- Motherboard, RAM, Tutorial

Apa Sih XMP itu & Gimana Cara Aktifinnya? Simak Penjelasan Detailnya Disini

Apa sih XMP itu dan gimana cara untuk mengaktifkannya? Terkadang itu suka jadi bahan pertanyaan banyak orang, terlebih lagi selalu ada pengguna baru diantara kita yang enggak terlalu tahu tentang urusan RAM maupun pengaturan bios lewat motherboard. Untuk itulah, kali ini kita bakal ungkap penjelasan detail dan mengapa pengaturan XMP bisa penting banget, maupun cara untuk mengaktifkannya.

Baca juga : Begini Cara Perbesar Kualitas Audio Yang Kekecilan Dengan Audacity

Jadi, Apa Sih XMP itu?

Ok, XMP alias Extreme Memory profile itu sendiri awalnya diperkenalkan Intel untuk memudahkan pengaturan memori bisa berjalan sesuai dengan apa yang ditawarkan perangkat itu sendiri saat di iklankan.

Contoh, ketika kalian melihat label memori misal DDR4 3200Mhz pada perangkat RAM (apapun mereknya), maka sebenernya itu enggak akan berjalan pada kecepatan tersebut secara default. Melainkan kalian harus mengaktifkannya melalui XMP profile.

Artinya bahwa fitur XMP merupakan cara paling sederhana dan mudah untuk mengatur kecepatan memori tanpa harus menjalani hal ribet yang biasa dilakukan saat kita akan overclocking memori, seperti enggak harus ngatur timing, voltase dan sebagainya. Hal yang perlu kalian jalankan adalah tinggal pergi ke opsi XMP Profile lewat bios, ganti pilihan default ke profile yang udah tersedia, itu saja kok.

Lalu muncul pertanyaan lain, mengapa XMP bisa ngaruh buat kinerja sistem secara keseluruhan? Dan apakah aman untuk digunakan? Pertama, XMP merupakan langkah mudah untuk melakukan OC RAM secara aman, dan itu pastinya bisa ngaruh buat hasil kinerja yang jauh lebih efektif. Lebih banyak kecepatan setidaknya bakal jadi pertanda positif buat performa.

Lalu, apakah aman untuk digunakan? Mengaktifkan XMP tidak akan mempengaruhi PC dengan cara yang buruk. Preset XMP adalah pengaturan overclock yang udah disesuaikan dengan bawaan pabrikan, meskipun terkadang suka ada pilihan perangkat memori terkadang memiliki kompabilitas saat dipasangkan dengan mobo tertentu. Namun yang pasti, semua RAM berkinerja tinggi memiliki fitur XMP ini untuk memberikan kinerja paling efektif dengan cara yang lebih mudah.

Gimana Cara Mengaktifkannya?

Setiap produsen motherboard memiliki cara tersendiri untuk mengaktifkan XMP. Langkah awal maupun penamaan terkadang suka agak beda, cuman secara umum bisa sama. Jadi, kali ini kita akan tunjukan cara termudah untuk mengaktifkan fitur ini pada beberapa brand.

Pertama untuk jajaran motherboard ASUS, biasanya penamaan mobo khusus Intel dan AMD agak sedikit beda dengan istilah XMP itu sendiri, cuman seutuhnya sama.

  • Langkah awalnya adalah, pergi ke bios, klik F7 untuk pergi ke Advanced Mode.
  • Kemudian masuk ke opsi AI Tweaker dibagian atas.

XMP

  • Cek pengaturan Ai Overclock Tuner, ubah pengaturan dari Auto ke D.O.C.P atau XMP untuk mobo berbasis Intel.
  • Save lalu keluar bios dan kalian udah resmi mengatifkan fitur XMP.

Untuk Gigabyte, langkahnya hampir sama, meski interface yang ditawarkan berbeda. Cara untuk mengaktifkannya adalah :

  • Pertama, masuk bios, ganti mode standar ke Advanced Mode dengan menekan F2

XMP

  • Kemudian cari opsi Tweaker, lalu ubah pengaturan Extreme Memory Profile (X.M.P) dari Disabled menjadi profile 1.
  • Save pengaturan dan keluar.

Untuk ASRock, langkah-langkahnya adalah :

  • Pergi ke Bios, tekan tombol F6 untuk masuk ke Advanced Mode.
  • Lihat Di Bagian OC Tweaker, ubah pengaturan Load XMP Setting dari AUTO menjadi XMP 2.0 profile
  • Simpan pengaturan dan keluar bios. Disini kalian udah mengaktifkan XMP pada mobo tersebut.

Sedangkan untuk jajaran mobo MSI kami rasa memiliki pilihan terlengkap, meskipun langkah yang hadir bisa cukup membingungkan untuk pengguna baru. Terlebih lagi karena produsen memberikan beberapa cara untuk pergi.

  • Cara pertama bisa kalian atur melalui pilihan A-XMP, dimana kalian hanya perlu menekan tombol ini ke posisi ON dan kalian udah mengaktifkan fitur tersebut. Ini bisa dibilang cara termudah dan jadi nilai keunggulan tersendiri pada mobo MSI.
  • Sedangkan untuk manual, kalian tinggal pergi ke pilihan OC, cek dibagian A-XMP, ganti pengaturan dari disabled ke Profile 2.
  • Save dan keluar bios.

Bagaiman, cukup bisa dimengerti? Kita harap sih begitu, bahkan dari apa yang kami ungkap bisa ngasih banyak manfaat buat kalian untuk mendapatkan hasil kinerja memori maupun speed sesuai dengan harapan.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat