- Prosesor, Tutorial

Tips : Cara Maksimalin PC Ryzen Kamu Jauh Lebih Nendang

Jika kalian berencana bangun PC berdasarkan prosesor AMD Ryzen (atau bahkan sudah memilikinya), ada beberapa hal yang bisa ideal banget buat maksimalin kinerja sistem jauh lebih efektif. Tentu, itu pastinya bisa menunjang semua pekerjaan kamu bisa terasa nyaman.

Mau tau lebih? simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : Gigabyte Luncurkan Mobo Terbaru Z490 AORUS ULTRA G2 – Pilihan Premium Untuk Gamer Modern

Tips : Cara Maksimalin PC Ryzen Kamu Jauh Lebih Nendang

Sebelum kamu kamu pergi terlalu jauh, hal pertama buat PC Ryzen kamu makin nendang adalah beli komponen extra yang tepat, khususnya buat urusan memori. Ryzen tuh suka banget sama pilihan memori tinggi, karena kinerja yang ditawarin bisa jauh lebih efektif. Idealnya sih kalian harus punya RAM dengan kecepatan 3200Mhz ke atas. Tapi kalo budget yang kalian miliki terbatas, pilihan 2666Mhz keatas bisa cukup solid.

 

Ada banyak alasan mengapa memiliki memori tinggi bisa dongkrak kinerja yang lebih cepat, tentu karena RAM pada dasarnya jadi salah satu komponen penting agar semua hal bisa tercapai sesuai dengan yang kalian inginkan, apalagi jika kalian memiliki prosesor Ryzen G Series yang punya grafis bawaan sendiri.

Nah, hal berikutnya adalah atur pengaturan memori terlebih dahulu sebelum kalian lanjutin ke sistem. Karena ketika kalian memiliki memori tinggi, seberapa cepat yang bisa ditawarkan ketika belum diaktifkan fitur OC-nya, perangkat tersebut masih memiliki pilihan default.  Jadi jika kalian memiliki RAM dengan speed 3200Mhz misal, itu enggak akan langsung pergi ke kecepatan tersebut, namun masih memiliki pilihan default, biasanya sih antara 2133Mhz hingga 2400Mhz.

Jadi, kalian harus atur dulu lewat bios. Caranya pun sebenernya cukup mudah, dimana kalian hanya perlu aktifin XMP, jangan pilihan default atau Auto. Rata-rata mobo modern udah dukung fitur OC otomatis ini, jadi kalian enggak harus ngalamin banyak hal rumit buat aturnya, cuman beberapa klik saja.

Bagaimana dengan overclocking? Pada dasarnya jika kalian sanggup membawa speed prosesor ke pilihan yang jauh lebih tinggi, maka kinerja bisa jauh lebih solid. Cuman, terkadang pilihan default sudah sangat mencukupi, apalagi Ryzen gen 3 hari ini udah punya fitur yang terus mendekati performa maksimum. Dan terkadang, banyak orang enggak mau ribet dalam urusan tersebut, apalagi buat pemula, apalagi OC butuh pendinginan extra.

Dan ngomongin tentang pendinginan, jika kalian pengen fitur yang terasa lebih hening dan kinerja masih tetap berada dalam kondisi terbaiknya walaupun udah dipake lama, maka punya pendingin ketiga dari produsen lain, apalagi jika pilihan tersebut adalah AIO, maka performa PC Ryzen kamu bisa terasa sangat efektif.

Disamping itu, Ryzen punya fitur XFR, yang artinya bahwa ketika prosesor tersebut jauh lebih memadai untuk kinerja lebih, maka CPU nawarin bonus clockspeed tambahan, apalagi jika prosesor yang kalian miliki adalah seri X. Extra clockspeed tentu bisa jadi sesuatu yang berharga untuk kinerja yang semakin nendang bukan?

Lalu ada urusan storage, dimana ini sangat penting sekali buat jaga prosesor kamu tetap solid saat terus bekerja dengan kondisi terbaiknya. Disinilah, kehadiran SSD wajib menjadi penyeimbang dari apa yang bisa ditawarkan prosesor untuk kemudahan banyak hal, termasuk penunjang alat produktivitas maupun kegiatan gaming bisa terasa makin seru untuk dilalui. Entah kalian pilih SSD standar ataupun NVMe, keduanya udah bisa nawarin kinerja yang sangat baik untuk menunjang performa extra yang ditawarin prosesor.

Terakhir adalah motherboard, yang nyatanya jika pilihan mobo kalian tepat sesuai dengan kebutuhan, maka kinerja yang ditawarin PC Ryzen kamu bisa bener-bener jauh lebih menyenangkan untuk dilalui. Biasanya, mobo yang baik punya fitur extra buat maksimalin prosesor maupun maintenance performa tetep solid.

Cuman jika kalian pengen pilihan terbaik, tentu harga tidak datang dengan murah. Hanya saja jika kalian enggak keberatan dengan harga dan punya budgetnya, pilihan yang ideal hari ini adalah platform X570. Mobo tersebut punya banyak hal yang bisa ngasi performa meyakinkan buat ngangkat prosesor Ryzen kamu jauh lebih seru, termasuk bawa dukungan teknologi masa depan seperti PCIe Gen 4.0 Namun jika kalian punya anggaran terbatas, seri B450 atau jika sudah tersedia, B550 bisa jadi solusi pastinya. Pilihan ini bahkan masih dukung prosesor Ryzen berikutnya. Jadi ketika udah tersedia, kalian enggak usah lagi beli mobo baru buat upgrade.

Jadi, itu dia beberapa tips yang bisa kalian pertimbangin, meskipun kami rasa ada beberapa hal lainnya yang bisa menjadi pendamping sempurna buat PC Ryzen kamu bisa jauh lebih berharga saat bekerja penuh. Namun yang pasti, semoga bermanfaat!!

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat