- Hardware, Motherboard

ASUS TUF Gaming B550M Plus WiFi : Mobo Yang Enggak Ribet, Mudah & AI Noise Canceling Sajian Utamanya

ASUS TUF Gaming B550M Plus WiFi bisa mewakili seri mobo handal dengan kualitas komponen yang solid. Disamping itu, mobo ini juga menawarkan cukup banyak fitur extra, termasuk dukungan AI Noise Canceling yang berharga banget buat konten creator maupun gamer.

Penasaran? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : ASUS VivoBook M409DA Review : Desain Kompak, Storage Kenceng, Banyak Fitur Premium

ASUS TUF Gaming B550M Plus WiFi : Apa Yang Kami Ketahui Sejauh ini

Desain yang ditawarkan mungkin enggak terlalu menonjol dalam hal estetika, namun perangkat ini punya bentuk yang enggak ribet, dan terbaik dari sisi kualitas. Artinya bahwa ada sisi kemudahan saat akan memasangnya, meskipun backplate yang ditawarin terpisah sih. Disisi lain, perangkat berbasis TUF pastinya udah sangat dikenal dari sisi ketahanan dengan pilihan komponen yang enggak sembarangan.

ASUS TUF Gaming B550M Plus WiFi

Harga yang ditawarin berkisar 2.8 jutaan atau lebih sedikit, dan kalo liat dari spesifikasi maupun fitur extra, kami rasa nilai tersebut lebih terjangkau dibanding mobo dengan merk lain pada kelas yang sama. Dengan bawa ukuran mATX, secara utuh itu bisa memberikan kompabilitas yang baik saat dipasangkan pada hampir kebanyakan case yang udah ada dipasaran, meskipun ukuran tersebut terkadang agak terbatas buat peripheral extra, khususnya dibagian slot PCIe.

ASUS sendiri menawarkan desain yang kokoh dan cukup berwibawa. Setiap komponen yang disajikan pada TUF Gaming B550M Plus WiFi punya arti tersendiri, seperti dukungan penuh untuk teknologi PCIe 4.0 yang bisa memberikan kinerja paling tinggi dalam hal tenaga grafis maupun penyimpanan NVMe terbaik hari ini.

ASUS TUF Gaming B550M Plus WiFi

Disisi lain, produsen juga mengklaim bahwa power design yang hadir kini lebih ditingkatkan jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Kehadiran power stages 8 + 2 dengan DrMOS, 2oz PCB, VRM Heatsinks yang diperluas, Desain Termal yang lebih dioptimalkan, dan konektor 8 Pin ProCool jadi kombinasi sempurna untuk membuat mobo ini selalu tetap berada dalam kondisi terbaiknya.

Artinya bahwa semua fitur tersebut akan secara efektif memberikan stabilitas maupun pengiriman daya yang lebih efisien, lebih stabil dan tentu saja potensi kinerja sistem bisa terjaga dengan baik. Hasilnya, perangkat ini akan menjadi mesin berharga buat penggunaan dalam waktu jangka panjang, bahkan ketika kalian berencana akan upgrade CPU, mobo masih bisa menampungnya dengan sangat baik.

Dukungan pendinginan pada mobo ini juga cukup solid dimana mereka menyebutnya sebagai Comprehensive cooling. Seperti heatsink VRM, PCH fanless heatsink, heatsink buat M.2, hybrid fan headers, termasuk utilitas Fan Xpert 2+. At least, TUF Gaming B550M menawarkan ruang yang baik untuk semua kebutuhan pendinginan, baik internal maupun external.

ASUS TUF Gaming B550M Plus WiFi

Mobo ini juga sebenernya dukung pencahayaan RGB, meskipun enggak terlalu heboh sih. Cuman, untuk peripheral yang bisa memberikan smart sistem RGB, TUF Gaming B550M menawarkan akses yang cukup lengkap dengan beberapa kehadiran RGB header, seperti 2x Aura RGB Strip Headers dan 1 x Addressable Gen 2 header. Tidak banyak, cuman bisa mencukupi untuk semua kebutuhan tersebut.

Spesifikasi Inti TUF Gaming B550M Plus WiFi
Chipset AMD B550
Memory 4 x DIMM, Max. 128GB, Up to DDR4 4800(OC)
Graphic 1 x DisplayPort 1.2
1 x HDMI 2.1(4K@60HZ)
Expansion Slots 1 x PCIe 4.0 x16 (x16 mode)
1 x PCIe 3.0 x16 (x4 mode) *1
1 x PCIe 3.0 x1 *1
Storage Total supports 2 x M.2 slot(s) and 4 x SATA 6Gb/s ports
LAN Realtek RTL8125B 2.5Gb Ethernet
Wireless Data Network Intel® Wi-Fi 6 AX200
Bluetooth Bluetooth v5.1*
Audio Realtek ALC S1200A 7.1 Surround Sound High Definition Audio CODEC
USB Ports 2 x USB 3.2 Gen 2 port(s)(1 x Type-A +1 x USB Type-C®)
4 x USB 3.2 Gen 1 port(s)(4 x Type-A)
2 x USB 2.0 port(s)(2 x Type-A)
Front USB Port ( Total 6 )
2 x USB 3.2 Gen 1 port(s)(2 x Type-A)
4 x USB 2.0 port(s)(4 x Type-A)
Harga Rp2.879.000

Slot Ekspansi & Memory

3 Slot Ekspansi PCIe hadir dengan pilihan terbaik pada slot PCIe 4.0 x16 yang bisa memberikan kinerja maksimum untuk perangkat grafis hebat generasi berikutnya. PCIe 4.0 memungkinkan pemerataan yang lebih powerful dengan throughput per lane hingga 16 GT / s, dua kali lebih cepat dibanding apa yang bisa ditawarkan PCIe 3.0 yang hanya memiliki kecepatan transfer 8GT/s.

ASUS TUF Gaming B550M Plus WiFi

Sisa pilihan slot ekspansi juga memenuhi kebutuhan ideal pengguna modern antara sebuah slot untuk PCIe 3.0 x16 (x4 mode) dan sebuah slot PCIe 3.0 x1. Cuman, seperti apa yang telah kami ungkap sebelumnya, terkadang bentuk faktor kecil tidak mencukupi untuk kebutuhan extra pengguna, apalagi jika kalian memiliki perangkat grafis yang butuh extra slot yang besar.

ASUS TUF Gaming B550M Plus WiFi

Sedangkan untuk memori, produsen menyediakan 4 slot DIMM RAM dengan maksimum speed yang bisa didukung mobo maksimum hingga 4800Mhz (OC) dan hingga 128GB dalam hal kapasitas maupun dukungan arsitektur dual channel. Tentu, ada banyak ruang yang bagi buat kalian yang ingin mendobrak performa jauh lebih efektif dalam urusan memori.

Dukungan Storage

Dukungan penyimpanan yang ditawarkan TUF Gaming B550M Plus WiFi ini juga sangat lengkap dengan total hingga 2 x M.2 slot dan 4 x SATA 6Gb/s. Untuk slot M.2, kalian bisa memasang pilihan storage paling kenceng melalui interface PCIe 4.0 dibagian teratas, dan standar NVMe SSD M.2 PCIe 3.0 dibagian slot kedua. At least, tidak ada lagi keterbatasan yang ditawarin storage ini untuk media penyimpanan maupun kompabilitas. Artinya bahwa semua sudah tersedia tanpa perlu membeli perangkat extra.

Konektivitas

Konektivitas yang ditawarkan mobo ini juga lengkap, baik untuk port USB maupun port display. Buat urusan USB, ada total 8 port yang tersebar dibagian belakang back panel seperti 2 x USB 3.2 Gen 2, 1 x USB Type-C, 4x USB 3.2 Gen 1 dan 2 x port USB 2.0. Sedangkan untuk konektor front panel, ada total 6 port USB yang ditawarin B550M Plus WiFi, termasuk 2 x port USB 3.2 Gen 1 dan 4 x port USB 2.0.

ASUS TUF Gaming B550M Plus WiFi

Nah, ASUS juga nawarin pilihan display port yang juga cukup lengkap, termasuk 1 x DisplayPort 1.2 dan 1 x HDMI 2.1. Pilihan ini bisa mencukupi pengguna yang masih mengandalkan prosesor berbasis APU series seperti Ryzen 5 3400G.

Akses networking juga jadi nilai unggulan mobo ini, yang bisa banget dukung banyak kegiatan extra pengguna, baik secara kabel maupun nirkabel. Kehadiran 2.5 Gb Ethernet bisa jadi tulang punggung utama kalian untuk beraktifitas lewat internet atau LAN dengan kinerja besar, terlebih lagi membawa dukungan extra TUF LANGuard dan teknologi TurboLAN yang membuatnya semakin sempurna.

ASUS TUF Gaming B550M Plus WiFi

Sedangkan buat akses nirkabel, Intel® WiFi 6 bisa banget sebagai pilihan modern dengan performa jauh lebih kenceng yang mendukung kecepatan data tinggi hingga 2.Gbps. Hal yang sama juga berlaku untuk Bluetooth v5.1 dengan banyak fitur yang jauh lebih efektif melalui dukungan Windows 10 versi terbaru.

Audio & Fitur Eksklusif AI Noise Canceling

ASUS menawarkan banyak hal menarik pada mobo ini, dan salah satunya adalah pilihan audio yang berkualitas tinggi melalui Realtek ALC S1200A yang menawarkan 7.1 Surround Sound High Definition Audio CODEC.

Realtek ALC S1200A menawarkan banyak hal seru buat gamer atau pembuat konten yang menginginkan fitur audio bisa dalam sesuatu yang menarik untuk dicapai, seperti dukungan multi-streaming, playback hingga 24-Bit / 192kHz, dukungan DTS Kustom Eksklusif untuk Headset GAMING, dan termasuk kualitas komponen yang jauh lebih solid dengan kehadiran lapisan PCB audio khusus maupun kapasitor audio premium dari Jepang.

ASUS TUF Gaming B550M Plus WiFi

Untuk menyempurnakan fitur audio, mereka juga membawa teknologoi premium yang kini disajikan juga pada mobo mid-range sekelas TUF Gaming B550M yaitu dukungan AI noise-cancelling microphone, dimana fitur tersebut bisa menyediakan komunikasi suara dalam game bakal terasa lebih jelas, menghilangkan berbagai suara background yang cukup mengganggu.

ASUS TUF Gaming B550M Plus WiFi

Ini tentu bisa memberikan pengalaman yang baik buat gamer dalam permainan kompetitif ketika mereka harus selalu berkomunikasi dengan rekan atau tim. Atau juga bermanfaat extra buat pembuat konten yang seringkali berhadapan dengan suasana ramai dengan banyak suara background disekitar.

Cuman, fitur ini tidak akan secara otomatis aktif, melainkan kalian harus menginstal drivernya terlebih dahulu dan menjalankannya melalui Armoury crate –> Device –>Audio. Dibagian ini, kalian bisa mengaktifkan fitur tersebut ke posisi ON, dan pilih device yang akan memakai AI noise-cancelling jika kalian memiliki beberapa perangkat.

Bios & Software Extra

Bios yang ditawarin pada TUF Gaming B550M Plus WiFi juga cukup menarik untuk diungkap. Interface yang ditawarin bios mungkin bukanlah yang terbaik dan terkadang ada beberapa hal yang perlu kalian eksplorasi lebih dalam, karena pilihan Easy Mode enggak memberikan banyak opsi menarik untuk diungkap.

ASUS TUF Gaming B550M Plus WiFi

Untungnya, kehadiran EZ System Tuning bisa memberikan banyak manfaat besar buat urusan kinerja prosesor tanpa harus mengalami banyak hal ribet. Artinya, ketika kalian memilih opsi ASUS Optimal dibanding normal, maka fitur ini akan membuat fitur OC secara otomatis pada prosesor. Kecepatan bisa bervariasi, namun hal terbaiknya adalah kemudahan, dan cukup aman untuk dilalui maupun proses yang sangat mudah.

ASUS TUF Gaming B550M Plus WiFi

Sedangkan untuk pengaturan yang jauh lebih detail, kalian bisa mencobanya melalui Advance mode (tombol F7) dengan banyak pilihan tingkat lanjut, seperti pengaturan extra untuk OC RAM maupum prosesor, monitoring hardware maupun fan dan updating bios.

ASUS TUF Gaming B550M Plus WiFi

Nah, kalo untuk urusan software sih kami rasa hal terbaik yang dibawa mobo ini adalah Armoury Crate, command centernya semua hal yang bisa ditawarkan perangkat ASUS bagi pengguna. Melalui software ini, kalian bisa melakukan banyak hal, mulai dari pengaturan RGB Lighting dengan segala kehebohan yang bisa ditawarkan perangkat yang kompatible, download Bios atau software utility atau bahkan menjalankan game yang sudah tersedia pada sistem pengguna.

Software ini bahkan menjadi salah satu utilitas paling bisa diandalkan untuk kegiatan extra pengguna untuk menjalankan berbagai pengaturan, bahkan untuk proses instalasi software penting sekalipun bisa dilakukan pada Armoury Crate.

Kesimpulan

ASUS TUF Gaming B550M Plus WiFi tentu bisa banget buat kalian pertimbangkan sebagai pilihan mobo handal pada harga yang kami rasa lebih masuk akal. Terlebih lagi, perangkat ini punya banyak hal menarik, mulai dari kualitas TUF yang berharga dan sanggup memberikan performa solid, networking yang superior termasuk WiFi 6 maupun 2.5 Gb Ethernet, dan hal terbaiknya tentu saja kehadiran teknologi istimewa yang jarang ditawarin merk lain pada harga tersebut, yaitu teknologi AI noise-cancelling.

ASUS TUF Gaming B550M Plus WiFi

Cuman, ukuran mATX mungkin enggak terlalu ideal buat kalian yang memiliki banyak perangkat peripheral extra, khususnya berkaitan dengan slot PCIe. Dan ketika kalian mencari nilai estetika lebih, maka seri ini bukanlah yang terbaik buat urusan tersebut. Namun masih bisa jadi jembatan yang baik untuk pergi. Terlebih lagi, TUF lebih mengedepankan kualitas dan daya tahan, yang tentu aja bisa jadi aset paling awet hingga beberapa tahun mendatang.

Hingga pada akhirnya, mobo ini masuk dalam daftar kategori rekomendasi kami tahun ini, khususnya sebagai pilihan perangkat yang layak banget untuk dipertimbangkan. Jadi, itu dia ulasan kami mengenai ASUS TUF Gaming B550M Plus WiFi, semoga bermanfaat ya.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat