- Android, Smartphone, Tutorial

Gini Cara Mudah Atasi Storage Yang Kepenuhan Pada Ponsel Android  

Pusing Storage Yang Kepenuhan Pada Ponsel Android kalian? apalagi jika kalian hanya mengandalkan penyimpanan internal sebagai pilihan utamanya. Disamping itu, kehadiran external storage terkadang enggak memberikan solusi berarti.

Jangan khawatir, kali ini akan kita tunjukan solusi bagaimana untuk mengatasinya. Bahkan kalian enggak perlu perangkat atau software ketiga untuk memulainya. Penasaran? Lihat selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : Gini Cara Mudah Ngurangin Size Gambar PNG Tanpa Merubah Kualitasnya

Gini Cara Mudah Atasi Storage Yang Kepenuhan Pada Ponsel Android  

  • Ok, hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah pergi ke pengaturan atau Setting, lalu pilih opsi “Additional Setting” atau “Pengaturan tambahan”.

Storage Yang Kepenuhan

  • Lalu pilih opsi Storage Atau Penyimpanan.
  • Pada bagian ini, kalian bisa langsung klik opsi Clean Storage untuk pembersihan secara aman, dan pilih Clear All.

Storage Yang Kepenuhan

  • Dan jika itu masih belum cukup, kalian bisa hapus cache data pada setiap aplikasi. Contohnya aplikasi Facebook, meski resikonya kalian mungkin perlu login kembali ke aplikasi tersebut, termasuk beberapa data foto atau file unduhan akan hilang.

Storage Yang Kepenuhan

  • Dan jika itu masih belum cukup, kalian juga bisa menghapus data semua cache aplikasi yang ada, dengan resiko sama dengan apa yang saya sampaikan sebelumnya. Caranya, pergi ke opsi Storage, kemudian klik Clean Storage, dan pilih opsi All App Cache Data.

Storage Yang Kepenuhan

  • Disamping itu juga kalian bisa membersihkan foto, video atau bahan audio yang enggak diperlukan pada bagian Clean Storage.

Storage Yang Kepenuhan

Nah, cara lain yang juga efektif untuk mencegah storage kamu kepenuhan adalah memindahkan penyimpanan foto atau video langsung ke SD Card supaya storage internal kalian enggak kepenuhan. Caranya :

  • Pergi ke pengaturan atau Setting, lalu klik opsi System Apps atau Aplikasi Sistem.

Storage Yang Kepenuhan

  • Kemudian klik opsi Camera.
  • Pada bagian ini, lihat bagian Save to SD Card Preferred atau Simpan ke Kartu SD Diutamakan.

Storage Yang Kepenuhan

  • Aktifkan fitur ini sampai tombol hijau menyala dan kalian udah siap untuk menyimpan semua hasil foto atau video kalian langsung ke SD Card, yang tentunya enggak bakalan bikin storage internal kepenuhan terus gara-gara sering selfie.

Itu dia sekilas tutorial mengenai solusi untuk mengatasi storage internal yang kepenuhan pada ponsel Android, termasuk juga untuk mencegahnya. Semoga bermanfaat!!

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat