- Gaming Gear, Hardware, Motherboard

ASUS ROG Crosshair VIII Hero (WI-FI) Preview : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

ASUS ROG Crosshair VIII Hero (WI-FI), motherboard X570 terbaru yang punya sejuta pesona menyenangkan ini bisa jadi pilihan seru kalian saat akan membangun PC High-end yang powerful. Apa yang bisa jadi sisi unggulan mobo tersebut adalah banyaknya fitur menarik, port konektivitas yang lengkap, stabilitas sistem bisa tercapai dengan mudah, bahkan produsen udah menyediakan Wi-Fi 6.

Penasaran dengan apa yang bisa ditawarkan oleh motherboard tersebut? Lihat selengkapnya melalui preview dibawah ini.

Baca juga : ASUS TUF Gaming X3 RX 5700 XT OC Edition Review : Performa Gaming 4K Masih Worth Banget

ASUS ROG Crosshair VIII Hero (WI-FI) Preview : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

Spesifikasi Inti ROG Crosshair VIII Hero (WI-FI)
Socket / CPU AM4
Form Factor ATX
Memory Slots 4
Memory Speed Up to DDR4 4800Mhz (OC)
Memory Type DDR4 Up to 128GB DDR4
Color Black
Chipset AMD X570
SLI/CrossFire 2-Way SLI Capable
CrossFire Capable
PCI-E x16 Slots 3
PCI-E x1 Slots 1
Onboard Ethernet 1 x 2.5 Gbit/s
1 x 1000 Mbit/s
SATA 6 Gb/s 8
M.2 Slots 2
Onboard USB3.0 Headers Yes
Wireless Networking 802.11a/b/g/n/ac/ax
Harga Rp7.800.000

Barisan motherboard X570 merupakan solusi ampuh bagi konsumen yang menginginkan banyak hal untuk mendukung segala pekerjaan besar mereka. Bukan tanpa alasan, namun mobo X570 memiliki segalanya, mulai dari sisi konektivitas, port USB, bentuk desain yang lebih mewah, dukungan komponen yang lebih banyak, ruang oc yang lebih luas, dan terakhir adalah dukungan PCIe4.0 terbaru.

ASUS ROG Crosshair VIII Hero

Nah, ketika kalian sedang mencari pilihan ultimate yang hebat, maka ASUS ROG Crosshair VIII Hero (WI-FI) tentu sangat layak untuk dipertimbangkan. Apa yang menjadi layar utama yang ditawarkan oleh mobo ini adalah 16 power stages VRM, on-board Wi-Fi 6 (802.11ax), OptiMem III, solusi LAN hingga 2.5 Gbps plus dukungan Aura Sync RGB lighting, termasuk header RGB dan header RGB Gen 2 yang juga lengkap.

Dengan memiliki bentuk faktor ATX  dan ukuran sekitar 30.5cm x 24.4cm, kalian bisa memasangnya pada hampir setiap casing mid-tower. Sisi estetika tentu sangat menarik, dimana seri ini hadir dengan fitur full armor premium yang juga punya manfaat tersendiri untuk memberikan perlindungan extra untuk mobo.

Produsen juga mengatakan bahwa Crosshair VIII Hero memiliki desain termal komprehensif melalui Heatsink chipset yang aktif, heatsink aluminium M.2, dan Zona Pendinginan ROG. Nilai efektif untuk memberikan solusi hebat dalam sisi pendinginan tentu saja bisa menjadi sajian menarik yang dibawa mobo tersebut secara utuh.

Dan kehadiran pilihan komponen berkualitas pada mobo ini bisa menyempurnakan sajian bentuk desain yang ditawarkan produsen, termasuk memberikan ketahanan daya yang jauh lebih efektif dan tahan lama. Contohnya, mobo ini memiliki solusi daya yang dirancang dengan 14 + 2 IR3555 PowIRstages, konektor daya ProCool II, microfine alloy chokes dan 10K kapasitor logam hitam buatan Jepang yang terkenal sangat tangguh.

Spesifikasi

Untuk membuatnya terasa semakin berkesan, ASUS memberikan banyak hal yang bisa dongkrak kinerja komponen jauh lebih bermanfaat bagi pengguna. Hadirnya fitur canggih dan lengkap tentu menjadi suguhan yang sangat baik, meski kalian perlu mengeluarkan cukup banyak anggaran untuk memilikinya.

Pertama adalah sisi konektivitas port USB, dimana ada total 14 port USB yang terbagi menjadi 1 x USB 3.2 Gen 2 untuk bagian front panel via konektor, 4 x port USB 3.2 Gen 2, 6 x port USB 3.2 Gen 1 dan 4 x port USB 2.0.

Sementara untuk sisi konektivitas secara nirkabel, solusi unggulan Bluetooth 5.0 maupun Intel Wi-Fi 6 AX200 yang mendukung bandwidth saluran HT20 / HT40 / HT80 / HT160 tentu menjadi pilihan terbaik untuk hari ini ataupun masa depan. Apalagi seri ini punya fitur 2 x 2 Wi-Fi 6 (802.11 a / b / g / n / ac / ax) dengan MU-MIMO, yang artinya bahwa itu bisa memberikan pita frekuensi ganda antara  2.4 maupun 5GHz dengan kecepatan transfer hingga 2,4Gbps.

Sedangkan untuk konektivitas secara kabel, hadirnya Realtek® RTL8125-CG 2.5G LAN tentu akan menjadi solusi tersendiri bagi pengguna yang memiliki koneksi internet cepat dan membutuhkan komponen terbaik buat memaksimalkan kinerja.

Urusan memori juga bisa menjadi yang terbaik, dimana ASUS ROG Crosshair VIII Hero hadir dengan 4 DIMM dengan dukungan kecepatan memori hingga 4800Mhz (OC), termasuk hingga kapasitas 128GB DDR4.

Multi GPU juga bisa disajikan bersama mobo ini, termasuk teknologi 2-Way SLI dari Nvidia, ataupun up to 3-Way CrossFireX™ dari AMD.  Dan bicara mengenai slot ekspansi PCIe, kalian bisa mendapatkan total PCIe hingga 4 slot, termasuk 2 x PCIe 4.0 x16 (x16 or dual x8), 1 x PCIe 3.0 x16 (x8 mode) dan 1 x PCIe 4.0 x1.

ASUS ROG Crosshair VIII Hero

Ada fitur khusus yang dibawa motherboard ini saat kalian memiliki masalah dalam sistem, yang tentu saja bakal memudahkan cara yang lebih efektif untuk atasi banyak masalah yang biasa terjadi, seperti kehadiran tombol untuk Clear CMOS dibagian belakang, tombol USB BIOS FlashBack, tombol Safe Boot dan tombol ReTry.

Dukungan untuk solusi pendinginan lengkap juga bisa hadir melalui mobo tersebut tanpa harus membeli lagi perangkat extra. Ada total 9 port untuk fan konektor, termasuk empat RGB diantaranya hadir sebagai RGB Strip header.

Sedangkan untuk dukungan storage, ada total 8 port sata 6GB/s dan hingga 3 slot M.2 SSD dengan tipe 2242/2260/2280, dimana tidak semua slot tersebut mendukung kinerja PCIe 4.0. Hanya satu dibagian paling atas dekat prosesor yang mendukung hal tersebut.

Audio & Software Extra

Urusan kualitas audio yang bisa ditawarkan oleh ASUS ROG Crosshair VIII Hero (WI-FI) juga cukup seru untuk diungkap. Hadirnya ROG SupremeFX 8-Channel High Definition Audio CODEC yang punya banyak fitur canggih menjadi layar utama bagi pengguna yang menginginkan kualitas audio terbaik.

Intinya, fitur Audio yang ditawarkan oleh ROG SupremeFX 8-Channel High Definition Audio CODEC bisa memberikan banyak hal hebat, termasuk dukungan untuk Sonic Studio III + Sonic Studio Virtual Mixer, DTS® Sound Unbound dan masih banyak hal seru lainnya.

Sedangkan untuk urusan software, paket lengkap bisa memberikan sesuatu yang menarik, meskipun terkadang hanya beberapa pilihan saja yang bisa membawa manfaat besar, termasuk Armoury Crate, Gamefirst V Network Control, Sonic Studio III, AURA SYNC dan RAM Cache III.

Simpulan Awal

ASUS ROG Crosshair VIII Hero (WI-FI) tentu saja sangat layak untuk kalian pertimbangkan, apalagi jika kalian pengen memaksimalkan kinerja sistem berbasis AMD Ryzen terbaru jauh lebih efektif. Hadirnya beberapa sisi unggulan seperti port konektivitas yang lengkap, Wi-Fi 6 yang superior, kualitas komponen yang handal dan untuk kinerja overclocking merupakan sajian yang benar-benar seru untuk tidak dilewatkan.

Cuman, harga yang ditawarkan tentu cukup mahal, dimana mobo ini hadir dengan nilai harga sekitar 7.8 jutaan. Disamping itu, kalian tentu perlu memiliki perangkat extra atau kebutuhan extra untuk membuatnya semakin sempurna.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat