ADATA Ultimate SU650 SSD 2.5” Review : SSD Murah, Kapasitas Cukup & Kinerja Nyenengin

Terkadang kalian enggak butuh SSD super cepat, karena dengan pilihan kasual aja bisa cukup untuk memenuhi kebutuhan tersebut, apalagi jika harga yang ditawarkan juga terjangkau. Nah, berbicara mengenai SSD murah namun memiliki performa handal, ADATA Ultimate SU650 240GB 2.5” tampaknya bisa cukup layak untuk dipertimbangkan, apalagi kapasitas yang ditawarkan juga cukup besar.

Penasaran? Mari kita lihat lebih detailnya dibawah ini.

Baca juga : Gigabyte AORUS NVMe Gen4 SSD Review : Kinerja Powerful, Lebih Dari Sekedar SSD NVMe

ADATA Ultimate SU650 SSD 2.5” Review : Apa Yang kami tahu Sejauh ini

SSD hari ini benar-benar nyenengin bagi konsumen, tentu karena harga yang ditawarin semakin turun. Dan dari sekian banyak varian SSD murah dengan pilihan seru, Ultimate SU650 240GB 2.5” bisa mengisi kebutuhan banyak perangkat modern maupun lama.

ADATA Ultimate SU650

Seri ini masih membawa bentuk faktor 2.5” yang kompatibel untuk notebook lama maupun PC yang tidak mendukung soket M.2. Disamping kapasitas yang cukup lumayan besar, harga yang ditawarkan juga ramah anggaran, yakni sekitar Rp 460 ribuan.

Bentuk desain yang ditawarkan SSD ini mungkin biasa saja, namun produsen mengklaim bahwa SU650 bisa memberikan performa yang baik dan stabil. Itu karena SSD ini mengimplementasikan 3D NAND Flash dan pengontrol kecepatan tinggi, plus menawarkan kapasitas yang cukup besar dalam variannya hingga 960GB.

ADATA Ultimate SU650

SU650 juga hadir dengan fitur caching SLC dan teknologi untuk mengoreksi kesalahan yang cukup canggih. Hasilnya, SSD ini bisa memastikan kinerja dan integritas data yang dioptimalkan sehingga bisa memberikan peningkatan kinerja yang sangat baik dengan rasio kinerja biaya lebih murah.

Disamping itu, seri ini juga hadir dengan Algoritma caching SLC yang cerdas, sehingga memungkinkan memori NAND Flash untuk beroperasi dalam mode sel level tunggal dan bisa meningkatkan kinerja maupun mempertahankan kecepatan baca / tulis yang diklaim hingga 520 / 450MB per detik.

Spesifikasi

Spesifikasi ADATA Ultimate SU650 240GB
Capacity 240GB
Form Factor 2.5″
NAND Flash 3D NAND
Dimensions (L x W x H) 100.45 x 69.85 x 7mm
Weight 59.5g
Interface SATA 6Gb/s
Sequential R/W performance (max) Up to 520 / 450MB/s
Operating temperature  0°C – 70°C
Storage temperature -40°C – 85°C
Shock resistance 1500G / 0.5ms
MTBF 2,000,000 hours
Warranty 3-year limited warranty
Harga Rp440.000

ADATA Ultimate SU650 itu hadir dalam beberapa varian kapasitas, mulai dari kapasitas 60Gb hingga 960GB. Seri ini memiliki bentuk faktor 2.5”dan tidak ada varian M.2 sebagai pilihan extra lainnya. Interface yang hadir pada SSD ini adalah SATA 6Gb/s dengan berat yang cukup ringan, sekitar 59.5gram.

Produsen memberikan garansi cukup panjang hingga tahun dan dikalim mampu bertahan hingga 2 juta jam waktu MTBF. Seri juga bisa dikatakan cukup tahan banting dengan tingkat ketahanan goncangan dengan rating hingga 1500G.

Kinerja

Untuk urusan kinerja, klaim yang ditawarkan produsen bisa terbukti benar adanya, dimana SSD murah ini bisa memberikan kinerja yang sangat baik dengan kecepatan baca hingga 504MB/s dan hingga 473 MB/s untuk kecepatan tulis pada CrystalDisk Benchmark.

ADATA Ultimate SU650

Hal yang sama berlaku untuk Atto Disk Benchmark, meskipun tidak seutuhnya benar. ADATA Ultimate SU650 240GB bisa memberikan kinerja rata-rata hingga 489MB/s untuk Read speed dan hingga 452MB/s untuk Write Speed.

ADATA Ultimate SU650

Jika dibandingkan dengan Sandisk SSD Plus yang pernah kami bahas sebelumnya, seri ini memiliki kinerja yang sedikit lebih baik meskipun secara keseluruhan hampir sama.

Kesimpulan

Terlepas dari semua hal yang telah kita ungkap (ataupun belum), ADATA Ultimate SU650 240GB 2.5” tampaknya bisa menjadi pilihan SSD yang ideal untuk kebutuhan kasual pengguna modern hari ini. Tentu karena selain harga murah, seri ini juga menawarkan tingkat kecepatan yang baik maupun stabil.

Disamping itu, produsen juga nawarin beberapa fitur unggulan seperti caching SLC yang cerdas, dukungan teknologi ECC, tahan guncangan dan MTBF-nya (waktu rata-rata antara kegagalan) yang sangat lama hingga  2 juta jam. Produsen juga ngasi garansi yang cukup panjang hingga 3 tahun.

Dan terakhir, produsen juga membawa aplikasi utilitas yang cukup bermanfaat untuk SSD ini, yakni ADATA SSD Toolbox dan Migration Utility. Software ini bisa memungkinkan pengguna untuk memantau dan mengelola SU650, mulai dari status drive, tingkat keausan, dan informasi umur pakai. Cukup bermanfaat bukan? 

Intinya, ADATA Ultimate SU650 240GB 2.5” bisa worth banget untuk kalian yang membutuhkan storage cepat dengan harga terjangkau. SSD ini juga kompatible baik untuk perangkat baru maupun lama yang tidak mendukung slot M.2.

 Baca Juga :



Comments

Related Posts

One thought on “ADATA Ultimate SU650 SSD 2.5” Review : SSD Murah, Kapasitas Cukup & Kinerja Nyenengin

Comments are closed.