- Promoted Content, Serba-serbi, Tutorial

Mau Belanja Barang Teknologi Secara Kredit? Pake OVO PayLater Aja, Mudah Kok

Buat kalian yang pengen belanja barang teknologi di toko online lewat cicilan, biasanya suka ada kendala, salah satunya adalah agak susah buat dapetin fasilitas kredit dari bank atau perusahaan pembiayaan. Padahal, kalian sebenarnya punya kemampuan untuk bayar cicilan setiap bulan. Untungnya, hal tersebut bisa terselesaikan dengan hadirnya Ovo PayLater.

Intinya, OVO PayLater memungkinkan kalian melakukan pembelian secara cicilan dengan persetujuan mudah dan cepat di toko  online. Masih belum tahu seperti apakah OVO PayLater itu, berikut penjelasan dan panduannya.

Baca juga : Hal Yang Perlu kalian Ketahui Tentang AIO PC, Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

Hal Yang Kalian Perlu ketahui Tentang OVO PayLater

Pada dasarnya, Proses pendaftaran OVO PayLater sebenarnya  sangat mudah untuk dilakukan. Apalagi layanan finance berbasis teknologi ini mulai bermunculan dalam bentuk aplikasi marketplace. Sehingga hal tersebut memudahkan semua orang untuk melakukan kegiatan jual beli.

Menurut laman Duwitmu.com, Lembaga Fintech sendiri menawarkan metode pembelanjaan berbasis cashless. Metode ini sangat populer dan kebanyakan diantara mereka merupakan pengguna OVO. OVO PayLater sendiri dikembangkan perusahaan Lippo Group yang telah terintegrasi dengan Tokopedia dan Grab. Dengan adanya tambahan layanannya, hal ini membuat kegiatan belanja semakin mudah.

Definisi OVO Paylater

Bila kalian sudah lama jadi pengguna OVO, tentunya kalian tidak asing dengan layanan ini. Hanya saja tidak semua pengguna OVO tahu bagaimana cara daftar atau mengaktifkan layanan PayLater.

Ovo PayLater sendiri merupakan fasilitas terbaru dari OVO yang diperkenalkan kepada masyarakat di bulan Januari 2019 yang lalu. Sampai sejauh ini, tidak hanya Tokopedia saja yang bisa menggunakan layanan ini. Namun OVO mulai bekerja sama dengan merchat yang lain, baik secara fisik maupun virtual.

OVO PayLater sendiri sebenarnya merupakan layanan angsuran/ pinjaman online dengan bunga ringan yang sangat menarik. Dengan adanya layanan inilah memberikan kesempatan kepada para pengguna OVO untuk bisa membeli produk impiannya secara kredit tanpa harus memiliki credit card. OVO juga telah bekerja sama dengan Taralite demi memberikan layanan berbasis peer to peer.

Jadi OVO PayLater sebenarnya adalah layanan aplikasi keuangan digital atau dikenal sebagai Financial Technology yang memudahkan penggunanya untuk berbelanja barang kebutuhannya. Jadi para pengguna OVO yang telah terdaftar dalam program ini bisa mendapatkan kesempatan untuk membeli barang impiannya, kemudian membayarnya nanti. Lebih menariknya lagi adalah saat ini masa tenggang waktu yang diberikan OVO semakin bervariasi setelah pembelian barang.

Selain itu, kalian tidak perlu melakukan investasi secara manual jika ingin menggunakan layanan ini. Bahkan setiap pengguna OVO dapat memanfaatkannya untuk membeli barang keperluan sehari-hari di merchant OVO dan supermarket yang telah bekerjasama dengan OVO. Dimana suku bunganya seperti credit card.  Sementara itu untuk pembayaran tagihannya bisa dilakukan dari aplikasinya langsung.

Ketentuan untuk Daftar OVO Paylater

Yang jadi pertanyaannya adalah seperti apakah ketentuan dan persyaratan agar bisa menikmati layanan OVO PayLater ini? Untuk menggunakan layanan ini, maka panduan OVO PayLater yang pertama adalah harus terdaftar dulu dan mempunyai akun PayLater. Namun tentu saja persyaratannya mudah, yaitu:

  1. Pengguna harus berdomisili di sekitar Jabodetabek dan sekitarnya.
  2. Pengguna harus mempunyai akun OVO setidaknya berusia paling sedikit 60 hari.
  3. Pengguna harus sudah melakukan upgrade ke dalam OVO Premier.
  4. Harus menyertakan foto KTP dan mengisi identitas diri ke dalam formulir yang disediakan.

Panduan OVO Paylater

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa untuk bisa menggunakan layanan OVO PayLater ini, kalian harus memiliki akun OVO premier yang berusia setidaknya 60 hari. Untuk melakukan pendaftaran akun OVO premier, kalian bisa melakukan beberapa hal di bawah ini:

  1. Buka dulu aplikasinya dan masuk ke dalam menu Finance. Selanjutnya tekan menu Upgrade OVO Premier. Jadi tekan tombol upgrade sekarang sehingga kalian akan diminta untuk memasukkan foto KTP.
  2. Setelah itu silahkan pilih lokasi kios OVO yang terdekat agar dapat memenuhi persyaratan upgrade. Dari sinilah kalian akan menjadi OVO premier untuk memenuhi persyaratan layanan OVO PayLater.

Setelah sudah memiliki akun OVO premier, maka akan dilakukan analisis oleh pihak OVO terkait data yang kalian berikan. Selanjutnya mereka akan memprosesnya dan memasukkan kalian ke dalam layanan OVO PayLater. Untuk mengetahui apakah kalian terpilih ke dalam OVO PayLater, sebaiknya cek halaman HOME/ tab finance dalam aplikasi OVO.

Panduan Aktivasi OVO Paylater

Selain menggunakan aplikasi OVO, kalian juga dapat mengajukan permohonan untuk pembuatan akun OVO PayLater lewat Tokopedia. Di bawah ini adalah cara aktivasi akun OVO PayLater dari Tokopedia, antara lain:

  1. Bukalah aplikasi Tokopedia dulu dan masuk ke halaman akun Anda.
  2. Setelah itu, aktifkan Tokopedia Pay.
  3. Dari sinilah Anda akan diminta menuliskan nomor HP akun OVO milik Anda dan tunggu sampai ada kode verifikasi berupa SMS.
  4. Selanjutnya, masukkan kode tersebut dalam kotak yang tersedia pada aplikasi Tokopedia.
  5. Kemudian aktifkan sekarang sehingga detail akun OVO akan terlihat langsung.
  6. Setelah itu, pilih lihat semua dan OVO. Sehingga Anda bisa melihat pengajuannya sedang dalam proses pada kotak top up OVO.
  7. Sebaiknya lakukan pengecekan secara berkala pada halaman OVO Tokopedia untuk melihat apakah pengajuan OVO PayLater Anda diterima atau tidak. Seperti itulah proses panduan OVO PayLater supaya bisa diterima.

Ketentuan Cicilan Pinjaman OVO Paylater

Ketika pengajuan OVO PayLater Anda diterima dan berhasil, maka Anda dapat melakukan pembelian produk di semua merchant yang telah bekerja sama dengan pihak Tokopedia dan OVO. Umumnya tagihan cicilannya dimulai di tanggl 27 setiap bulan. Namun perhitungannya tergantung dari jangka waktu atau tenor yang dipilih masing-masing pihak saat mengajukan kredit pembelian produk.

Bila angsurannya tidak segera dibayar hingga melewati tenggat waktunya, akan dikenakan bunga hingga 0,1% per hari. Bunga tersebut dibebankan langsung pada angsurannya sampai cicilannya dibayar oleh kreditur. Dalam hal ini Anda bisa membayar tagihannya menggunakan VA mBanking, mesin ATM, indomaret, dll.

Produk yang Bisa Dibeli dengan OVO Paylater

Ada banyak produk yang dapat dibeli menggunakan OVO PayLater. Berikut ini adalah beberapa produk fisik dan virtual yang dapat dibeli menggunakan OVO PayLater, antara lain:

  1. Produk digital yang ditawarkan pada merchant Tokopedia, seperti pulsa HP, paket data, pula listrik, pembayaran listrik, eMoney, gift card, reksadana, emas, zakat, dll.
  2. Anda juga bisa menggunakannya untuk pembelian produk/ barang yang dijual di Tokopedia.

Kelebihan OVO PayLater

Dengan dihadirkannya OVO PayLater secara resmi, hal ini memudahkan semua pengguna OVO untuk membeli barang impian apapun. Selain itu ada banyak kelebihan lainnya yang ditawarkan oleh OVO PayLater, yaitu:

  1. Layanan ini jelas karena semua pengguna OVO mendapat kemudahan transaksi dalam membeli barang yang diinginkan dulu, lalu membayarnya nanti. Itupun tanpa menggunakan dokumen tambahan.
  2. Proses aktivasi cepat, begitu juga dengan persetujuan kreditnya. Paling lama hanya 5 menit saja.
  3. Anda bisa langsung menggunakannya untuk berbelanja di berbagai merchant OVO yang terdaftar sehingga belanja menjadi lebih praktis.

Nah jadi seperti itulah beberapa hal menarik, termasuk keuntungan bila menggunakan layanan OVO PayLater. Maka dari itulah jika Anda tertarik untuk mengajukan layanan ini juga, silahkan saja baca baik-baik seputar panduan OVO PayLater yang telah dijelaskan di atas supaya Anda tahu apa saja ketentuannya untuk mendapat layanan PayLater dari OVO.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat