- Gaming Gear, Hardware, Storage

TEAMGROUP EX2 Elite SSD Review : Desain Lebih Fresh, Kinerja Kenceng & Terjangkau

Ketika SSD 2.5” masih jadi prioritas utama dan kalian butuh pilihan seger dengan kinerja kenceng, stabil dan harga enggak terlalu menyesak, maka TEAMGROUP EX2 Elite SSD kayaknya bisa banget untuk dipertimbangkan.

Penasaran? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : T-FORCE CARDEA ZERO Z340 Review : SSD M.2 NVMe Dengan Kinerja Paling Stabil

TEAMGROUP EX2 Elite SSD Review : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

TEAMGROUP terkadang selalu membawa sesuatu yang baru dalam urusan Solid State Drive dengan revolusi bentuk desain yang jauh lebih menyenangkan. Contoh, ketika produsen pernah mendobrak nilai estetika dengan kehadiran RGB melalui Delta MAX, maka seri EX2 Elite SSD kami rasa menawarkan keanggunan, performa, kualitas maupun harga.

EX2 Elite SSD

Dengan membawa ukuran 2.5 inci dan varian kapasitas yang besar mulai dari 512GB hingga 1TB, pilihan ini tentu bisa menjadi sesuatu yang menarik konsumen secara umum, seperti gamer, pembuat konten ataupun kasual user. Sedangkan untuk harga, seri ini memiliki kisaran mulai dari 800 ribuan hingga 1.5 jutaan untuk pilihan tertinggi.

EX2 Elite SSD

Desain secara utuh tentu sangat berwibawa, dengan kombinasi warna antara silver bergaya metal finishing maupun aksen tulisan EX besar terkadang jadi magnet utama produsen untuk menarik lebih banyak pelanggan dengan sajian yang unik dan benar-benar terasa kelasnya.

EX2 Elite SSD

Terkadang, desain jadi faktor penentu lain untuk membuat banyak konsumen tergoda pada produk yang ditawarkan produsen, apalagi jika kesan pertama benar-benar positif. Dan inilah yang disadari TEAMGROUP sebagai salah satu produsen berpengalaman dalam urusan DRAM maupun storage untuk selalu menjaga asa produk mereka tidak melulu melalui performa dan kualitas, namun berlaku juga untuk desain.

Spesifikasi

Spesifikasi Inti EX2 Elite SSD 2.5″
Interface SATA Rev. 3.0 (6Gb/s)
Capacity 512GB / 1TB[2]
Voltage DC +5V
Operation Temperature 0°C ~ 70°C
Storage Temperature -40˚C ~ 85˚C
Terabyte Written 512GB / >120TB
1TB / >240TB[3]
Performance Crystal Disk Mark:
Read: Up to 550MB/s Max ; Write: 520MB/s[4]
Dimensions 100(L) x 69.9(W) x 7(H) mm
Humidity 0°C ~ 55°C / 5% ~ 95% RH,non-condensing
Vibration 20G (non-operating)
Shock 1,500G
MTBF 2,000,000 hours
Operating System Windows 10 / 8.1 / 8 / 7 / Vista
MAC OS 10.4 or later
Linux 2.6.33 or later
Warranty 3-year limited warranty
Harga Rp809.000

Bicara mengenai desain, EX2 Elite SSD hadir dalam bentuk faktor 2.5” dengan ukuran dimensi 100 (L) x 69.9 (W) x 7 (H) mm dan memiliki bobot sangat ringa. Pilihan kapasitas seperti kami ungkap sebelumnya hadir antara 512Gb dan 1TB, dan memiliki interface SATA Rev. 3.0 (6Gb / s) yang masih memiliki kompatibilitas cukup baik melalui SATA Rev. 2.0.

Produsen sendiri memberikan garansi cukup panjang hingga 3 tahun dengan ketahanan MTBF ( Mean time between failures) hingga 2 juta jam. Setidaknya ini bisa memberikan pandangan bahwa SSD ini punya kualitas kehandalan yang baik, bahkan memiliki resitansi shock hingga 1500G atau 25 kali lipat dibanding standar HDD, terlebih lagi tidak memiliki komponen penggerak didalamnya.

EX2 Elite SSD

Disisi lain, TEAMGROUP EX2 Elite SSD pada dasarnya hadir dengan pilihan tipe NAND TLC (Triple Level Cell) melalui konfigurasi susunan Die pada kapasitas 512GB terdiri dari 256GB x2 dan memakai chipset Sandisk sebagai pilihan utamanya.

SSD ini juga tentu sudah mendukung perintah pengoptimalan Windows TRIM yang mampu melepaskan blok gratis, memungkinkan sistem operasi bisa segera digunakan untuk menulis data, mempercepat kinerja baca / tulis SSD, dan juga secara efektif mengurangi penurunan kinerja maupun klaim bisa menjaga kinerja tetap berjalan dengan sempurna.

Disamping itu, EX2 juga mendukung Teknologi Wear-Leveling dan fungsi ECC (Error Correction Code) yang bisa meningkatkan keandalan transfer data dan memperpanjang masa pakai solid state drive. Setidaknya, ada banyak hal positif yang ditawarkan storage ini kepada konsumen selain desain yang memiliki impresi baik saat pertama kali melihatnya.

Performa

EX2 Elite SSD secara keseluruhan memiliki performa yang baik dan benar-benar stabil, bahkan untuk pemakaian paling lama sekalipun, kami enggak akan merasakan speed yang ditawarkan turun secara signifikan. Meskipun, ada sejumlah peningkatan suhu, meskipun masih dalam relatif aman.

EX2 Elite SSD

Contoh pada CrystalDiskMark 8, seri ini menawarkan sequential read speed hingga 558 MB/s dan hingga 522 untuk write speed dengan perbedaan enggak terlalu jauh dibanding Delta Max yang jadi salah satu pilihan terbaik kami.

EX2 Elite SSD

Hal yang sama juga berlaku pada AS SSD Benchmark dengan read speed hingga 526 MB/s dan hingga 493 untuk write speed. Hingga sejauh ini, selisih yang ditawarkan juga enggak terlalu jauh, meskipun Delta Max SSD masih memimpin, termasuk skor secara keseluruhan.

EX2 Elite SSD

EX2 Elite SSD

Gaming load rata-rata juga sangat baik hingga 3 detik, khususnya pada tes AS SSD Benchmark, jauh berbeda dengan apa yang ditawarkan Sandisk Plus maupun Adata SU650.

EX2 Elite SSD

Sedangkan suhu, seri EX2 Elite SSD mungkin bukanlah yang terbaik, meskipun kami rasa itu masih dalam hitungan aman saat bekerja penuh dengan suhu rata-rata mencapai 58° celcius dan maksimum hingga 65°.

EX2 Elite SSD

Kesimpulan

EX2 Elite SSD dari TEAMGROUP tentu menawarkan banyak hal positif buat kasual user atau gamer yang menginginkan performa penuh untuk sebuah SSD, stabilitas yang baik, desain yang istimewa, dan tentu saja harga yang dirasa cukup masuk akal buat budget user maupun pilihan kapasitas yang luas. Semua hal tersebut bisa jadi unggulan pasti dari apa yang ditawarkan storage ini.

EX2 Elite SSD

Hanya saja, produsen enggak menyediakan pilihan kapasitas yang lebih rendah selain 512GB maupun 1TB, ataupun bentuk faktor lain seperti M.2. Disamping itu, tidak ada software extra yang ditawarkan TEAMGROUP untuk memberikan nilai extra yang terkadang sangat dibutuhkan untuk mengatur banyak hal. Meskipun bukanlah nilai minus yang signifikan.

Hingga pada akhirnya, TEAMGROUP EX2 Elite SSD pastinya bisa banget buat kalian pertimbangkan sebagai pilihan storage hebat dengan menawarkan banyak hal, termasuk kualitas, performa maupun desain. Setidaknya, perangkat ini bisa berharga sebagai pilihan utama PC build atau upgrade storage pada laptop dengan nilai kompabilitas yang baik.

Jadi, itu dia ulasan kami mengenai TEAMGROUP EX2 Elite SSD, meskipun enggak kami ungkap sih lebih mendetail. Cuman yang pasti, semoga bermanfaat ya!

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat