- Gaming Gear, Mouse, Peripheral, Tutorial

Palm Grip, Fingertip Grip dan Claw Grip Dalam Mouse Gaming : Apa Sih Maksudnya?

Memiliki sebuah mouse gaming tentu sangat menyenangkan untuk memulai, apalagi jika kamu memiliki perangkat hebat dengan merk populer. Hanya saja, terkadang kita suka lupa bahwa sebuah mouse biasanya hadir dengan beberapa opsi penting yang bisa menentukan kenyamanan pengguna, salah satunya adalah opsi genggaman atau biasa diistilahkan sebagai Grip Option.

Nah, opsi genggaman pada umumnya terbagi menjadi tiga pilihan, yakni Palm Grip, Fingertip Grip dan Claw Grip. Penasaran dengan apa yang dimaksud dengan semua hal tersebut? Mari kita ungkap penjelasan lebih detailnya dibawah ini.

Baca juga : Corsair Harpoon RGB Wireless : Mouse Gaming Canggih Dengan Teknologi Slipstream Wireless

Palm Grip, Fingertip Grip dan Claw Grip Dalam Mouse Gaming : Apa Sih Maksudnya?

Memiliki sebuah mouse yang sangat nyaman tentu merupakan impian semua orang. Dan terlepas dari banyaknya pilihan mouse gaming hebat dengan merk populer, Grip Option bisa sangat berpengaruh untuk membawa pengalaman gaming jauh lebih seru, apalagi jika kamu adalah seorang gamer serius.

Nah, gaya genggaman yang hadir pada perangkat tersebut umumnya terbagi menjadi tiga, yakni Palm Grip, Finger Grip (atau juga bisa diistilahkan sebagai Tip Grip) dan Claw Grip. Untuk lebih jelasnya, mari kita ungkap semua hal tersebut dibawah ini.

1. Palm Grip

Mouse dengan tipe genggaman Palm Grip hadir untuk mengisi pengguna kasual yang seringkali menempatkan hampir seluruh bagian tangan melalui perangkat tersebut. Jenis tipe ini biasanya banyak menjadi pilihan populer dikalangan pengguna, tidak terbatas pada gamer saja, namun juga pengguna pada umumnya.

Mouse Gaming

Intinya adalah, Palm Grip dikhususkan bagi pengguna yang menginginkan bentuk mouse yang rileks, dimana cengkraman tangan kamu pada mouse bisa beristirahat sepenuhnya. Terlebih lagi tangan bisa lebih santai saat sedang bernavigasi maupun bisa  bersandar pada mouse, dan itu sangat nyaman.

Selain itu, tipe gengaman mouse ini juga biasanya hadir dan disesuaikan dengan kebutuhan tangan utama pengguna, bahkan bisa hadir dalam beberapa ukuran sehingga kamu dapat menemukan perangkat yang tepat untuk ukuran tangan dan gaya cengkeraman.

Dan umumnya, mouse dengan tipe gengaman ini juga dibuat dengan tipe lebih lebar, lebih panjang dan memiliki lengkungan punggung yang cukup curam untuk memberikan tangan dengan dukungan maksimal. Hanya saja, Mouse dengan fitur Palm Grip biasanya tidak ideal untuk kebutuhan gaming cepat, meski ideal untuk kontrol meluncur yang cukup halus dan akurat.

2. Claw Grip

Claw Grip hadir untuk memberikan dukungan kuat untuk gamer pro, terlebih lagi bagi kebutuhan gaming cepat dan ideal untuk jenis permainan seperti RTS maupun Action-RTS atau juga untuk esport gaming.

Mouse Gaming

Seperti namanya, mouse dengan jenis genggaman tersebut hadir untuk memberikan sisi tangan lebih melengkung dengan titik kontak dan membentuk bentuk seperti cakar. Perangkat yang dibuat untuk tipe pegangan ini biasanya lebih pendek dengan sudut lengkung punggung kurang agresif tetapi bisa memberikan sisi navigasi lebih gesit.

Dibandingkan dengan Palm Grip, tipe mouse dengan jenis genggaman Claw Grip  lebih cocok untuk meluncur cepat dan memberi pengguna perasaan kontrol yang jauh lebih baik saat bergerak bolak-balik melintasi layar.

3. Fingertip Grip

Jika kamu menginginkan pilihan cepat dan terbiasa dengan pegangan mouse melalui ujung jari sepenuhnya, maka kehadiran tipe Fingertip Grip atau bisa dikatakan sebagai Tip Grip bisa memberikan kebutuhan ideal untuk memulai, bahkan seri paling ekstrim.

Mouse Gaming

Jenis cengkeraman ini dikhususkan bagi pengguna yang seringkali menggunakan ujung jari untuk mengarahkan seluruh mouse dalam gerakan yang sangat cepat dengan sedikit menahan tangan dan pergelangan tangan. Sasis perangkat tersebut juga dibuat untuk tipe cengkeraman yang cenderung sangat ringan, sangat pendek dan biasanya dengan sudut lengkung belakang paling rata dari ketiganya.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat