- Storage, Tutorial

HDD VS SSD External Storage : Hal Yang Perlu Kalian Ketahui

Terkadang kita suka mengalami dilema saat akan memilih salah satu dari dua pilihan penting dalam kehidupan kita, hal tersebut juga berlaku antara HDD maupun SSD External storage. Kedua perangkat ini bisa dikatakan sebagai bagian penting untuk backup sistem yang efektif, termasuk sisi penggunaan yang cukup mudah untuk dilakukan.

Pertanyaannya, manakah yang ideal buat kalian untuk dipilih? Tentu itu bisa mudah untuk dilakukan, namun jika kalian ingin melihat penjelasan lebih lengkapnya, simak detailnya dibawah ini.

Baca juga : ADATA Ultimate SU650 SSD 2.5” Review : SSD Murah, Kapasitas Cukup & Kinerja Nyenengin

HDD VS SSD External Storage : Hal Yang Perlu Kalian Ketahui  

Ok, pertama adalah HDD external, dimana ini merupakan pilihan yang banyak dipakai oleh pengguna sejak lama hingga hari ini. Tentu, nilai harga pada kapasitas yang lebih besar merupakan salah satu magnet utama mengapa seri tersebut bisa sangat fenomenal. Disamping itu, kemudahan penggunaan termasuk dukungan sistem operasi lama juga jadi sisi unggulan lainnya.

 SSD External Storage

Contohnya, ketika kalian menginginkan HDD External besar dengan kapasitas hingga 2TB, kalian bisa mendapatkannya dengan mudah dengan harga murah dibawah 1 jutaan. Bahkan beberapa produsen populer juga masih menyajikan pilihan utama mereka dalam bentuk storage yang memiliki piringan ini, seperti Seagate maupun WD.

Sayangnya, HDD external punya keterbatasan kinerja, termasuk sisi ketahanan yang hanya mampu bertahan beberapa tahun saja, apalagi jika kalian sering memakai perangkat tersebut setiap harinya. Piringan yang berputar dari apa yang ada didalam HDD menjadi salah satu faktor mengapa perangkat tuh memiliki daya tahan yang agak terbatas.

Berbeda halnya dengan SSD, dimana ini seutuhnya merupakan perangkat yang benar-benar handal tanpa ada fitur yang agak riskan didalam perangkat tersebut. Itu karena perangkat SSD memakai memori flash sebagai media utama untuk menyimpan file. Disamping itu, perangkat ini memiliki kinerja super cepat, bahkan memiliki dua kali lipat untuk urusan kinerja daripada apa yang bisa ditawarkan oleh HDD External. Disamping itu, sisi ketahanan bisa berlangsung sangat lama, bahkan hingga belasan tahun tanpa harus dioptimasi, kinerja masih tetap sama.

 SSD External Storage

Cuman, harga yang ditawarkan tentu jauh lebih mahal, bahkan kalian perlu mengeluarkan anggaran hingga jutaan untuk mendapatkan kapasitas cuman 500GB, apalagi jika kalian menginginkan kapasitas yang lebih besar. Disamping itu, dukungan sistem operasi bisa “agak” terbatas, jadi kalian tidak bisa memakainya pada sistem lama. Inilah yang jadi salah satu kendala banyak pengguna, meskipun secara bertahap SSD bisa saja menggantikan driver external yang biasa hadir dalam bentuk piringan mekanik.

So, Pilihan Mana Yang Pas Buat Kalian?

HDD External bisa jadi pilihan utama kalian, jika kalian memiliki anggaran yang sangat terbatas plus untuk pemakaian kasual yang tidak terlalu sering pasang colok storage ke sistem utama. Disamping itu, ini juga bisa jadi pilihan ideal bagi mereka yang menginginkan kapasitas besar pada harga yang lebih terjangkau.

Cuman, jika kalian bisa dikatakan sebagai heavy user, yang menginginkan segalanya serba cepat, handal dan harga enggak masalah, maka SSD tentu menjadi pilihan superiornya. Ini bisa memberikan pengalaman kinerja terbaik untuk external storage, bahkan bisa bertahan jauh lebih lama tanpa harus mengalami cukup banyak masalah, termasuk kehilangan data penting kalian gara-gara storage external kalian tiba-tiba mati.

SSD tidak demikian, apalagi ada banyak pilihan tipe storage berbagai merk populer yang memiliki kinerja dan kapabilitas handal. Cuman, harga yang cukup mahal tentu menjadi sisi pengorbanan awal yang perlu kalian keluarkan, termasuk sisi kompabilitas.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat