Begini Cara Milih Monitor Gaming Yang Baik & Ideal Sebelum Membelinya

Begini Cara Milih Monitor Gaming Yang Baik & Ideal Sebelum Membelinya

Ketika udah punya PC rig yang super keren dan bisa memberikan nilai Fps nyaman, maka memiliki monitor gaming tentu wajib kalian dapatkan untuk mendapatkan pengalaman terbaik dan potensi maksimum dari PC kalian. Pertanyaannya, gimana sih cara milih monitor gaming yang baik dan ideal buat kalian?

Beberapa faktor yang bakal kami jelaskan bisa jadi bahan pertimbangan kalian sebelum mendapatkan pilihan yang cocok dan sesuai dengan harapan. Jadi, untuk lebih jelasnya, simak selengkapnya di bawah ini.

Baca juga : Masih Bingung Nentuin Pilihan Antara SSD Biasa Atau NVMe? Baca Dulu Artikel ini

Begini Cara Milih Monitor Gaming yang Baik

Semakin banyak pilihan monitor gaming seru hari ini, terlebih lagi kalian bisa mendapatkannya dengan nilai harga yang lebih terjangkau, termasuk varian baru yang lebih segar dengan banyak fitur menarik. Cuman, satu hal yang masih menjadi kendala banyak dialami pengguna, gimana sih cara milih yang tepat dan bisa sesuai harapan kamu?

Sebenernya hal tersebut cukup gampang dilalui jika kalian melihat beberapa faktor dasar tentang pentingnya sebuah monitor dan ideal, yaitu :

1. Budget

Pertama yang tentu saja bisa dibilang sebagai langkah awal yang perlu kalian pertimbangkan adalah penentuan budget. Karena ketika kalian belum menentukan budget, tentu pilihan yang hadir semakin rumit dan bisa jauh dari harapan utuh kalian. Mengapa begitu? Setidaknya dengan mematok budget, kalian sudah bisa menyaring beberapa pilihan yang pas dan menghindari harga yang jauh melebihi anggaran yang sudah ditentukan.

Cara Milih Monitor Gaming

Pertanyaannya, berapa pengeluaran minimum yang perlu saya keluarkan? sebenernya kalian enggak usah memaksa budget besar untuk memulai, karena dengan budget minimum kisaran 1 sd 2 jutaan juga sudah cukup. Cuman, kalian jangan berharap lebih karena batasan budget tersebut biasanya dikhususkan untuk monitor gaming entry level. Kemudian budget diatas 2 sd 7 jutaan bisa dibilang sebagai pilihan mid-range dengan banyak fitur menarik. Namun jika kalian memiliki anggaran di atas 7 jutaan, maka pilihan ini bisa menjadi terbaik, meskipun PC hardware kalian tentu harus mendukungnya. Bener kan?  

2. Panel

Kemudian faktor lainnya yang cukup penting untuk dipertimbangkan adalah pilihan panel, dimana monitor gaming secara utuh memiliki beberapa pilihan tipe panel, dimana dua istilah diantaranya cukup umum untuk dikenal, yaitu IPS maupun TN.

Cara Milih Monitor Gaming

Panel TN bisa dibilang ideal bagi mereka yang memiliki budget terbatas atau bagi mereka yang menginginkan tipe monitor cepat dan biasanya memiliki waktu respon yang rendah, dimana itu tentu sangat bagus buat gaming yang kompetitif. Cuman, TN memiliki keterbatasan dalam hal ruang visual, termasuk tingkat reproduksi warna yang enggak terlalu baik dibanding panel IPS.

Disisi lain, Panel IPS bisa dibilang sangat ideal bagi mereka yang menginginkan nilai visualitas warna jauh lebih baik, termasuk sudut pandang yang lebih luas. Sayangnya, harga yang ditawarkan pada monitor gaming berbasis panel IPS biasanya lebih mahal, termasuk latency yang tinggi, kurang ideal untuk jenis permainan yang butuh aksi cepat.

3. Refresh Rate

Lalu ada faktor Refresh Rate, dimana penentuan refresh rate bisa mempengaruhi perangkat visual saat bermain game. Biasanya, semakin tinggi refresh rate yang hadir pada sebuah monitor gaming, maka perangkat tersebut bisa dukung permainan yang terasa lebih responsif atau lebih halus. Standar monitor gaming dengan budget murah biasanya memiliki refresh rate di bawah 75hz. Pilihan ini bisa cukup jika kalian memiliki perangkat kasual, misal cocok untuk dukung kartu grafis entry level atau menengah yang bisa memberikan nilai Frame per second tidak terlalu tinggi.

Cara Milih Monitor Gaming

Sedangkan jika kalian memiliki PC mid-range keatas atau bahkan high-end, tentu kalian wajib beli monitor extra yang dukung refresh rate tinggi di atas 120Hz, apalagi jika kalian menginginkan pengalaman visual terbaik maupun gaming yang lebih kompetitif.

4. G-Sync atau FreeSync?

Kemudian hadir pula istilah yang seringkali hadir dalam pilihan spesifikasi sebuah monitor gaming, entah itu mendukung G-Sync atau FreeSync. Pada dasarnya, kedua teknologi ini dirancang untuk kelancaran gameplay, mengurangi lag input, dan mencegah screen tearing atau layar yang seolah tampak robek.

Nvidia G-Sync diaktifkan dengan menyertakan chip saat memproduksi monitor, sedangkan FreeSync menggunakan fungsi kartu grafis untuk mengelola kecepatan refresh monitor dengan menggunakan standar Adaptive Sync, dimana ini dibangun ke dalam standar DisplayPort.

Cara Milih Monitor Gaming

Namun, perbedaan paling nyata hadir dari sisi kinerja, dimana beberapa pengguna telah mencatat bahwa kehadiran monitor FreeSync tampaknya belum secara efektif mengurangi masalah screen tearing maupun stuttering, meskipun hari ini tampaknya semakin jauh lebih baik. Selain itu, beberapa monitor dengan dukungan FreeSync memiliki masalah lain, yakni Ghosting. Saat objek bergerak di layar, mereka meninggalkan sedikit gambar dari posisi terakhir mereka seperti bayangan. Ini adalah artefak yang sebagian orang sebenarnya tidak diperhatikan sama sekali.

Disisi lain, G-Sync juga sebenarnya bukan tanpa masalah, karena beberapa pengguna melaporkan bahwa mereka yang memakai dukungan ini mulai menderita ketika framerate tidak konsisten dalam upaya untuk singkronisasi refresh rate. Meskipun, G-Sync jauh lebih konsisten dalam mengatasi masalah  flickering dan biasanya ia bisa mengkompensasi untuk memperbaikinya, kecuali ada pengecualian.

Pertanyaannya, pilihan mana yang pas buat kalian? Monitor berbasis FreeSync biasanya hadir dengan pilihan harga yang lebih terjangkau dan banyak varian. Jadi jika kalian punya anggaran terbatas namun menginginkan kualitas terbaik maupun pengalaman gameplay yang lebih halus, maka pilihan ini bisa cocok untuk didapatkan.

Namun, jika kalian menginginkan monitor gaming yang lebih superior, maka monitor gaming berbasis G-Sync tentu ideal banget. Cuman, harga tentu enggak datang dengan murah, dan biasanya hanya pengguna tertentu yang punya budget tidak terbatas bisa membelinya.

5. Resolusi & Ukuran Display

Kemudian ada pulan resolusi, faktor penentu lainnya sebelum kalian mutusin untuk membeli sebuah monitor gaming yang baik dan ideal. Resolusi yang didukung perangkat tersebut sangat berarti untuk kelangsungan sajian visual dalam sebuah monitor dengan pilihan resolusi minimum yang solid hari ini masih tetap bergantung pada level FullHD atau 1920×1080.

Namun jika kalian memiliki budget lebih dan pada dasarnya kartu grafis kalian mendukung nilai Fps yang nyaman diatas 1080p, maka memiliki monitor dengan resolusi jauh lebih besar tentu merupakan nilai plus lain, apalagi jika kalian tidak terbatas pada anggaran.

Cara Milih Monitor Gaming

Ukuran layar monitor juga berpengaruh dalam pemilihan yang tepat, meskipun pada dasarnya monitor dengan ukuran antara 22” maupun 24” udah cukup untuk pengalaman visual yang menarik, terlebih lagi jika kalian ingin mendapatkan visual cukup pada resolusi yang pas, misal 1080p.

Jika masih belum cukup, pilihan diatas 24” tentu bisa jauh lebih efektif, khususnya kalau kalian ingin menikmati sepenuhnya dunia gaming dalam bentuk visual yang terasa jauh lebih menyenangkan dan meninginkan resolusi yang lebih tinggi. Cuman, harga tentu akan lebih mahal untuk didapatkan. Jadi jika kalian tidak bermasalah dengan anggaran, maka pilihan diatas 24” tentu langkah terbaiknya.

Kesimpulan

Terlepas dari segala hal yang telah kita ungkap ataupun belum, mengetahui dasar-dasar yang telah kita bicarakan sebelumnya saat akan membeli monitor gaming yang ideal dan sesuai dengan harapan kalian tentu akan memberikan nilai positif sebelum menentukan. Itulah setidaknya harapan kami yang pada dasarnya ingin berbagi manfaat bersama kalian. Yang pasti, pastikan hardware PC kalian mendukung dan tepat dengan pilihan monitor yang bakal kalian beli.

 Baca Juga :



Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com