- Gaming Gear, Kartu Grafis, Monitor, Tutorial

Mengapa Sih Frame Rate Tinggi Penting Banget Buat Game Kompetitif? Simak Alasannya Disini

Dari semua hal yang berpengaruh dalam dunia gaming kompetitif, frame rate tinggi jadi salah satu alasannya. Pertanyaannya, mengapa frame rate tinggi bakal ngaruh banget buat kenyamanan bermain atau bahkan dukung kemenangan di setiap pertandingan?

At least, beberapa alasan kami dibawah ini bisa menjadi pemacu semangat kalian untuk bisa memahaminya jauh lebih berarti.

Baca juga : Ketahui Lebih Pasti Sebelum Beli SSD : Jenis NAND Flash Antara SLC, MLC & TLC

Apa Sih Frame Rate itu?

Frame rate itu sendiri bisa dibilang sebagai jumlah “bingkai” yang dihadirkan pada display setiap detiknya (Fps -> frame per second). Misalnya, pada 30 fps, akan ada 30 gambar berbeda yang muncul berturut-turut dalam satu detik. Jika fps terlalu rendah, gerakan akan terlihat sangat kaku.

Nyatanya, istilah ini enggak cuman hadir pada gaming pc aja, namun juga berlaku seperti pada film ataupun kamera video termasuk juga konsol. Dan biasanya, penetapan nilai Fps tergantung pada kehadiran hardware PC yang dibawa, khususnya VGA, meskipun prosesor juga bisa berpengaruh, tapi tidak sebesar perangkat tersebut.

Disinilah, frame rate tinggi akan menjaga setiap gerak dinamis dalam permainan bisa terasa lebih responsif. Intinya, semakin tinggi bisa semakin baik. Mengapa begitu? Ketika film lebih pada pengalaman saat menonton, maka gaming lebih menetapkan nilai lebih pada respon, khususnya antara pengguna dengan game itu sendiri.

Frame Rate

Itu karena mereka mendapatkan pengalaman secara langsung dengan interaksi pada game yang dimainkannya. Bayangkan saja, ketika framerate disamakan dengan apa yang hadir pada Film misalnya seperti 30Fps, maka gamer hanya akan merasakan satu arah dengan respon yang agak kurang menyenangkan untuk dilalui.

Beda halnya ketika frame rate yang hadir jauh lebih tinggi dengan penetapan paling ideal berada diatas 60. Interaksi yang didapatkan melalui respon tinggi dari setiap framerate pada game yang dibawa akan jauh lebih nyaman, bahkan bisa mendukung aksi terbaik pengguna untuk bisa bergerak cepat dari satu tempat ke tempat yang lainnya.

Nah, inilah mengapa frame rate tinggi bisa juga menjadi alasan lain gamer professional bisa memetik banyak kemenangan penting di setiap pertandingan. Karena dengan tingkat respon yang tinggi di setiap bingkai yang hadir, mereka bisa memaksimalkan gerak cepat untuk menghindar atau melakukan langkah efektif agar bisa bertahan atau menjatuhkan pemain lain dalam pertandingan kompetitif, seperti battle royale atau game berbasis Fps.

Perangkat Apa Saja Yang Bisa Memaksimalkan Frame Rate?

VGA dan monitor boleh dikatakan sebagai combo solid yang bisa menyeimbangkan sajian frame rate tinggi bisa terjaga dengan baik. VGA menjadi backbone bagaimana setiap gerak gambar pada game  bisa dihasilkan dengan baik. Pilihan untuk pergi boleh apa saja, selama bisa memenuhi syarat minimum spesifikasi yang ditawarkan untuk game itu sendiri.

Namun yang terpenting adalah pilihan paling optimal sebagai rekomendasi utamanya. Contoh, ketika VGA entry level hanya bisa memberikan nilai Fps terbatas pada game unggulan, maka pilihan paling ideal berada di seri mid-range, seperti GTX 1660 SUPER yang ditawarkan dari Nvidia. Seri ini pastinya solid untuk dongkrak semua wibawa setiap Fps yang hadir bisa sangat tinggi, khususnya di level 1080p, apalagi untuk game berbasis Fps atau battle royale.

Frame Rate

Sedangkan monitor boleh dikatakan sebagai alat penyempurna untuk mendukung aksi terbaik gamer. Karena selain memiliki fungsi utama untuk menghadirkan setiap nilai visual, fungsi extra lainnya adalah mampu memenuhi kebutuhan tinggi yang ditawarkan VGA. Tapi perlu dicatet nih, hanya monitor gaming dengan refresh rate ideal yang bisa memenuhi semua kebutuhan tersebut, seperti TUF Gaming VG249Q.

Refresh rate itu sendiri dibilang sebagai atribut monitor tentang seberapa cepat per detik display bisa menyegarkan gambarnya. Karena gerakan yang hadir di monitor ditampilkan oleh perbedaan antara frame, kecepatan refresh secara efektif akan menempatkan laju bingkai yang terlihat.

Frame Rate

Refresh rate tinggi tentu akan menyempurnakan nilai Fps yang bisa dibawa melalui kartu grafis. Semakin tinggi bisa semakin sempurna, karena selain akan memberikan ruang respon yang baik untuk gamer, refresh rate tinggi juga bisa menjadi solusi yang biasa hadir gara-gara keterbatasan layar tidak bisa memberikan ruang extra yang ditawarkan VGA saat framerate sedang berada dalam kondisi terbaiknya.

Kesimpulan Awal

Jika kalian seorang gamer yang serius, bermain di monitor berkualitas dengan FPS yang dioptimalkan melalui VGA yang solid merupakan keharusan mutlak. Kalau tidak, lawan mungkin saja bisa melihat lebih cepat dan meninggalkan kalian dalam debu, sementara gangguan dan screen tearing yang membuat frustrasi akan memisahkan perbedaan antara kemenangan dan kekalahan.

Dengan kecepatan frame rate rendah, gamer bisa mengalami kualitas video yang berombak atau jeda besar saat streaming langsung. Nah, Jika monitor tidak dapat mengikuti grafik permainan video, itu mungkin menggandakan atau tiga kali lipat frame tertentu dalam umpan video, yang menciptakan efek visual akan terasa lambat pada display.

Ini mungkin bukan masalah besar bagi para gamer yang belum serius, tetapi jika kalian ingin mencoba mencapai liga-liga besar, satu kesalahan dapat mengirim tim ke peringkat paling bawah. Gamer sejati tahu pentingnya memiliki frame rate yang tinggi.

 Baca Juga :



About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat