- Built-up PC, Casing PC, Gaming Gear, Hardisk, Kartu Grafis, Monitor, Motherboard, Power Supply, Prosesor, RAM, Tutorial

Upgrade PC Lama Kamu Jadi Hebat Kembali, Begini Caranya

Terkadang kita suka lupa bahwa meng-upgrade PC bisa jauh lebih ideal daripada membeli semua komponen, dan khususnya hal tersebut berlaku bagi mereka yang masih terjebak dalam anggaran ketat. Namun, ada beberapa hal yang perlu kita utamakan dalam pembelian, terlebih untuk menjaga nilai anggaran tidak melebihi apa yang ada didompet kamu.

Tidak semua orang membutuhkan perangkat baru saat membangun rig PC mereka, karena dengan sedikit upgrade, pilihan ini bisa jauh lebih ideal untuk mendapatkan manfaat yang banyak. Jadi, ketika kamu masih menggigit jari saat melihat banyaknya komponen hebat di luar sana, mengupgrade beberapa komponen lama anda dengan pilihan yang pas akan membuat PC lama kamu bisa jadi hebat kembali. Jadi, untuk memastikan semua hal baik-baik saja, kami akan memberikan sedikit panduan saat akan mengupgrade PC lama kamu dibawah ini.

Baca juga : Solusi Jitu Atasi Sistem Windows 10 Yang Lambat Pada PC Atau Laptop

Upgrade PC Lama Kamu Jadi Hebat Kembali, Begini Caranya

Ada banyak pilihan komponen keren diluar sana, namun untuk menentukan pilihan yang pas dan sesuai dengan anggaran kamu, ada baiknya untuk melihat beberapa faktor saat akan mengupgrade PC lama kamu. Beberapa diantaranya adalah :

RAM

Hal yang paling mudah untuk dilakukan hampir semua orang adalah mengupgrade sistem memori menjadi lebih besar. Contohnya, ketika saat ini sistem kamu hanya memiliki memori sekitar 2Gb atau 4GB, menambahkan satu keeping memori akan meningkatkan kinerja sistem. Intinya, dengan menambahkan memori, komputer kamu akan menggunakan data dengan cepat. Sederhananya, tujuan RAM adalah menyediakan akses baca dan tulis cepat ke perangkat penyimpanan.

Upgrade PC

Namun perlu diketahui mengenai jenis memori yang kamu miliki, karena kamu perlu memperhatikan hal ini. Contohnya, Jenis memori DDR4 tidak bisa dipasangkan di slot DDR3 (ataupun sebaliknya), hanya saja kecepatan memori yang berbeda masih bisa dipakai. Tapi, perlu diketahui bahwa sistem akan mengambil kecepatan yang terendah untuk menyelaraskan kinerja antara dua memori yang berbeda. Jadi, pastikan kamu tidak salah dalam pemilihan memori yang pas, pilihlah RAM dengan tipe dan kecepatan yang sesuai, sehingga masalah kompabilitas bisa dihindari.

Kartu Grafis

Ketika semua sistem kamu masih cukup sempurna untuk melakukan banyak pekerjaan, namun masih kurang pas dalam urusan gaming, maka mengupgrade sistem grafis akan memberikan solusi terbaik. Contohnya, saat ini kamu masih memakai pilihan iGPU sebagai pilihan default, maka kehadira dedicated GPU akan memberikan nilai sempurna untuk rig lama kamu.

Ada banyak pilihan kartu grafis yang handal diluar sana, namun kamu tidak usah membeli yang mahal untuk “sekedar” bermain game eSport atau kasual, karena VGA dengan sekitar nilai 1 jutaan juga sudah cukup. Contohnya, Radeon RX 550 atau Geforce GT 1030 akan memberikan solusi terbaik untuk semua permasalah gaming kamu, apalagi pilihan ini masih hangat untuk dibicarakan.

Hanya saja, pengguna awam mungkin masih kurang mengerti mengenai mengenai slot GPU antara PCIe 2.0 dan 3.0. Sederhananya, jika mobo kamu hanya mendukung slot PCIe 2.0, dan kamu berencana untuk mengupgrade GPU dengan slot PCIe 3.0, itu tidak akan menjadi masalah. Kinerja yang nantinya mungkin bukan yang terbaik, namun perbedaan kinerja antara slot 2.0 dan 3.0 tidaklah besar, hanya beberapa % dalam hal pengurangan bandwith.

Prosesor

Upgrade CPU mungkin bisa menjadi komponen yang cukup sulit untuk dilakukan, terutama bagi pengguna awam. Karena ada banyak hal yang perlu dilihat, termasuk juga pada saat pemasangan. Namun, upgrade prosesor akan menjadi langkah terbesar dalam hal kinerja komputasi, yang akan memberikan nilai jauh lebih hebat pada PC lama kamu.

Hanya saja, perlu diperhatikan mengenai masalah kompabilitas, seperti soket, jenis prosesor dan pilihan motherboard. Contohnya, jjka kamu memiliki prosesor Intel Core i3-2120, maka kehadiran prosesor Intel Core i5-2400 akan sangat layak sebagai pilihan upgrade berikutnya, tanpa harus mengganti mobo. Seri ini hadir sebagai produk sandy bridge dengan soket LGA 1155. Pilihan mobo yang kamu pakai masih cocok untuk produk CPU dengan arsitektur yang sama.

Storage

Sistem penyimpanan HDD tradisional mungkin masih terlihat sama, namun jika diperhatikan lebih detail, spesifikasi yang hadir untuk pilihan terbaru bisa jauh lebih cepat dengan kapasitas yang jauh lebih besar. Oleh karena itu, mengupgrade sistem penyimpanan bisa menjadi indikasi kuat sebagai salah satu komponen hebat pada PC lama kamu, apalagi jika kamu mau memilih SSD.

Pilihan penyimpanan biasanya tidak berhubungan dengan masalah kompabilitas, hanya perlu diperhatikan bahwa seri HDD lama dengan yang terbaru bisa memiliki kinerja yang berbeda, apalagi jika dibandingkan dengan SSD. Maka, saran kami adalah hindari pembelian barang second untuk ini, karena performa yang ditawarkan mungkin saja sangat berbeda dengan pilihan yang terbaru.

Power Supply

Power Supply alias PSU bisa menjadi hal yang sangat penting untuk urusan kestabilan daya. Sehingga, mengupgrade PSU yang baik (bukan berarti mahal) akan menjamin nilai stabilitas semua komponan kamu pada rig. Bahkan, kamu tidak perlu memiliki PSU dengan kapasitas besar atau mahal untuk mendapatkannya, karena selalu ada pilihan murah tapi tidak murahan.

PSU berkualitas

Nah, pilihan mana yang idea untuk saya? Ketika sebelumnya kamu memiliki PSU biasa saja, bahkan sangat rentan dalam hal kestabilan, memiliki PSU dengan rating 80+ biasanya merupakan hal terbaik. Salah satu alasannya adalah nilai efisiensi dan daya tahan yang sangat baik. Ada banyak merk diluar sana yang cukup terjangkau, namun pilihlah sesuai dengan kebutuhan kapasitas Watt pekerjaan kamu. Seri PSU antara 450W hingga 500W biasanya cukup baik untuk kaum mainstream dengan pekerjaan kasual, sedangkan seri 600W ke atas biasanya bagi mereka yang membutuhkan daya besar untuk rig mewah.

Casing

Jika kamu menginginkan rig lama terlihat jauh lebih keren dalam urusan estetika, ganti casing lama dengan pilihan yang terbaru. Ada banyak pilihan casing murah dengan bentuk desain yang menarik, namun jika ingin pilihan yang lebih solid dalam urusan materi, memilih produsen yang populer bisa menjadi hal paling ideal untuk memulai. Namun, harga yang ditawarkan mungkin sedikit mahal. Ini tergantung dengan anggaran yang kamu miliki.

Monitor

Jika ruang visual pekerjaaan kamu terbatas pada resolusi, maka mendapatkan monitor yang lebih besar (termasuk resolusi) adalah jawabannya. Jadi, ketika kamu masih memiliki pilihan monitor dengan resolusi HD, maka kehadiran monitor dengan ruang resolusi Full HD akan memberikan pilihan paling jitu, termasuk juga ukurannya. Pilihan ini sangat ideal untuk gaming maupun editing, sehingga jendela terasa jauh lebih luas dan memberikan kenyamanan juga untuk urusan ruang kerja.

Hanya saja, perlu diketahui bahwa tipe monitor itu ada 3 dalam urusan teknologi panel, yakni TN dimana ini memiliki kelebihan dalam harga dan waktu respon yang cepat. Pilihan ini cocok bagi gamer kasual yang memiliki anggaran ketat. Lalu hadir pula tipe panel IPS, dimana ini memiliki kelebihan dalam hal sudut pandang, namun harga yang ditawarkan bisa sedikit mahal. Pilihan ini mungkin sangat cocok bagi editor, meskipun gaming juga masih cukup baik.

Dan terakhir adalah Panel VA, dimana ini mungkin masih memiliki fitur yang sama dengan IPS, namun memiliki keunggulan dalam memberikan ruang tengah yang baik plus tingkat refresh dan kontras yang lebih baik. Tapi, VA memiliki sudut pandang yang lebih buruk dan produksi warna, meskipun umumnya masih lebih baik daripada TN.

Jadi, itulah sedikit panduan yang bisa kami berikan dalam hal meungupgrade PC lama jadi hebat kembali. Kamu bisa memilih secara bertahap mengenai pilihan komponen yang akan disesuaikan dengan budget kamu. Yang pasti, dari semua hal yang telah kami ungkapkan semoga bisa bermanfaat. Jika ada pertanyaan atau hal-hal yang masih menjadi misteri, kamu bisa berkomentar dibawah ini dan kami usahakan untuk membalasnya secepat petir.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat