- Gaming Gear, Monitor, Tutorial

Gini Cara Aktifin Refresh Rate Tertinggi Pada Monitor Gaming Kalian

Selalu ada pertanyaan dalam benak kita pada sebuah fitur yang ada di perangkat, misal monitor gaming. Salah satunya adalah gimana sih cara aktifin refresh rate sesuai dengan apa yang di iklanin maupun spesifikasi monitor gaming tersebut. Misalnya ketika kalian punya perangkat yang dukung refresh rate hingga 240Hz seperti AORUS KD25F dari Gigabyte, gimana sih cara aktifinnya?

Pada dasarnya ini adalah pertanyaan umum, bahkan terkadang kita suka lupa bahwa selalu ada pengguna baru diantara kita. Dan mereka semakin penasaran ketika tampilan monitor hanya menunjukan spesifikasi default hingga mencapai 60 atau 120Hz saja. Padahal, refresh rate bisa ngaruh banget buat kelancaran gameplay bisa terasa jauh lebih responsif. Apalagi jika pada dasarnya kalian udah punya kartu grafis high-end dengan Fps bisa diatas 200.

Baca juga : Gigabyte Resmi Umumkan Jajaran Motherboard B550 AORUS, Banyak Fitur Hebat Siap Menanti

Jawabannya sangat sederhana, gampang kok. Beberapa langkah ini bisa kalian coba untuk mengaktifkan potensi maksimum refresh rate yang bisa dibawa monitor gaming kalian. Dan sebenernya, ada beberapa langkah yang berbeda, dimana kalian bisa memakai Driver kartu grafis kalian seperti Nvidia Control panel, cuman terkadang masih ada keterbatasan.

Cara Aktifin Refresh Rate

Cara paling mudah justru lewat pengaturan Windows itu sendiri, dimana kali ini kami memakai Windows 10 untuk memulai.

  • Ok, pertama hal yang perlu kalian lakukan adalah pergi ke Windows Settings dan pilih opsi System.

  • Kemudian lihat dibagian Display, klik opsi Advanced Display Settings dibagian paling bawah.

  • Di bagian ini, klik opsi Display Adapter For Display 1 (kalian juga bisa atur pilihan monitor kedua untuk aktifin hal serupa).

  • Setelah itu, klik pilih Monitor. Disini, kalian bisa atur pilihan refresh rate tertinggi dari apa yang bisa ditawarkan monitor gaming kalian. Misal kami pake AORUS KD25F dengan maksimum refresh rate hingga 240Hz, maka opsi tersebut akan muncul.

Cara Aktifin Refresh Rate

  • Klik Apply dan OK. Monitor akan berkedip beberapa saat, dan setelah itu kalian udah bisa memakai perangkat dengan refresh rate tertinggi sesuai dengan harapan.

Perlu dicatat juga nih, buat aktifin refresh rate tinggi diatas 120Hz atau diatas 144Hz, kalian perlu kabel monitor DP1.2 atau HDMI 2.0. Nah, itu dia sekilas tutorial kami kali ini. Mungkin banyak dari kalian sudah mengetahuinya, tapi selalu ada pengguna baru diantara kita. Jadi, semoga bermanfaat ya!!

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat