- Tutorial, Windows

Begini Cara Memperbaiki Aplikasi Default Windows 10 Yang Error  

Selalu saja ada masalah pada Windows 10, yang bahkan membuat kita suka frustasi. Salah satu contoh terbaru yang saya alami adalah aplikasi default Windows 10 yang Error atau tidak berfungsi dengan baik, seperti Calculator atau bahkan Windows Default Photo.

Untungnya, pasti ada solusi untuk memperbaiki hal tersebut, bahkan bisa cukup mudah untuk dilakukan. Mau tau lebih? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : ASUS EZ System Tuning : Solusi Satu Klik OC Prosesor Untuk Kinerja Paling Efektif

Cara Memperbaiki Aplikasi Default Windows 10 Yang Error  

Ok, sebelum kalian pergi terlalu jauh seperti marah-marah sendiri (dan bisa mengganggu orang lain :D), hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah ketahui secara pasti aplikasi mana yang enggak berfungsi. Misal, sebelumnya saya memiliki masalah pada Calculator yang benar-benar enggak mau terbuka. Padahal sebelumnya normal.

Untuk itulah, cara terbaiknya sebenarnya ada beberapa langkah, namun langkah pertama kalian bisa melakukan cara pertama, yaitu :

  • Cari aplikasi Calculator (bisa aplikasi lain yang sesuai dengan kendala kalian) di bar tombol Search Windows pada kiri bawah untuk cara termudahnya.

  • Kemudian, ketika kalian menemukannya, klik kanan aplikasi tersebut lalu pilih opsi App Setting.

Memperbaiki Aplikasi Default Windows 10 Yang Error  

  • Setelah terbuka App Setting, lihat dibagian Reset dan jalankan opsi ini. Tapi ada catatan bahwa jika kalian melakukan opsi ini, sistem akan menghapus App’s Data. Jadi, jika kalian memiliki sejumlah history berkaitan dengan data penting (seperti informasi login dll), sebaiknya hindari. Namun jika kalian merasa bahwa tidak ada apapun yang berkaitan dengan hal tersebut, maka kalian bisa ignore peringatan tersebut. Memperbaiki Aplikasi Default Windows 10 Yang Error  

Setelah itu, coba jalankan kembali aplikasi yang sebelumnya error. Biasanya sih solusi ini bisa cukup efektif. Namun jika masih belum efektif, cara kedua adalah pergi ke Microsoft Store App. Kemudian coba relogin akun yang kalian gunakan sebelumnya. Biasanya itu juga akan memberikan langkah efektif lainnya untuk mengatakasi aplikasi default Windows 10 yang Error.

Catatan : Biasanya ada opsi lain selain reset, yaitu repair (biasanya hadir pada aplikasi default selain Calculator, misal Windows Photo App). Kalian bisa menjalankan opsi ini juga sebelum memilih reset. 

 

Memperbaiki Aplikasi Default Windows 10 Yang Error  

Sudah berhasilkah? Kami harap begitu. Jadi, semoga bermanfaat ya!

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat