- Motherboard, Tutorial

Hal Yang Perlu Kita Ketahui Tentang Barisan Chipset AMD Soket AM4

Mau bangun PC AMD terbaru, tapi masih bingung nentuin mobo yang pas, khususnya ketika kalian berhadapan dengan pilihan Chipset AMD soket AM4 yang berbeda, antara A320, B450 atau B350 atau X470 atau seri terbaru X570? Dan pastinya, dalam benak kalian muncul pertanyaan yang sering kali hadir sebagai pertanyaan umum, apa sih yang membedakan dari semua pilihan tersebut?

Nah, kali ini kami akan tunjukin penjelasan secara detailnya, yang pastinya bakal memberikan kemudahan untuk membuat keputusan pasti untuk menentikan pilihan dari beberapa chipset tersebut. Jadi, tanpa perlu basa-basi lagi, lihat selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : Apa Yang Kalian Perlu Ketahui Tentang CPU Cooler : Dukungan Kompabilitas

Barisan Chipset AMD Soket AM4 : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

Socket AM4 itu sendiri masih terhitung baru, dimana ini merupakan soket mikroprosesor terbaru yang digunakan oleh CPU yang dibangun berdasarkan arsitektur Zen (termasuk Zen + dan Zen 2). Soket AM4 itu sendiri diluncurkan pada September 2016 dan dirancang untuk menggantikan soket AM3 +, FM2 + dan FS1b sebagai platform tunggal.

Soket ini punya slot 1331 pin dan membawa sejarah tersendiri sebagai yang pertama dari tim merah yang mendukung memori kompatibel dengan DDR4 serta mencapai kompatibilitas terpadu antara CPU kelas atas (sebelumnya menggunakan Socket AM3 +) dan APU.

Nah, soket AM4 itu sendiri didukung oleh beberapa model chipset motherboard atau tepatnya ada 6 model chipset yang memiliki jumlah jalur PCI Express dan opsi konektivitas lainnya yang berbeda. Pilihan konektivitas tersebut biasanya meliputi: NVMe, SATA, dan USB 3.2 Gen 2.

Disinilah, penentuan pilihan pada chipset terkadang punya faktor penting untuk memenuhi kemudahan kalian pada PC yang ingin kalian bangun, karena setidaknya ada beberapa fitur inti yang dibawa salah satu chipset, ataupun yang tidak dibawa pada chipset motherboard untuk dukung kinerja sempurna prosesor terbaru AMD.

1. Chipset A320

Motherboard yang memiliki nama awal A320 biasanya hadir sebagai mobo entry level, dimana salah satu fitur inti yang tidak dibawa oleh mobo dengan chipset tersebut adalah ketiadaan fitur Overclocking. Artinya bahwa jika kalian punya prosesor Ryzen yang punya fitur OC, maka kalian tidak bisa memanfaatkan fitur tersebut sepenuhnya pada mobo yang punya basis A320.

Chipset AMD Soket AM4

Disamping itu, pilihan konektivitas juga terbatas, seperti total USB yang hanya memiliki pilihan default hingga 9 port, ketiadaan dukungan SLI maupun Crossfire untuk multi-GPU, maupun fitur extra AMD StoreMi ataupun Precision Boost Overdrive.

Intinya, mobo ini bisa ideal buat pengguna yang menginginkan pilihan sederhana yang hanya dukung prosesor secara default dan punya harga murah dibawah 1 jutaan. Kalian bisa memanfaatkan mobo ini untuk dukungan prosesor yang punya iGPU, yang tentu aja bakal memberikan nilai yang jauh lebih hemat anggaran.

2. Chipset B350

Sedangkan untuk mobo dengan pilihan Chipset B350, ini bisa dikatakan sebagai mobo kelas menengah generasi pertama yang memiliki dukungan fitur lebih baik dibanding seri A320, seperti fitur Overclocking CPU, jumlah port USB yang lebih besar, maupun dukungan crossfire ataupun SLI untuk multi-GPU.

Chipset AMD Soket AM4

Seri ini sebenarnya masih terhitung sangat layak untuk hari ini, termasuk masih mendukung prosesor Ryzen 3000, cuman kalian pastinya perlu update bios terlebih dahulu. Disamping itu, seri ini juga tidak mendukung beberapa fitur istimewa seperti AMD StoreMi ataupun Precision Boost Overdrive. Harga yang ditawarkan berkisar antara 1 juta hingga 2 jutaan, meskipun beberapa produsen punya pilihan premium yang memiliki harga lebih tinggi diatas 2 jutaan.

3. Chipset B450

Sedangkan untuk B450, seri ini merupakan penerus B350 yang sedikit lebih tua, termasuk dukungan fitur istimewa AMD Store ataupun Precision Boost Overdrive. Cuman, secara utuh fitur yang dibawa B450 hampir sama dengan seri B350, meskipun beberapa produsen terkadang menambahkan lebih banyak pilihan port maupun dukungan memori yang lebih tinggi.

Chipset AMD Soket AM4

Harga yang ditawarkannya pun bisa sama dengan seri B350, dan terkadang seri mobo B450 bisa jadi Sweet spot bagi konsumen yang menginginkan banyak fitur cukup lengkap namun hadir dengan nilai harga terjangkau, mulai dari 1 jutaan hingga 2 jutaan, meskipun terkadang ada beberapa pilihan premium yang punya diatas harga 2 jutaan.

4. Chipset X370

Seri ini merupakan Chipset enthusiast unggulan generasi pertama, dimana apa yang menjadikannya istimewa adalah dukungan banyak konektivitas yang jauh lebih banyak, dukungan memori maupun storage maupun slot PCIe yang lebih lengkap dan tentu saja pilihan premium yang bisa bawa sisi estetika jauh lebih berkelas.

Chipset AMD Soket AM4

Intinya, Chipset ini punya kombinasi hebat antara kegunaan maupun sesempurnaan dari desain maupun nilai extra lainnya, meskipun seri tersebut tidak mendukung fitur istimewa AMD StoreMi ataupun Precision Boost Overdrive. Sedangkan untuk urusan harga, seri ini bisa memiliki kisaran harga diatas 2 jutaan.

5. Chipset X470

Chipset X470 merupakan generasi penerus X370, yang membawa lebih banyak fitur seru, meskipun secara keseluruhan mungkin masih terasa sama, termasuk dukungan Port USB hingga 14 port dan hingga 6 port untuk SATA.

Chipset AMD Soket AM4

Dan biasanya, seri ini punya dukungan terbaik untuk menyempurnakan kinerja, termasuk dukungan memori yang lebih tinggi, fitur premium yang jauh lebih ideal, dan juga dukungan AMD StoreMi ataupun Precision Boost Overdrive. Cuman, harga pastinya memiliki kisaran yang jauh lebih mahal, dimana rata-rata mobo berbasis Chipset X470 punya nilai diatas 3 jutaan.

6. Chipset X570

Terakhir, dan merupakan solusi paling ampuh untuk kebutuhan mobo enthusiast adalah seri X570. Seri ini membawa sejarah tersendiri sebagai yang pertama dukung PCIe 4.0, jumlah port USB maupun storage yang juga lebih banyak, termasuk juga dukung kinerja SSD Gen 4.0 paling cepat hari ini.

X570 bisa menjadi jawaban paling ideal bagi kalian yang menginginkan banyak hal seru, bahkan bisa memberikan manfaat nyata untuk kinerja sistem jauh lebih efektif. Cuman, harga yang ditawarkan tentu tidak datang dengan murah, dimana pilihan terendah pada mobo berbasis Chipset X570 punya kisaran harga 4 jutaan.

Nah, itu dia sekilas informasi mengenai barisan chipset motherboard AM4, yang tentunya salah satu pilihan tersebut bisa kalian manfaatkan sepenuhnya untuk kinerja yang ideal, sesuai dengan apa yang bisa ditawarkan dari semua pilihan tersebut. Semoga bermanfaat.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat