang kalian lakukan.

Cara Milih VGA Yang ideal

Beda halnya sama dedicated GPU, dimana ini merupakan VGA yang sepenuhnya terpisah dari komponen lain dan punya banyak pilihan spesifikasi jauh lebih tinggi, bahkan harga yang ditawarin bisa melebihi komponen pc lain. Hal terbaiknya, kinerja yang ditawarin pastinya jauh lebih baik dan bisa jadi upgrade sempurna sebagai pengganti iGPU.

Jadi, jika kalian punya budget terbatas dan enggak terlalu butuh ruang kinerja yang besar buat urusan grafis, apalagi jika pada dasarnya kalian cuman seorang kasual user dengan beban pekerjaan ringan seperti kegiatan pengetikan, browsing, malahan punya monitor dengan resolusi kecil, maka pilihan prosesor yang bawa iGPU akan baik-baik saja untuk menampung semua pekerjaan tersebut.

Disamping itu, VGA bawaan prosesor hari ini jauh lebih solid. Seperti halnya AMD dengan Ryzen G series yang bisa bawa kinerja gaming bisa berharga, khususnya buat gaming eSport atau pilihan yang enggak terlalu menuntut. Dan terkadang, lebih baik punya satu paket lengkap prosesor yang bawa iGPU Tangguh dibanding beli VGA entry level yang terpisah. Karena selisih performa enggak terlalu jauh.

Ketahui Spesifikasi Kunci

Kemudian faktor lain yang juga bakal ngaruh buat memilih VGA yang sesuai dengan harapan kalian adalah tahu lebih pasti tentang spek inti yang hadir pada VGA itu sendiri. Misal, VGA punya beberapa istilah yang bisa penting banget untuk diketahui sebelum membeli. Seperti ketika kalian butuh tenaga yang lebih besar buat ngatasin semua beban pekerjaan kamu, maka kalian tentu butuh VRAM yang memadai.

Sama seperti desktop memori, VRAM alias Video Random Access Memory itu bisa dibilang memori terpisah yang dibawa VGA dengan kapasitas bervariasi. Pertanyaannya, apakah lebih banyak VRAM bisa ngaruh banget ke performa? Tentu aja, apalagi jika kalian pengen main game di resolusi tinggi dengan pengaturan maksimum atau beban editing grafis yang lebih luas.

Kemudian ada juga istilah Core clock dan Memory Clock. Keduanya punya arti berbeda, dimana Core clock ngacu pada kecepatan pada prosesor Graphics atau biasa kita bilang sebagai GPU seperti yang biasa kita liat pada CPU desktop. Dan tentu aja, clockspeed bakal ngaruh buat kinerja yang lebih solid, semakin tinggi bisa semakin baik. Jadi, ketika core graphic VGA sedang ngehandle pekerjaan, GPU Clock bisa di-istilahkan sebagai kendaraan buat ngebantu ngeberesin pekerjaan tersebut, semakin cepet, bisa makin ok.

Nah, kalo Memory Clock itu sendiri merupakan kecepatan VRAM yang udah kita ungkap sebelumnya dan biasanya punya istilah lain yaitu memori Bandwith yang diukur dalam gigabytes per detik. Cuman, memori clock biasanya dipake buat nyimpen atau ngebaca aset pekerjaan yang harus dirender VGA. Dan nyatanya, sama seperti Core clock, memori clock tinggi juga bakal ngebantu kinerja makin nendang. Intinya, Semakin banyak bandwidth memori, semakin baik.

Bagaimana dengan CUDA core Nvidia atau Stream Processor bawaan AMD? Ini memainkan peran kunci bagaimana VGA bisa ngeboosting banyak tugas grafis dengan efektif. Inti dari CUDA Core atau stream processor itu sendiri bisa dibilang sebagai bagian komponen penting VGA yang bertanggung jawab buat ngeproses semua data yang masuk dan keluar dari GPU, seperti perhitungan grafik game yang diselesaikan secara visual kepada pengguna akhir. Lebih banyak CUDA bisa lebih baik, setidaknya jika kalian liat spek tersebut, maka itu bisa jadi mesin berharga buat dimiliki. Cuman pastinya enggak datang dengan murah.

Lalu ada lagi istilah Memory Bus, apa sih maksudnya? Seperti ketika kita melihat spesifikasi contoh  RTX 2060 SUPER dengan Bus memori 192-bit, itu bisa dibilang sebagai jalur lalu lintas yang ngehubungin antara prosesor grafis dengan RAM yang dibawa VGA itu sendiri. Semakin lebar yang dimiliki bisa dibilang semakin baik, apalagi buat nampung ruang OC yang tinggi. VGA dengan VRAM 4GB tidak bisa bertindak efektif ketika hanya punya Memory Bus sebesar 64-Bit, meskipun clockspeed atau VRAM tinggi. Itu karena jalur lalu lintas terlalu sempit, sehingga lebih banyak data yang harus nunggu antrian untuk bisa diproses .

Well, setidaknya buat urusan spek inti yang udah kita jelasin sebelumnya tentu bakal nambah pengetahuan kalian, apalagi buat mutusin pilihan mana yang tepat bingits.

Budget

Kemudian faktor lainnya yang ngaruh banget buat nyari VGA yang tepat adalah budget. Sebelum berangkat terlalu jauh, menyesuaikan budget bakal memastikan kalian enggak melebihi anggaran yang udah disesuaikan sebelumnya, dan nantinya bakal mengarahkan pada kelas VGA yang udah tersedia pada kisaran harga tersebut.

Contohnya, ketika kalian punya budget 2 jutaan kurang, maka ini bakal ngarahin pada kelas VGA entry level yang sebenernya masih ideal buat performa handal dengan beban yang enggak terlalu berat. Misal, ketika kalian mengharap VGA baru buat main game yang lebih optimal dengan budget 2 jutaan kurang, kalian bisa pergi ke pilihan GTX 1050 series atau Radeon 560 atau 550.

Hanya saja, kalian jangan berharap buat bisa main semua game pada level tertinggi dengan barisan VGA entry level, karena ini lebih diperuntukan buat kasual user dengan pilihan game ringan atau sedikit menuntut. Bahkan lebih ideal buat gamer esport yang enggak butuh kualitas grafis tinggi, atau juga buat user dengan beban pekerjaan ringan dalam hal editing. Beda halnya ketika kalian punya budget besar atau sedikit lebih tinggi, pilihan yang hadir bisa lebih bervariasi dengan performa jauh lebih efektif.

Dan sebenernya, harga bisa jadi patokan buat mengambil VGA yang ideal jika diliat dari kelasnya. Misal, VGA dengan budget dibawah 3 juta bisa dibilang sebagai pilihan entry level, ideal buat kasual user yang nyari tenaga grafis dengan beban yang enggak terlalu tinggi atau menuntut. Sedangkan buat budget 5 juta sd 3 jutaan, ini adalah seri midrange, punya kemampuan besar buat libas gaming menuntut dengan pengaturan tertinggi, tp cuman di resolusi tertentu aja misal di 1080p.

Nah, buat kamu enthusiast yang pengen performa jauh lebih superior, anggaran diatas 7 jutaan tentu bisa jadi solusi terbaiknya. Tentu, karena jajaran VGA pada harga tersebut udah masuk kategori high-end, punya spek yang jauh lebih solid, nawarin kinerja efektif pada resolusi yang lebih besar, bahkan punya banyak fitur yang jauh lebih menarik.

Hingga pada akhirnya, dari beberapa hal yang udah kita ungkap sebelumnya, kita harap sih bisa bermanfaat buat kalian. Meskipun masih ada faktor lain yang jadi penentu, namun setidaknya kalian bisa ambil poin penting sebelum beli VGA yang pas, baik budget maupun teknis spesifikasi.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat