- Motherboard, Software, Technology, Tutorial

ASUS EZ System Tuning : Solusi Satu Klik OC Prosesor Untuk Kinerja Paling Efektif

Ketika overclocking prosesor menjadi hal rumit dan kalian menginginkan kinerja paling optimal pada prosesor Ryzen, maka sebenernya ada banyak cara ideal untuk pergi. Salah satunya melalui fitur extra yang biasanya ditawarkan motherboard melalui bios, seperti ASUS EZ System Tuning.

Mau tau lebih? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : ASUS TUF Gaming B550M Plus WiFi : Mobo Yang Enggak Ribet, Mudah & AI Noise Canceling Sajian Utamanya

ASUS EZ System Tuning : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

ASUS EZ System Tuning kami rasa merupakan salah satu fitur unggulan yang ditawarkan produsen untuk memudahkan pengguna agar bisa memaksimalkan kinerja sistem bisa jauh lebih efektif. Dan hal terbaiknya, fitur ini bisa diaktifkan dengan mudah tanpa banyak kendala berarti, termasuk nilai stabilitas yang baik.

ASUS sendiri mengatakan bahwa EZ Tuning Wizard memungkinkan pengguna bisa mengubah pengaturan overclocking dalam satu klik tombol, meskipun masih terbatas pada pilihan prosesor dan enggak berlaku untuk memory. Cuman itu tentu bisa memudahkan pengguna yang menginginkan kinerja prosesor paling handal tanpa perlu repot mengatur banyak hal .

ASUS EZ System Tuning

Jadi, kehadiran fitur ini kami rasa akan memberikan manfaat extra yang sangat positif bagi pengguna yang enggak terlalu mengerti tentang proses overclocking, atau mereka yang menginginkan tweaking CPU dalam satu langkah yang mudah tanpa harus mengalami proses yang ribet dengan tujuan kinerja prosesor bisa jauh lebih efektif dibanding pilihan default.

Disisi lain, ASUS sendiri mengklaim bahwa selain memberikan performa tinggi, fitur ini juga bisa memberikan konsumsi daya yang lebih hemat dengan pengaturan voltase CPU pada pilihan yang paling rendah. Itu tentu bisa jadi pertanda yang baik untuk semua pengguna saat berencana memakai prosesor dengan pilihan mobo utama dari ASUS, seperti yang kami pakai saat ini melalui TUF Gaming B550M Plus WiFi.

Cara Untuk Mengaktifkan EZ System Tuning

Pertanyaannya, bagaimana cara untuk mengatur atau mengaktifkan ASUS EZ System Tuning? Itu benar-benar sangat mudah, dimana hal yang perlu kalian lakukan adalah:

  • Pergi ke Bios dengan menekan tombol Del atau F2

ASUS EZ System Tuning

  • Dibagian menu Bios dengan pilihan EZ Mode, cek bagian kanan atas pada keterangan EZ System Tuning.

  • Dibagian ini, kalian hanya perlu menggantinya ke pilihan ASUS Optimal (biasanya ditandai dengan tulisan berwarna merah).
  • Save pengaturan dan keluar dari Bios dengan menekan tombol F10.

Itu saja, mudah kan? Kalian bisa masuk lagi ke Bios dan lihat perubahan clockspeed prosesor yang ditawarkan EZ System Tuning. Biasanya, pilihan yang ditawarkan bervariasi, khususnya dalam hal clockspeed maupun voltase. Cuman hal yang ditawarkan fitur ini sangat stabil, meskipun terkadang kalian butuh update bios jika memakai mobo yang terhitung anyar, seperti seri B550.

Bagaimana dengan performa?

Tentu ada perubahan yang sangat signifikan. Contoh ketika kami memakai Ryzen 5 3600X melalui TUF Gaming B550 dengan perubahan clockspeed hingga 4.1Ghz membawa hasil yang positif pada tes Cinebench maupun kinerja gaming. Dan hal tersebut berlaku untuk pemakaian aplikasi lain tanpa banyak hambatan berarti.

Intinya, lebih besar ruang clockspeed yang ditawarkan tentu akan membawa banyak manfaat extra buat pengguna tanpa perlu khawatir untuk mengatur banyak hal, termasuk penyesuaian secara otomatis dalam hal voltase maupun sisi pendinginan yang dipakai pada prosesor itu sendiri.

Kesimpulan Awal

Jadi, kehadiran fitur istimewa ASUS EZ System Tuning kami rasa banyak memberikan hal yang bermanfaat bagi pengguna dengan penggunaan yang sangat mudah untuk memulai. Artinya bahwa kalian enggak harus mengatur banyak hal agar prosesor bisa memiliki performa yang baik. Dan itu berlaku buat kasual user yang enggak terlalu mengerti tentang proses overclocking, dimana hanya dengan mengaktifkan fitur ini, kalian bisa memaksimalkan kinerja CPU melalui proses satu klik.

Meskipun, ini masih terbatas pada prosesor aja dan enggak berlaku untuk pengaturan lainnya. Jadi, kalian harus tetap mengatur pilihan RAM baik XMP maupun secara manual agar kinerja bisa makin sempurna. Dan terkadang, seperti apa yang telah kami katakana sebelumnya, jika merasa masih belum stabil, updating bios akan menjadi solusi terbaiknya agar pilihan ini makin efektif dan stabil untuk dilakukan. Disamping itu, terkadang pilihan ini enggak berlaku untuk semua prosesor, hanya CPU dengan fitur OC yang bisa bakal berlaku efektif.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat