- Motherboard, Tutorial

Begini Cara Mudah Update Bios Motherboard Gigabyte Series

Masih bingung tentang cara update bios terbaru pada motherboard Gigabyte yang kalian miliki? Sebenernya mudah kok, dimana kalian bisa melakukannya pada beberapa opsi. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan kami lebih detail dibawah ini.

Baca juga : Apakah 8GB RAM Bisa Cukup Buat Gaming Hari ini? Simak Selengkapnya Disini

Begini Cara Mudah Update Bios Motherboard Gigabyte

Ok, sebelum kalian pergi terlalu jauh, hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah cek dulu tipe mobo yang kalian miliki dan versi bios. Misal, sebagai contoh disini kami memakai Gigabyte B550 AORUS Master, untuk melihat versi bios yang sedang dipakai, kalian bisa langsung melihat detailnya di bios atau melalui software App Center. Kemudian siapin USB Flash drive untuk menampung file update bios.

  • Nah, ketika kalian udah tau tipe mobo yang dimiliki, termasuk bios, langkah selanjutnya adalah pergi ke situs resmi produsen dengan pilihan mobo yang udah ditentuin, dan lihat dibagian support.

Update Bios Motherboard Gigabyte

  • Pilih opsi Bios, dan download versi terbaru. Biasanya bios terbaru membawa beberapa perbaikan penting, termasuk peningkatan kinerja (kalian bisa mengeceknya dibagian deskripsi).

Update Bios Motherboard Gigabyte

  • Ketika udah beres diunduh yang biasanya datang dalam bentuk zip file, kemudian extract hasil download bios tersebut dan simpan di Flash drive. Atau kalian bisa memindahkan folder hasil extract bios ke Flash Drive.

Update Bios Motherboard Gigabyte

  • Setelah tersimpan di Flashdrive, restart PC dan masuk ke Bios.

Update Bios Motherboard Gigabyte

  • Jika tampilan Bios kalian masih dalam pilihan Easy Mode, kalian bisa langsung update dengan pilih opsi Q-Flash (F8).

Update Bios Motherboard Gigabyte

  • Namun jika tampilan bios kalian udah dalam bentuk Advanced Mode, cek dibagian System Info, dan klik bagian Q-Flash.

Update Bios Motherboard Gigabyte

  • Setelah masuk Q-Flash, Pilih opsi Update Bios dan cari filenya yang udah tersedia di Flash Disk, lalu klik tombol segitiga bagian kanan.

Update Bios Motherboard Gigabyte

  • Jika udah siap, Klik Yes dan klik start untuk memulai update lalu tunggu hingga sampai selesai.

Update Bios Motherboard Gigabyte

Setelah selesai update bios, masuk lagi ke bios untuk melihat versi bios terbaru yang udah kalian update. Biasanya, sistem akan kembali ke pilihan default, jd kalian bisa melakukan beberapa pengaturan lagi untuk mengoptimalkan sistem jauh lebih efektif.

Nah, itu dia tutorial kita kali ini. Semoga bermanfaat ya!

 Baca Juga :

 

Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat