- Motherboard, Tutorial

Gini Cara Update Bios Terbaru Mobo ASRock Via Flashdisk Feat B450 Steel Legend

Cara Update Bios Terbaru – Terkadang hal yang sebenarnya mudah bisa cukup sulit buat dilakukan, seperti halnya ketika kalian pengen update bios terbaru buat mobo yang kalian pake. Khawatir akan gagalnya proses update yang bisa mengakibatkan sistem crash biasanya jadi alasan utama kalian, meskipun pada dasarnya itu cukup mudah untuk dilakukan.

Untuk itulah, kali ini kami akan tunjukin cara update bios mobo secara offline, khususnya berlaku untuk mobo seri ASRock B450 Steel Legend yang sebenernya sama dengan mobo ASRock lainnya, ataupun mobo baru pada umumnya.

Baca juga : Gini Cara Ningkatin Resolusi Monitor Jauh Lebih Besar Dari Pilihan Default

Gini Cara Update Bios Terbaru Mobo ASRock Via Flashdisk Feat B450 Steel Legend

Update bios terbaru sebenernya bisa memberikan manfaat tersendiri yang bakalan bikin sistem jauh lebih stabil, dukungan prosesor maupun fitur baru. Dan biasanya, langkah ini wajib kalian lakukan jika sistem selama ini punya masalah ataupun pengen upgrade pada CPU yang lebih baru.

Biasanya, produsen sudah memberikan kemudahan buat update bios terbaru lewat internet secara otomatis dengan istilah yang biasa disebut sebagai Internet Flash. Cuman, terkadang fitur ini enggak ada pada mobo entry level atau versi lawas. Untuk itulah, update secara offline dengan mengunduhnya dulu bios yang diperlukan bisa jadi pilihan utama kalian.

Nah, masih penasaran?

  • Ok pertama yang perlu kalian lakukan adalah lihat dulu versi bios yang dimiliki mobo kalian saat ini. Kalian bisa liatnya di sistem bios itu sendiri, atau cara termudahnya bisa lewat software CPUZ, khususnya di bagian Motherboard.

Cara Update Bios Terbaru

  • Setelah kalian udah tahu versi bios mobo, maka langkah selanjutnya adalah pergi ke situs produsen mobo yang kalian pake. Contohnya kami pake ASRock B450M Steel Legend, dan kalian hanya perlu ke halaman mobo tersebut, lalu klik bagian support dan klik opsi Bios.

Cara Update Bios Terbaru

  • lihat syarat untuk pergi ke bios terbaru dibagian deskripsi agar tidak salah update, yang biasanya kalian perlu beberapa tahapan update untuk bisa punya bios versi terbaru. Namun jika versi bios kalian udah dukung, maka kalian tinggal unduh langsung dibagian opsi Download.

Cara Update Bios Terbaru

  • Setelah di donlot, siapin flashdisk, kapasitas bebas, karena bios enggak punya file besar, dan kalian juga sebenarnya enggak perlu format bios tersebut.
  • Kemudian, ekstrak hasil donlotan bios terbaru, lalu copy ke flashdisk, khususnya dibagian terluar dari storage tuh.

Cara Update Bios Terbaru

  • Jika udah siap, kalian tinggal restart PC lalu masuk ke bios.
  • Setelah masuk, pilih opsi Tools, lalu pilih Instant flash. Biasanya, sistem bakal ngedetect secara otomatis file bios terbaru yang akan kalian update.

Cara Update Bios Terbaru

  • Jika udah kedetect, kalian cuman tinggal pilih update lalu tunggu sampe prosesnya selesai.

Nah, buat catatan, pada saat proses updating, upayakan jangan sampe ada masalah dalam hal konsumsi daya, apalagi jika listrik tiba-tiba mati. Karena ini bisa aja ngerusak sistem bios atau bios bisa kembali ke versi lama secara default.

Dan ketika udah selesai, kalian bisa masuk kembali ke bios lalu liat versi dari bios tersebut. Jika itu nunjukin perubahan, maka proses update bios udah selesai dan kalian tinggal jalanin lagi hari-hari kalian yang menyenangkan. Semoga bermanfaat.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat