- Motherboard, Tutorial

Begini Cara Mudah Update Bios Motherboard ASUS, Enggak Ribet Kok!

Gimana sih cara update bios Motherboard ASUS? Sebenernya hal tersebut mudah untuk dilakukan, cuman jika kalian belum mengerti seutuhnya, kali ini kita akan ungkap beberapa langkah detailnya melalui motherboard terbaru TUF Gaming B550M Plus WiFi.

Jadi, simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : ASUS VivoBook M409DA Review : Desain Kompak, Storage Kenceng, Banyak Fitur Premium

Cara Update Bios Motherboard ASUS

Hampir sama dengan kebanyakan bios motherboard populer, hal pertama yang perlu kalian siapkan adalah flash drive dengan format FAT32 untuk menyimpan file bios yang sudah didownload, meskipun enggak harus pake Flashdisk juga sih, dimana ketika saat prosesnya, kalian bisa mencari melalui drive langsung.

Hanya saja, ASUS sendiri menawarkan dua langkah berbeda saat proses download, yaitu melalui software Armoury Crate atau secara manual.

Pilihan termudahnya adalah lewat Armoury Crate, dimana kalian enggak usah melalui banyak proses untuk download file, tinggal buka aplikasi tersebut, lalu pilih opsi Tool dan cek di bagian Bios. Biasanya itu akan menunjukan file bios terbaru, dan kalian bisa langsung download.

Cara Update Bios Motherboard ASUS

Jika kalian enggak memiliki software ini, hal pertama yang perlu kalian cek tipe mobo yang kalian pakai, misal kami memakai TUF Gaming B550M Plus WiFi, maka kalian bisa pergi langsung ke situs resmi ASUS dan lihat tipe mobo tersebut.

Cara Update Bios Motherboard ASUS

Kemudian cek dibagian Support, lalu pilih opsi Bios. Biasanya ASUS akan memunculkan seri terbaru yang bisa kalian download secara langsung.

Cara Update Bios Motherboard ASUS

Nah, setelah itu, cek file bios yang udah kamu download yang biasanya dalam bentuk Zip file. Extract file tersebut, dan simpan hasil extractnya di flashdrive bagian terluar. Setelah itu, restart sistem lalu pergi ke bios.

Cara Update Bios Motherboard ASUS

Ketika kalian udah masuk Bios, pergi ke Advanced Mode dengan menekan tombol F7.

Cara Update Bios Motherboard ASUS

Kemudian cari pilihan Tool, dan klik opsi ASUS EZ FLASH 3 UTILITY.

Cara Update Bios Motherboard ASUS

Di bagian ini, pilih file bios yang udah kamu simpan di flash drive dan klik YES untuk melanjutkan.

Cara Update Bios Motherboard ASUS

Tunggu sampai selesai proses update Bios, dimana ini akan memulai proses updating.

Cara Update Bios Motherboard ASUS

Jika sudah selesai, sistem akan restart dan semua pengaturan yang telah kalian lakukan akan kembali ke pilihan default. Masuk kembali ke Bios dan atur semua pengaturan. Disisi lain kalian bisa mengecek hasil update bios tersebut pada pilihan Bios Ver. Jadi, itu dia tutorial singkat kami kali ini. Semoga bermanfaat ya!

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat