- Berita Terbaru, Cooler, Prosesor

ProArtist Luncurkan Braket CPU Extra Untuk Soket AM4, Solusi Masalah Prosesor Yang Sering “Nempel” Saat Heatsink Dilepas

Pernahkah kalian mengalami masalah CPU ikut terlepas saat kalian mencabut heatsink? Khususnya untuk prosesor AMD, termasuk seri Ryzen di soket AM4? Ini menjadi masalah umum pengguna, terlebih lagi AMD sudah lama memakai desain PGA (pin grid array) pada jajaran chip mereka.

Untungnya, ada solusi yang ditawarkan Pabrikan Cina ProArtist, dimana mereka menyebutnya sebagai braket pemasangan CPU IEF2 AM4. Braket menggantikan perangkat pemasangan yang biasa disertakan pada motherboard, kemudian braket tersebut ditambahkan untuk mencegah tercabutnya prosesor saat heatsink dilepas.

Baca juga : Ketahui Kunci Spesifikasi & Budget Sebelum Memilih VGA Yang Ideal

Hasilnya, prosesor tidak akan mudah rusak saat pengguna melepas CPU Cooler mereka, karena masalah tercabutnya prosesor tidak akan lagi terjadi. Berkat braket extra tersebut, ini tentu akan mempermudah masalah yang biasa dialami pengguna.

Braket CPU Extra Untuk Soket AM4

Pertanyaannya, apakah ini akan tersedia di negara kita? Menurut Techpowerup, Braket pemasangan CPU IEF2 AM4 hanya tersedia di negeri tiongkok dengan harga kurang dari 5 USD atau sekitar 72 ribu rupiah. Kehadiran perangkat extra ini tentu bisa jadi solusi pasti bagi kalian yang seringkali mengalami masalah tersebut.

Braket CPU Extra Untuk Soket AM4

Nah, sebenernya kalian bisa terhindar masalah tersebut jika melihat panduan yang diterbitkan AMD secara online. Intinya, proses pencabutan heatsink idealnya“ harus diputar searah atau berlawanan jarum jam”. Ini untuk melonggarkan segel antara heatsink dan tutup CPU, sehingga masalah tercabutnya prosesor bisa terhindari.

Cuman terkadang banyak pengguna belum mengetahuinya secara pasti. Jadi, jika kalian mengalami masalah tersebut, kalian bisa mencobanya sesuai arahan tim merah, atau mendapatkan braket extra yang ditawarkan ProArtist untuk solusi terbaiknya. Meskipun, kalian mungkin harus membelinya jauh ke negeri Tiongkok, secara online tentunya (atau bisa aja titip temen :P).

 Baca Juga :



About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat