- Monitor, Tutorial, Windows

Gini Cara Ningkatin Resolusi Monitor Jauh Lebih Besar Dari Pilihan Default

Gimana sih cara ningkatin resolusi monitor yang jauh lebih besar dibanding pilihan default bawaan? Misal, kalian punya monitor dengan resolusi FullHD (1920×1080), namun ingin meningkatkan resolusinya hingga 4K, bisakah hal tersebut terjadi? Jawabannya tentu saja bisa.

Nvidia dan AMD sama-sama memiliki fitur Virtual resolution (AMD) atau kalo istilah tim hijau dinamakan sebagai Custom Resolution. Caranya pun cukup gampang, dimana akan kami tunjukan dibawah ini.

Baca juga : HDD VS SSD External Storage : Hal Yang Perlu Kalian Ketahui

Gini Cara Ningkatin Resolusi Monitor Jauh Lebih Besar Dari Pilihan Default

Ok, cara pertama bisa dikhususkan bagi kalian yang memiliki kartu grafis dari Nvidia, dimana prosesnya cukup sederhana, yaitu :

  • Klik Kanan di desktop (di area manapun), lalu pilih opsi Nvidia Control Panel

cara ningkatin resolusi monitor

  • Setelah itu, lihat di bagian Change Resolution dan pilih opsi Customize

cara ningkatin resolusi monitor

  • Kemudian pilih opsi Create Custom resolution.

cara ningkatin resolusi monitor

  • Pada bagian selanjutnya, disini kalia bisa mengatur resolusi kustom yang kalian inginkan, bisa lebih besar dari apa yang bisa ditawarkan monitor default. Misalnya kalian ingin mengaturnya pada resolusi 1440p (2K), kalian bisa mengisi ukuran default di bagian horizontal maupun Vertical Line.

cara ningkatin resolusi monitor

  • Perlu di ingat bahwa sebaiknya kalian memilih sesuai dengan standar ukuran resolusi secara default, misal untuk 2K, maka pilihan resolusinya adalah 2560 (Horizontal) x 1440 (Vertical).
  • Disamping itu, pilihan Refresh rate sebaiknya tidak melebihi kekuatan yang dibawa monitor. Misal monitor kalian cuman memiliki default refresh rate 60Hz, maka itu sebaiknya tidak usah diubah.
  • Jika sudah yakin, klik tombol test dibagian bawah.

cara ningkatin resolusi monitor

  • Dan tes tersebut berhasil, kalian menyimpan resolusi kustom tersebut dengan memilih tombol yes, dan fitur tersebut akan secara otomatis tersimpan di Nvidia control Panel.
  • Dan setelah tersimpan, game juga akan mendeteksi resolusi kustom tersebut untuk bisa kalian coba saat bermain.

Sedangkan cara kedua bisa jauh lebih sederhana, khususnya bagi pengguna yang memiliki GPU dari AMD Radeon. Caranya adalah :

  • Buka AMD Radeon Setting dengan cara klik tombol kanan di bagian desktop

cara ningkatin resolusi monitor

  • Lalu, pilih bagian Display

cara ningkatin resolusi monitor

  • Dibagian ini, kalian hanya perlu mengaktifkan Virtual Super resolution dengan menggesernya ke kanan. Cuma itu saja kok!

Setelah semuanya sudah diatur, kalian bisa pergi ke Display Setting, dimana resolusi monitor custom yang sudah kalian atur biasanya sudah tersedia di bagian pilihan display resolution, atau juga di dalam game.

Nah, itu dia sekilas tutorial kami tentang cara ningkatin resolusi monitor melebihi dari pilihan resolusi default monitor. Cuman, sebaiknya kalian tidak melakukannya secara permanen, karena bisa saja monitor rusak gara-gara hal tersebut.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat