Masih Solid Enggak Sih ? Intel Core i5-9600K Review

Intel Core i5-9600KF, prosesor tim biru yang dirilis ini awal tahun 2019 ini sebenernya masih memiliki potensi yang baik sebagai salah satu CPU hebat pada harga yang cukup atau bisa dibilang terjangkau. Pertanyaannya, masihkah layak sebagai pilihan utama kalian tahun ini?

Untuk lebih detailnya mengenai hal tersebut, apalagi jika kalian berencana untuk membelinya tidak lama lagi, simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Baca juga : AMD Radeon RX 590 Late Review : Harga Semakin Murah, Kinerja Masih Powerful

Intel Core i5-9600KF Review : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

Prosesor Intel dengan kode F series bisa dibilang sebagai langkah terbaru tim biru untuk membawa asa kompetisi bisa tetap terjaga dengan AMD Ryzen series. Terlebih lagi Intel bisa mengurangi harga cukup signifikan dengan ketiadaan iGPU yang biasa dibawa pada seri standar.

Intel Core i5-9600K Review

Hal tersebut berlaku untuk seri Intel Core i5-9600KF, dimana seri ini memiliki selisih harga sekitar 300 ribuan dibanding seri 9600K biasa. Padahal, spesifikasi yang hadir masih bisa dibilang sama dengan seri standar, termasuk kekuatan 6 Core dan 6 threads, clockspeed dasar 3.7Ghz dan max boost clock up to 4.6Ghz, 9MB smart cache dan nilai TDP 95W.

Ketiadaan Integrated GPU Intel UHD 630 pada seri F menjadi pembeda utama dengan seri standar, meskipun pada dasarnya apa yang dilakukan Intel bisa efektif untuk menurunkan harga sesuai dengan apa yang konsumen harapkan. Disisi lain, terkadang konsumen modern sebenernya tidak membutuhkan iGPU untuk basis prosesor mid-range ke atas, dimana mereka sebenernya lebih memilih dedicated GPU untuk menyempurnakan kinerja jauh lebih efektif. Bener kan?

Spesifikasi Inti Intel Core i5-9600KF
Product Collection 9th Generation Intel® Core™ i5 Processors
Lithography 14 nm
# of Cores 6
# of Threads 6
Processor Base Frequency 3.70 GHz
Max Turbo Frequency 4.60 GHz
Cache 9 MB Intel® Smart Cache
TDP 95 W
Max Memory Size (dependent on memory type) 128 GB
Memory Types DDR4-2666
Max # of Memory Channels 2
Harga Rp3.100.000

Sisa pilihan spesifikasi sekali lagi sama, dimana seri Core i5-9600KF memiliki nilai harga sekitar 2.9 jutaan. Harga yang ditawarkan bisa sangat baik, apalagi kita berbicara mengenai prosesor Intel yang cukup high-end dan memiliki clockspeed tinggi, termasuk sepenuhnya terbuka untuk fitur Overclocking.

Cuman, prosesor ini masih didasarkan pada manufaktur 14nm, dan kalian wajib memiliki mobo Intel Z series untuk membuka potensi maksimum dari Core i5-9600KF dalam hal overclocking. Disamping itu, seri ini enggak membawa CPU Cooler, sehingga kalian perlu membelinya secara terpisah. Anggaran extra tentu perlu kalian keluarin saat berencana untuk membeli CPU tersebut, khususnya untuk mobo maupun CPU Cooler yang solid.

Barisan prosesor Intel generasi ke-9 juga pada dasarnya masih menjadi bagian dari Coffee Lake yang pertama kali diperkenalkan di generasi sebelumnya (Gen 8). Jadi, secara utuh Intel Core i5-9600K juga sebenernya memiliki spesifikasi sama dengan seri 8600K, cuman pembedanya adalah clockspeed yang lebih besar maupun iGPu, khususnya untuk seri F. Itulah mengapa, seri ini memiliki kode penamaan Coffee Lake Refresh.

Overclocking

Hal terbaik yang dibawa prosesor ini adalah kehadiran Overclocking, bahkan sangat mudah untuk dilakukan bagi bagi nubie sekalipun. Meskipun, kalian perlu mobo yang hebat untuk melakukannya seperti apa yang kami pakai lewat Z390 AORUS Ultra dengan OC hingga 5.0Ghz.

Intel Core i5-9600K Review

VRM yang dibawa mobo tersebut benar-benar bisa diandalkan untuk mendapatkan clockspeed terbaik pada tegangan voltase yang pas, bahkan bisa secara otomatis dilakukan tanpa proses yang sangat ribet. Intinya, overclocking pada prosesor ini sangat tinggi, meskipun untuk mendapatkan clockspeed terbaik, pilihan mobo yang tepat, termasuk CPU Cooler sangat mempengaruhi.

Performa

Bagaimana dengan kinerjanya? Secara keseluruhan, prosesor ini masih bisa menjadi pilihan solid enggak cuman buat kalangan tertentu saja, apalagi buat kegiatan gaming maupun streaming. Untuk itulah, apalagi jika kalian ingin menyempurnakan kinerja yang ditawarkan pada prosesor ini, kami memakai beberapa pilihan komponen inti sebagai testbed (yang juga bisa kalian pertimbangkan), yaitu :

Intel Core i5-9600K Review

  • Prosesor : Intel Core i5-9600K
  • Motherboard : GIGABYTE Z390 AORUS ULTRA
  • RAM : Team Vulcan Z 16GB DDR4 3200Mhz
  • Kartu Grafis : Gigabyte RTX 2060 SUPER Gaming OC
  • Storage : Adata SU650
  • PSU : Cooler Master MasterWatt 550W
  • PC Case : Be Quiet Pure Base 500

Kinerja Produktivitas

Cinebench R15 & R20

Cinebench R20 maupun R15 bisa jadi awal yang baik buat nunjukin kinerja prosesor ini untuk dukung produktivitas tinggi dalam hal proses rendering. Semakin besar skor yang dihasilkan, maka prosesor ini bisa semakin solid sebagai pilihan utama.

Intel Core i5-9600K Review

Nyatanya, Intel Core i5-9600KF mampu memberikan skor yang baik pada Cinebench R15 maupun R20, meskipun masih jauh dibelakang prosesor Ryzen 5 3600, khususnya untuk kinerja multi-thread.

Intel Core i5-9600K Review

Tapi ketika berbicara single Core, prosesor ini bahkan sanggup memberikan skor superior, apalagi jika kalian bisa membongkarnya hingga speed 5.0Ghz.

Geekbench 5

Intel Core i5-9600K Review

Geekbench 5 juga bisa jadi tolak ukur yang baik buat nunjukin performa prosesor Core i5-9600KF. Hasil yang didapatkan pada prosesor ini juga mengesankan, meskipun untuk performa multi-core masih dibawah Ryzen 5 3600 yang pernah kami coba sebelumnya.

Blender BMW27

Tolak ukur software Blender untuk kinerja rendering pada skema BMW27 juga bisa ideal buat nunjukin seberapa cepat prosesor ini menyelesaikan pekerjaan yang cukup menuntut pada kebanyakan aplikasi pembuatan konten modern hari ini.

Intel Core i5-9600K Review

Hasil yang didapatkan pada prosesor Intel Core i5-9600KF bisa dibilang sangat cepat, meskipun cuman terpaut beberapa angka jika dibanding Ryzen 5 3600.

Winrar

Kegiatan kompresi data seperti yang ditawarkan Winrar menjadi banyak pekerjaan yang sering dilakukan pengguna modern hari ini, termasuk juga bisa menunjukan seberapa handal proses ini pada prosesor.

Intel Core i5-9600K Review

Hasil yang didapatkan para prosesor Intel Core i5-9600KF sangat mencukupi, meskipun sangat berbeda jauh dibanding apa yang ditawarkan Ryzen 5 3600 yang pernah kami coba sebelumnya.

Performa Gaming

Sedangkan untuk kegiatan gaming, Intel Core i5-9600KF bisa dibilang sangat superior dan mampu mengalahkan prosesor yang seimbang atau sedikit dibawahnya dengan nilai Fps jauh lebih baik.

Intel Core i5-9600K Review

Contohnya, pada Shadow Of The Tomb Raider, prosesor ini memberikan skor Fps tinggi hingga 97, sedikit berbeda dibanding apa yang bisa ditawarkan Ryzen 5 3600 dengan selisih hingga 3.5%, dan hingga 8% saat OC 5.0Ghz berlaku.

Intel Core i5-9600K Review

Hal yang sama juga berlaku untuk gaming sekelas Battlefield V dengan Fps rata-rata hingga 105, dan hingga 109 untuk kinerja OC 5.0Ghz.

Intel Core i5-9600K Review

Sedangkan untuk Assassin’s Creed  Odyssey, Ryzen 5 3600 mampu imbangi prosesor ini pada kecepatan 5.0Ghz dengan Fps sama hingga 75 di gaming 1080p.

Intel Core i5-9600K Review

Intel Core i5-9600KF kembali nunjukin nilai superioritas pada Gears V dengan Fps besar hingga 95, dan hingga 105 saat OC berlaku.

Intel Core i5-9600K Review

Dan terakhir adalah Star War Jedi : Fallen Order, dimana prosesor ini juga sangat solid dengan Fps hingga 109 untuk OC 5.0Ghz dan hingga 102 pada kecepatan default. Jauh lebih superior dibanding Ryzen 5 3600

Suhu & Konsumsi Daya

Suhu sebenernya lebih tergantung pada pilihan CPU Cooler mana yang kalian pakai. Disini kami memakai AIO dari DeepCool Castle 360 yang solid, dimana suhu rata-rata saat sedang bekerja tinggi hanya mencapai 60°Celcius dan hingga 72 °Celcius Max saat OC berlaku.

Sedangkan untuk konsumsi daya, Intel Core i5-9600KF ngasih konsumsi daya yang cukup besar jika dibanding Ryzen 5 3600, meskipun terhitung cukup sih dan masih ideal juga dengan rata-rata hingga 144 watt saat skema Blender BMW27 dan hingga 165 Watt saat OC 5.0 Ghz berlaku.

Intel Core i5-9600K Review

Kesimpulan

Intel Core i5-9600KF bisa dibilang bawa revolusi baru bagaimana prosesor High-end tim biru kini jauh lebih terjangkau. Setidaknya inilah yang bisa kalian nikmati, enggak cuman buat beberapa kalangan tertentu aja. Kinerja yang solid, dimana kalian bisa aplikasikan buat pembuatan konten apalagi buat gaming juga menjadi salah satu sisi unggulan prosesor. Dan hal terbaiknya, kestabilan sistem sangat baik, bahkan kalian bisa dengan mudah melakukan OC hingga diatas 5.0Ghz tanpa masalah yang berarti.

Cuman, prosesor ini butuh perangkat extra pendukung yang cukup mahal. Pertama ini enggak datang dengan CPU Cooler default, dan kalian perlu membelinya secara terpisah. Pilihan CPU Cooler juga sebenernya enggak boleh sembarangan, dimana kalian perlu memberikan yang terbaik atau paling solid.

Kemudian juga kalian perlu memiliki mobo extra seri Z yang juga terhitung cukup mahal. Meskipun masih bisa memakai seri standar, namun fitur OC tentu enggak sepenuhnya terbuka kan? Jadi, kalian pastinya butuh motherboard seri Z370 atau Z390 buat memaksimalkan kinerja prosesor, khususnya untuk overclocking. Setidaknya, kedua faktor ini bisa menjadi beban yang cukup berat dalam hal penambahan anggaran. Disamping itu, VGA dedicated wajib kalian miliki, karena seri F tidak membawa iGPU.

Tapi terlepas dari itu semua, dan ketika pada dasarnya kalian punya budget extra untuk maksimalin potensi CPU tersebut, maka Intel Core i5-9600KF bisa memberikan suguhan yang luar biasa, khususnya untuk performa gaming maupun fitur OC yang sangat mudah untuk dilakukan. Harga yang ditawarkannya pun sangat terjangkau, sehingga layak untuk menyandang predikat The King Of Mid-range Gaming Desktop CPU. Well, setidaknya itulah menurut kami hingga saat ini (penulisan).

Pros :

  • Harga Terjangkau
  • Single Core Superior
  • Kemudahan Overclocking
  • Kinerja Gaming Yang Handal
  • Stabilitas Sistem Terbaik

Cons :

  • Butuh Mobo seri Z agar dukung OC
  • Paket tidak menyediakan CPU Cooler
  • Kinerja Multi-thread Masih kalah dibanding Ryzen

 Baca Juga :



Comments

Related Posts