- Hardware, Laptop, Windows

DELL 3180 Review : Seberapa Hebat Sih Notebook 3 Jutaan Ini?

Jika kamu sedang mencari sebuah notebook hemat dengan harga yang sangat terjangkau, maka kehadiran Dell 3180 bisa menjadi pilihan utama yang cukup layak untuk dipertimbangkan. Seri ini memiliki nilai yang baik dalam hal kinerja, terlebih kehadiran prosesor AMD A9-9420e generasi ke-7 bisa memberikan performa yang cukup handal untuk pekerjaan office sehari-hari.

Dell 3180 hadir sebagai pilihan notebook entry level yang cukup menyenangkan hati para pengguna dengan budget rendah, sekitar 3.7 jutaan. Pilihan ini siap menyajikan nilai standar untuk sebuah notebook office dengan bentuk desain kecil dan memiliki pilihan prosesor AMD A9-9420e. Ada banyak hal yang bisa kami ceritakan pada seri tersebut, dimana akan kami ungkap lebih detail dibawah ini.

 Indeks : 

Dell 3180 Review : Pandangan Umum

SpesifikasiDell 3180
HargaMulai Dari 3.6 Jutaan
ProcessorAMD A9-9420e (2 Core up to 2.5Ghz)
Operating SystemWindows® 10 Home
Memory4 GB, DDR4, 2400 MHz
Video CardIntegrated graphics Radeon R5 Stoney Ridge
Display11.6-inch HD (1366 x 768) Anti-Glare LED-Backlit Display
Audio and Speakers2x tuned speakers; audio processing by Waves MaxxAudio® Pro
1x combo headphone / microphone jack
Hard Drive32GB eMMC Storage
128GB eMMC Storage
500GB 5400 rpm Hard Drive
256GB Solid State Drive
Battery2-Cell Battery, 32 WHr, Integrated
A/C Adapter45 Watt AC Adapter (w/standard graphics)
CameraStandard Widescreen HD (720p) w/ Digital Microphone
Ports1x HDMI v1.4a
1x USB 3.1 Gen 1
1x USB 2.0
1x Headphone/Mic
1x Micro SD card reader (SD/SDHC/SDXC)
SlotsNoble lock security slot
WLAN802.11bgn + Bluetooth 4.0, 2.4 GHz, 1x1
Dimensions20.8mm x 292mm x 196mm (HxWxD)
Weight1.46Kg

Dell 3180 memiliki bentuk desain yang sangat ramping, baik dari sisi beban yang memiliki berat hanya sekitar 1.4kg dan hadir dengan tingkat ketebalan sekitar 1.9cm. Bentuk desain yang simpel dan ramping bisa memberikan dukungan mobilitas yang hebat, apalagi seri ini memiliki beberapa fitur inti yang cukup mendukung kebutuhan pekerjaan kita sehari-hari.

Ada 3 pilihan unik yang bisa memberikan semangat kamu dalam urusan warna, dimana produsen menyediakan pilihan warna Bali Blue, Alpine White atau Foggy Night yang keren. Meskipun, sajian chasiss pada laptop ini sepenuhnya terbuat dari plastik, sehingga kita harus cukup berhati-hati saat membawanya keluar.

Tidak ada sesuatu yang mewah pada laptop ini, namun nilai bentuk desain bisa cukup berarti, apalagi kehadiran layar bisa memberikan sesuatu yang pas dengan ukuran sekitar 11.6” dengan maksimum resolusi hingga 1366 x 768 (HD+) dengan fitur bawaan Anti-Glare LED-Backlit Display.

Layar ini sepenuhnya memiliki panel TN, dimana seri ini memiliki keterbatasan dalam hal sudut pandang, meskipun tingkat display baik dalam urusan brightness maupun kontras cukup baik (mengingat harga yang ditawarkan).

Konektivitas

Untuk urusan konektivitas, Dell membawa beberapa pilihan port yang standar dengan pilihan yang sangat terbatas. Ada dua buah port USB yang berbeda hadir pada laptop ini, yakni sebuah port USB 3.1 Gen 1 yang bisa memberikan kinerja transfer data hingga 10Gbps dan sebuah port USB 2.0 untuk pilihan kasual. Kamu mungkin perlu memerlukan perangkat tambahan untuk bisa menyediakan port lebih untuk semua kebutahan besar kamu.

Dell 3180 Review

Sedangkan sisanya adalah port HDMI untuk kebutuhan konektivitas multi-display, Headphone yang juga bisa berfungsi sebagai port untuk Mic, serta sebuah slot Micro SD card reader (SD/SDHC/SDXC). Tidak ada pilihan port Lan disini, sehingga kekuatan konektivitas secara nirkabel akan menjadi pilihan utama.

Nah, berbicara mengenai WLAN, Dell 3180 hadir dengan pilihan Wi-Fi 802.11bgn, dimana ini bisa menyediakan kebutuhan internet dengan tingkat kecepatan biasa saja, namun cukup mencukupi untuk semua kebutuhan standar kamu. DIsisi lain, ia juga hadir dengana koneksi Bluetooth 4.0 yang akan menyediakan konektivitas extra untuk perangkat wireless kamu.

Keyboard dan Touchpad

Keyboard disisi lain bisa memberikan pengalaman yang berbeda, meskipun sajian laptop 3 jutaan mungkin sepenuhnya sama dalam hal fitur maupun tingkat kenyamanan. Seri ini agak terbatas dalam kegiatan pengetikan yang cukup panjang, bahkan terkadang saya suka agak risih dalam memakai keyboard ini untuk mengetik sebuah artikel hingga 2000 kata.

Itu karena tingkat perjalanan kunci agak terlalu dalam, sehingga bisa memberikan sisi kenyamanan yang kurang. Meskipun, setiap tombol memiliki ukuran yang pas dan bisa memberikan nilai yang cukup ideal secara keseluruhan.

Sedangkan untuk touchpad, area trackpad memiliki luas dengan ukuran sekitar 10cm x5.8cm, dimana terkadang area ini sangat terbatas untuk segala navigasi jari-jemari kita, meskipun fitur clickpad maupun navigasi area berfungsi dengan sangat baik dan cukup nyaman, baik untuk pengarahan pointing dan fitur gesture recognition yang tepat.

Audio & Webcam

Biasanya, laptop seharga 3 jutaan tidak memiliki banyak fitur istimewa didalamnya, termasuk dalam urusan audio. Namun, berbeda halnya dengan Dell 3180 ini, dimana ia bisa menyajikan kekuatan audio yang cukup baik, meskipun masih terbatas dalam suara stereo. Itu tentu karena kehadiran Waves MaxxAudio® Pro yang cukup hebat, terlebih produsen juga memasang dua pilihan Speaker tuning dengan tingkat audio yang cukup keras.

Sedangkan untuk urusan Webcam, seri ini hadir dengan pilihan webcam kasual dengan maksimum resolusi hingga 720p. Semua hal yang ditampilkan pada webcam cukup nyaman untuk dilalui, bahkan semua hal yang kamu tampilkan bisa jelas, terlebih untuk urusan videocall maupun streaming dengan tingkat audio sederhana (tanpa perlu alat tambahan). Tidak ada hal yang kurang pada fitur ini, meskipun sajian yang hadir juga tidak terlalu istimewa. 

Lanjut : Spesifikasi Internal, Performa Baterai & Kesimpulan

 Indeks : 



Comments
Loading...

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat