- Prosesor, Technology, Tutorial

Apa Sih Base Clock Speed Dan Max Boost Clock Pada CPU itu? Begini Penjelasan Simpelnya

Apa sih Base clock speed dan Turbo Boost dalam sebuah CPU itu? Biasanya istilah ini sering kita jumpai saat melihat sebuah spesifikasi prosesor. Dan itu bisa membuat kita semakin bingung dengan banyaknya penjelasan yang mengartikan jauh lebih dari istilah sederhana.

Karena alasan itulah, mari kita ungkap lebih detailnya di bawah ini mengenai penjelasan dasar yang mungkin bisa memberikan banyak petunjuk berguna saat kamu akan membeli sebuah prosesor yang handal.

Baca juga : Apa sih Windows Credentials itu & Bagaimana Cara Untuk Membuatnya? Begini Penjelasannya

Penjelasan Sederhana Base Clock Speed & Max Boost Clock (Turbo Boost)

Clockspeed dalam sebuah CPU biasanya diartikan tingkat kecepatan yang mampu dijalankan oleh sebuah prosesor, dimana ini biasanya dihitung dalam istilah frekuensi Hertz atau Gigahertz. Sedangkan base clock speed bisa dikatakan sebagai tingkat kecepatan yang sering dicapai oleh sebuah prosesor, atau juga bisa dikatakan sebagai kecepatan rata-rata dari prosesor tersebut. Contoh sederhananya adalah sebuah kendaraan dengan tingkat laju kecepatan rata-rata dalam hitungan kilometer.

Tapi mengapa saya melihat kecepatan CPU yang ada di dalam sistem justru menunjukan tingkat kecepatan yang jauh lebih rendah dari base clockspeed? Tentu, ada beberapa faktor yang mempengaruhi semua hal tersebut, namun yang pasti adalah sistem yang berjalan saat itu tidak memakai kekuatan prosesor sepenuhnya atau dalam keadaan idle atau juga kamu sedang memakai aplikasi ringan yang tidak membutuhkan kekuatan komputasi berat.

Sebaliknya, ini akan mulai berjalan cukup tinggi ketika ada kondisi dimana kinerja komputasi benar-benar dibutuhkan. Seperti halnya ketika saat akan membuka aplikasi, bermain games atau bahkan kegiatan yang membutuhkan tenaga komputasi extra dengan tingkat utilitas yang cukup tinggi. Disinilah, istilah kecepatan frekuensi dasar alias base clockspeed pada prosesor akan mulai berjalan sepenuhnya. Kecepatan rata-rata yang bisa dicapai oleh prosesor itulah yang dikatakan sebagai base clockspeed.

Sedangkan untuk turbo Boost atau juga biasa di istilahkan sebagai Maximum Boost clock adalah kecepatan tertinggi yang bisa dicapai oleh CPU. Hanya saja, ini hanya berlaku sementara, tidak selamanya. Yang artinya bahwa sebuah prosesor akan mencapai frekuensi tertinggi saat dalam keadaan terbaik. Dan seiringnya waktu, laju kecepatan clockspeed tertinggi akan mulai menurun ketika suhu terlalu tinggi hingga mencapai kecepatan dasar.

Inilah mengapa, suhu yang terlalu tinggi terkadang bisa menjadi masalah bagi CPU untuk mencapai kinerja terbaiknya, termasuk juga konsumsi daya yang lebih besar. Jadi, ketika kamu memiliki pendingin CPU terbaik, maka tingkat clockspeed tertinggi bisa dicapai untuk waktu yang cukup lama. Dan hasilnya, kinerja yang dihadirkan tentu akan semakin efektif.

Nah, itu dia sekilas penjelasan mengenai istilah Base clockspeed maupun turbo boost, meski masih ada banyak hal lain yang perlu kami jelaskan. Namun, beberapa penjelasan sederhana yang kami sajikan di atas setidaknya bisa memberikan pengertian dasar tentang Base Ccockspeed maupun Max Boost Clock yang biasa hadir pada spesifikasi prosesor. Semoga bermanfaat.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat