- RAM, Tutorial

Apakah 8GB RAM Bisa Cukup Buat Gaming Hari ini? Simak Selengkapnya Disini

Berapa sih kapasitas RAM yang ideal buat gaming hari ini? Apakah 8GB udah sangat mencukupi atau kurang? Jawaban simpelnya, udah cukup sih. Meskipun itu bergantung pada kebutuhan gaming yang kalian inginkan maupun perangkat VGA yang kalian miliki.

Tapi untuk lebih detailnya, simak penjelasan kami dibawah ini.

Baca juga : Mengapa Sih Frame Rate Tinggi Penting Banget Buat Game Kompetitif? Simak Alasannya Disini

Apakah 8GB RAM Bisa Mencukupi Buat Gaming Hari ini?

Ketika VGA dibutuhkan untuk mengangkat kualitas grafis yang ada pada game itu sendiri, maka kehadiran RAM bisa dibilang sebagai jembatan untuk bisa menjalankan aplikasi yang kalian inginkan, termasuk bermain game.

Ini semua berkaitan dengan kapasitas, dan speed yang ditawarkan merupakan bonus untuk membuatnya bekerja jauh lebih cepat. Artinya bahwa ada kapasitas minimum yang diperlukan game tertentu agar pengguna bisa menjalankannya. Jika spesifikasi minimum dari game itu sudah dipenuhi, maka sebenarnya kalian udah baik-baik saja saat bermain.

8GB RAM Bisa Cukup Buat Gaming

Dan sebenernya, kapasitas RAM bisa semakin tersisih ketika kalian menjalankan banyak aplikasi dalam satu waktu. Seperti ketika kalian membuka browser, dan saat bersamaan juga kalian menjalankan game. Setidaknya, framerate yang ditawarkan akan berkurang ketika pemakaian RAM tidak mencukupi.

Disamping itu, Windows juga akan memakan RAM untuk kebutuhan default pada sistem operasi itu sendiri. Jadi, saat udah masuk Windows pun, RAM akan semakin berkurang dalam hal kapasitas karena udah dipake sistem operasi, apalagi jika ada banyak aplikasi yang secara otomatis berjalan di background.

Banyak aplikasi yang berjalan akan menggunakan RAM itu sendiri, meskipun enggak sebesar situs web yang menampilkan banyak grafik, menjalankan berbagai aplikasi web, memutar video dan tentu saja bermain game. Secara keseluruhan, ini semua berarti bahwa RAM yang tersedia dapat dengan cepat digunakan.

8GB RAM Bisa Cukup Buat Gaming

Tapi mengapa 8GB bisa dibilang pilihan minimum buat game? Sebenernya enggak bisa dibilang minimum juga sih, lebih tepatnya mencukupi. Artinya bahwa kalian bisa menjalankan berbagai game seru pada kebutuhan RAM yang pas, meskipun dipengaruhi juga dari kualitas game yang akan kalian mainkan, misal resolusi, kualitas grafis, termasuk juga jenis dari game itu sendiri.

Contoh paling nyata, kalian mungkin memiliki VGA yang cukup powerful buat ngangkat kebutuhan gaming high-end pada pengaturan terbaik. Namun, VGA lebih berurusan dengan kualitas grafis yang dibawa, disisi lain kalian butuh RAM yang mencukupi untuk menjaga game bisa tetap berkerja dengan baik, apalagi kalian menginginkan resolusi yang lebih tinggi dengan pengaturan maksimum.

8GB RAM Bisa Cukup Buat Gaming

Kebutuhan memori pastinya akan berbeda ketika kalian memainkan game pada resolusi tertentu. Semakin tinggi resolusi dalam game yang dibawa, maka itu akan menyedot kapasitas RAM yang tersisa. Dan hal tersebut berlaku juga saat kalian memaksimalkan pengaturan hingga pilihan tertinggi, minimal akan ada beban yang lebih besar yang dilalui RAM ketika kapasitas enggak terlalu ideal buat pergi.

Hal tersebut makin diperparah ketika kalian memakai grafis bawaan prosesor seperti iGPU, yang tentunya akan mengambil memori sistem saat sedang menjalankan game atau aplikasi yang butuh tenaga grafis. Kapasitas memori yang tersedia pastinya akan makin kecil, meskipun masih bisa memenuhi kebutuhan game ringan yang enggak terlalu menuntut.

8GB RAM Bisa Cukup Buat Gaming

Tapi mengapa jenis game bisa ngaruh? Yes, game ringan atau kasual eSport seperti DOTA atau CS:GO mungkin enggak akan memberikan banyak pengaruh buat kebutuhan gaming, bahkan di resolusi besar sekalipun. Itu karena kebutuhan 8GB bisa dibilang lebih dari cukup buat menjalankan game ini tanpa banyak kendala. Terlebih lagi, game seperti ini enggak memakan beban RAM yang dibutuhkan, termasuk dari spesifikasi yang direkomendasikan.

Nah, ketika berhadapan dengan game yang butuh pengaturan grafis tinggi dengan spesifikasi minimum yang juga besar, maka 8GB RAM tentu belum bisa memberikan nilai terbaik. Bisa mencukupi, tapi kalian belum bisa memaksimalkan nilai terbaik yang dibutuhkan game tersebut, misal kualitas grafis, apalagi di resolusi yang besar.

Banyak game modern hari ini juga membutuhkan 8GB sebagai pilihan minimum. Itu artinya kalian masih bisa memainkan game tersebut dengan nilai Fps yang baik, meskipun bergantung juga pada grafis yang kalian bawa. Tapi kalian enggak bisa berlaku jauh lebih baik ketika menginginkan kualitas yang lebih sempurna, atau bermain di resolusi yang lebih tinggi.

Jadi, Berapa Sih Kapasitas Yang Ideal itu?

8GB RAM sebenernya udah cukup kok buat kebutuhan kasual gaming hari ini, seperti untuk game ESport modern maupun standar aplikasi yang cukup menuntut, atau bahkan masih bisa memenuhi kebutuhan bermain game dengan level yang cukup tinggi, meskipun sangat dipengaruhi dengan grafis extra yang kalian miliki.

Tapi enggak bisa berlaku lebih dari itu, apalagi buat hal extra yang jauh lebih menantang seperti bermain di resolusi yang lebih tinggi dengan kualitas grafis maksimum, termasuk keterbatasan dalam hal multi-tasking, seperti sambil membuka aplikasi lain.

Idealnya, 16GB RAM akan menjadi pilihan yang lebih ideal dengan kebutuhan beban gaming jauh lebih mencukupi, bahkan untuk pilihan tertinggi yang bisa dicapai VGA. Setidaknya, kami bisa mengatakan bahwa semakin tinggi bisa semakin baik, dan 8GB RAM merupakan pilihan minimum yang wajib kalian miliki, setidaknya buat kebutuhan gaming.

Jadi, itu dia sekilas informasi yang kita harap bisa memberikan manfaat tersendiri buat kalian, apalagi ketika masih bingung dalam menentukan pilihan memori antara 8GB atau lebih. Tentu, masih ada banyak hal lain yang belum kita ungkap, namun setidaknya dari apa yang kita sampaikan sejauh ini bisa memberikan kepastian untuk menentukan keputusan. Jadi, semoga bermanfaat ya!!

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat