- Built-up PC, Casing PC, Gaming Gear, Tutorial

Streaming PC Guide : 7 Komponen Hebat, Harga Hemat

Streaming PC Guide – Membangun sebuah desktop PC yang memiliki misi khusus, seperti pembuatan konten, live streaming maupun game streaming bisa memberikan tantangan tersendiri bagi kita, apalagi jika kamu tengah berencana membangun semua hal tersebut dengan budget terbatas. Untungnya, hari ini bisa memberikan sesuatu yang baik untuk memulai, terlebih beberapa komponen PC kini hadir dengan nilai harga yang lebih terjangkau.

Untuk itulah, dalam artikel kami kali ini bisa dijadikan semacam panduan dan memberikan ide yang sangat pas bagi kamu semua saat akan membangun sebuah desktop PC yang keren dan ideal untuk semua kebutuhan utama pekerjaan kamu. Nah, untuk lebih jelasnya, mari kita ungkap beberapa pilihan yang memiliki potensi besar untuk memulai.

Baca juga : 3 Pilihan Gaming Gear Terbaru Razer, Desain Spesial Untuk Gamer eSport

Streaming PC Guide : 7 Komponen Hebat, Harga Hemat

Ada 7 komponen utama yang perlu kamu hadirkan, dimana ini bisa dikatakan sebagai tulang punggung bagaimana semua hal hebat bisa disajikan. Beberapa pilihan tersebut diantaranya adalah :

Komponen Merk Harga
Prosesor AMD Ryzen 2600 (6 Core, Up to 3.9Ghz) IDR 2,980,000
Motherboard MSI B450 Tomahawk IDR 2,200,000
RAM Corsair Vengeance RGB 16GB DDR4 3200Mhz IDR 3,550,000
GPU Sapphire Nitro+ RX 580 8GB GDDR5 IDR 5,450,000
HDD Seagate 2TB BarraCuda IDR 1,050,000
SSD Samsung EVO 970 SSD NVMe M.2 IDR 1,575,000
Power Supply Seasonic Focus + 750W Gold IDR 1,700,000
Casing NZXT H500 White IDR 1,350,000
TOTAL IDR 19,855,000

1. Prosesor

Pilihan pertama dan yang paling penting tentu adalah kehadiran prosesor yang tangguh. Sementara ada banyak pilihan CPU hebat diluar sana, memilih yang tepat dengan anggaran yang terbatas bisa saja cukup rumit. Untungnya, kehadiran prosesor AMD Ryzen generasi terbaru bisa memberikan jalan yang terbaik. Dan salah satunya adalah Ryzen 5 2600, dimana ini merupakan pilihan yang hebat dengan potensi kinerja yang luar biasa, terutama untuk live streaming PC maupun konten creator.

Salah satu alasan mengapa ia bisa menjadi kandidat terbaik adalah kehadiran spesifikasi yang benar-benar menjanjikan, yakni kekuatan 6 core dan 12 thread, clockspeed up to 3.9 Ghz (CPU unlock) dan total L3 cache hingga 16MB. Seri ini jauh lebih disempurnakan untuk urusan teknologi dan dibalut dalam proses manufaktur 12nm, sehingga membuatnya menjadi salah satu pilihan CPU dengan tenaga besar, namun disisi lain bisa memberikan tingkat konsumsi daya yang cukup irit dengan nilai TDP hanya sebesar 65W saja. Hebatnya, CPU ini memiliki nilai harga yang cukup terjangkau dengan kisaran sekitar 2.9 jutaan saja. Selain itu, seri ini juga membawa pilihan pendingin default yang cukup baik, termasuk untuk fitur OC standar.

2. Motherboard

Sementara untuk urusan motherboard, AMD kini memiliki chipset terbaru yang jauh lebih terjangkau dengan dukungan teknologi hebat, B450 Series. Dan dari semua kandidat motherboard dengan pilihan chipset tersebut, kehadiran MSI B450 Tomahawk bisa menjadi pilihan utama.

Hal terbaik dari seri ini adalah dukungan memori up to DDR4 3466 (OC) MHz, Extended Heatsink Design, banyak pilihan solusi penyimpanan, termasuk TURBO M.2, AMD Turbo USB 3.1 GEN2, dukungan Store MI technology, plus tata letak premium dan desain daya digital yang sepenuhnya bisa mendukung lebih banyak inti dan memberikan kinerja yang lebih baik. Mobo ini juga siap menyajikan DDR4 Boost dan fitur Multi-GPU dengan desain Steel Armor PCI-E slots . Semua pilihan ini hadir dalam nilai harga sekitar 2 jutaan lebih sedikit.

3. Kartu Grafis

Untuk urusan grafis, menghadirkan sesuatu yang hebat dengan harga yang cukup terjangkau mungkin sedikit mustahil untuk dicapai. Sehingga, kehadiran GPU kelas mid-range harusnya menjadi pilihan utama kamu. Dan salah satu kandidat utama untuk pergi adalah Sapphire Nitro+ Radeon RX 580 dengan VRAM sebesar 8GB GDDR5.

Dulu, pilihan ini mungkin hampir mustahil untuk didapatkan, selain karena ketersediaan stok yang rumit, nilai harga yang ditawarkan benar-benar menjengkelkan para gamer. Namun kini, seri ini hadir dengan harga pas yang disarankan produsen hingga kisaran sekitar 5 jutaan. Sapphire Nitro+ Radeon RX 580 itu sendiri bisa memberikan kinerja terbaik, khususnya untuk gaming 1080p tanpa ada hambatan, bahkan kamu bisa melakukan proses live streaming dengan kualitas terbaik.

4. Memori

Barisan prosesor AMD Ryzen generasi kedua suka sekali dengan kehadiran memori yang memiliki clockspeed tinggi, karena selain bisa memberikan dukungan kinerja yang jauh lebih baik, nilai kompabilitas Ryzen 2nd gen kini jauh lebih nyaman untuk semua kalangan. Nah, untuk memilih seri yang pas dengan Ryzen, merk Corsair bisa menjadi pilihan utama, terutama untuk mendongkrak kinerja jauh lebih positif. Itulah mengapa seri Corsair Vengeance RGB Pro 16GB (2 x 8GB) DDR4-3200 bisa menjadi solusi yang jitu.

Pilihan ini selain bisa memberikan kinerja yang hebat, produsen juga meyakinkan pengguna bahwa seri ini memiliki nilai kompabilitas positif untuk seri AMD Ryzen, apalagi kehadiran fitur pencahayaan RGB multi-zona dinamis bisa memberikan nuansa estetika yang jauh memukau. Intinya, memiliki memori ini bisa memberikan dua hal hebat sekaligus, bentuk desain yang keren sekaligus memberikan yang terbaik dalam hal kinerja DDR4.

5. Storage

Ada dua pilihan yang pas untuk membangun sebuah rig yang memiliki tujuan untuk game streaming, yakni kehadiran solusi penyimpanan yang besar dan cepat. Untuk itulah, kombinasi SSD dan HDD tradisional bisa menjadi pilihan yang paling jitu, apalagi semua hal tersebut bisa digabungkan dengan kehadiran teknologi AMD Store Mi.

Untuk urusan SSD, pilihan yang pas mungkin bisa pergi ke seri Samsung 970 EVO NVMe dengan bentuk faktor M.2 dan memiliki kapasitas 250gb. Ini bisa menjadi media penyimpanan sistem hebat dan bisa memberikan kinerja super cepat, bahkan produsen mengklaim bahwa pilihan ini bisa membawa tingkat kecepatan transfer membaca hingga 3400Mb/s. Harga yang ditawarkan juga cukup menggiurkan, yakni sekitar 1.5 jutaan.

Sedangkan untuk pilihan HDD standar, kehadiran Seagate 2TB BarraCuda bisa menjadi solusi penampung file besar kamu dalam satu wadah yang sangat luas. Seri ini bisa memberikan nilai storage yang besar dengan tingkat kecepatan yang cukup hebat hingga 160 MB / s. Produsen juga siap menyajikan dukungan gaaransi hingga 2 tahun.

6. Power Supply

Kehadiran Power Supply (PSU) yang berkualitas akan menjamin semua pasokan listrik ke komponen terjaga dengan baik, terlebih lagi untuk memperpanjang umur semua perangkat hebat kamu didalam rig PC. Untuk itulah, kehadiran Seasonic Focus Plus 750w Gold bisa menjadi pilihan yang pas, baik dari sisi harga maupun nilai fenomenal yang dibawanya.

Streaming PC Guide

Seri ini membawa bentuk desain yang kokoh dengan fitur kabel modular, dan hebatnya, Seri FOCUS + bisa memberikan kombinasi sempurna antara bentuk desain modern dan menunjukkan kinerja listrik yang luar biasa. Seri ini tersedia dalam peringkat efisiensi 80 PLUS® Gold dengan kisaran harga sekitar 1.8 jutaan.

7. Casing

Jika kamu memiliki banyak pilihan komponen yang hebat, maka kehadiran casing yang berkualitas dan membawa makna nilai estetika jauh lebih unggul tentu menjadi pilihan utama. Sehingga, kehadiran NZXT dengan seri H500 bisa menjadi pilihan potensial untuk membawa makna jauh lebih berkesan. Kamu bisa menunjukan kepada dunia bahwa rig PC yang kamu miliki juga sangat ideal dengan nilai estetika nyaman untuk semua orang.

Chassis H500 memiliki Konstruksi baja yang kokoh dan bisa membawa nilai estetika jauh lebih elegan. Selain itu, ia juga mencakup sistem manajemen kabel ikonik untuk merampingkan bangunan dan meningkatkan pendinginan sistem. Intinya, kamu dapat dengan mudah membangun sistem yang kuat dengan banyak pilihan untuk penyimpanan dan pendinginan, seri H500 juga bahkan mencakup dua kipas Aer F * dan panel tempered glass yang memukau.

Kesimpulan

Nah, itu dia 7 pilihan komponen utama untuk membangun sebuah rig yang dikhususkan untuk live streaming, game streaming maupun pembuatan konten. Semua pilihan ini mungkin bisa dibalut dengan maksimal kisaran harga antara 14 jutaan hingga 18 jutaan saja. Namun, semua hal tersebut bisa memberikan potensi yang nyaman untuk semua pekerjaan super berat kamu.

Intinya, dengan hadirnya best budget streaming rig ini, semua hal hebat bisa dilakukan dengan mudah dan cepat, bahkan manfaat nyata akan jauh lebih terasa dengan peripheral hebat lainnya sebagai nilai tambahan. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk follow & like akun resmi media sosial kamu sebagai bentuk dukungan kamu kepada kami. Ciaoo.

 Baca Juga :



Comments
Loading...

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

1 thought on “Streaming PC Guide : 7 Komponen Hebat, Harga Hemat

Comments are closed.