- Casing PC, Cooler, Tutorial

Apa Yang Kalian Perlu Ketahui Tentang CPU Cooler : Dukungan Kompabilitas

Jika kalian sedang mencari upgrade pendingin CPU alias CPU Cooler yang baik, maka ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui sebelum memulai pencarian, khususnya dari sisi kompabilitas. Mengapa begitu? Ini tentu untuk menghindari kesalahan pembelian dan pemasangan yang tidak sesuai dengan apa yang didukung pada perangkat utama kalian.

Nah, untuk lebih jelasnya mengenai hal tersebut? Mari kita ungkap lebih dalamnya dibawah ini.

Baca juga : ARCTIC Freezer 50 TR Resmi Diluncurkan, CPU Cooler Superior Yang DiKhususkan Untuk Threadripper

Apa Yang Kalian perlu ketahui Tentang CPU Cooler : Dukungan Kompabilitas

Sebagaimana apa yang telah kita ketahui sebelumnya (ataupun jika kalian belum tahu), ada banyak jenis maupun merk pendingin CPU hebat diluar sana, baik dari jenis Air Cooler yang memanfaatkan sepenuhnya udara untuk mendinginkan CPU, ataupun Water Cooling atau pendingin cair yang bisa datang dalam bentuk custom maupun AIO (all in One).

Tapi, semua hal tersebut bisa tidak berguna ketika sisi kompabilitas belum sepenuhnya kalian mengerti. Maksudnya adalah penempatan yang ideal dari apa yang bisa didukung oleh pendingin, baik dari sisi ukuran, ketinggian maupun penempatan.

Contohnya, ketika kalian berencana bakal membeli sebuah Air Cooler, namun disisi lain kalian memiliki casing PC yang memiliki ketinggian maksimum hingga 16cm, maka idealnya kalian perlu membeli pendingin CPU yang tidak memiliki ketinggian lebih dari ukuran maksimum yang ditetapkan casing.

upgrade pendingin CPU

Image credit : Cooler Master

Jadi, kalian perlu mengetahui nilai kompabilitas terlebih dahulu dari sebuah casing PC dalam dukungan pendinginan sebelum membeli Air Cooler, khususnya dari ketinggian maksimum yang didukung casing. Kalian bisa melihat detailnya dalam spesifikasi, yang biasanya nunjukin fitur CPU Clearance.

Hal yang sama juga berlaku untuk sisi kompabilitas dalam penempatan dengan bentuk AIO liquid cooling, satu paket lengkap pendinginan yang sebenarnya bisa dongkrak kinerja jauh lebih baik, termasuk sisi pendinginan yang jauh lebih tenang.

Biasanya, AIO terbagi menjadi beberapa jenis dengan ukuran yang berbeda, khususnya dari lebar dan Panjang radiator mulai dari ukuran 120mm hingga 360mm. Nah, sebelum kalian beli AIO favorit kalian, maka sebaiknya lihat dulu sisi kompabilitas casing pc yang mampu dukung jenis pendinginan tersebut.

Hal yang paling mudah untuk diterka untuk lihat sisi pendinginan AIO yang mampu ditampung oleh casing adalah ukuran dan jumlah maksimum Fan pada satu panel. Misal, jika casing PC kalian di bagian depan mampu nampung hingga 3 fan ukuran 14cm, maka kalian setidaknya bisa masang AIO hingga ukuran 360. Cuman, kalian perlu mengetahui tingkat ketebalan atau bagian sisi lain panel  untuk lebih pastinya, atau untuk memastikan sisi kompabilitas tersebut, tentu melihat spesifikasi detail dari merk casing yang kalian miliki disitus resmi.

Nah, itu dia sedikit penjelasan kami tentang nilai kompabilitas CPU Cooler yang perlu kalian ketahui sebelum kalian membeli pendingin hebat diluar sana. Tentu ada beberapa hal yang belum kami jelaskan secara detail, namun yang pasti kami berharap semua penjelasan tersebut setidaknya bisa memberikan manfaat tersendiri bagi kalian.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat