- Berita Terbaru, Gaming Gear, Prosesor

AMD Siap Luncurkan Desktop CPU Hebat Tahun ini, Ryzen 9 3800X Jadi Layar utama

AMD Ryzen 3000 Series akan menjadi banyak berita utama berbagai situs teknologi tahun ini, produsen bahkan menjanjikan kinerja yang jauh lebih powerful dan dan lebih efektif dalam urusan konsumsi daya. Apalagi, ini akan menjadi prosesor desktop berbasis 7nm pertama di dunia dengan membawa sejarah baru bagi tim merah.

Dan rumor panas terus bermunculan, termasuk nilai spesifikasi detail dari barisan prosesor tersebut. Salah satunya datang ecommerce e-katalog dari negara Rusia. Mereka bahkan memberikan jauh lebih detail tentang nilai spesifikasi yang nantinya siap dirilis oleh AMD.

Baca juga : CPU Flashback Tahun 2018: AMD Semakin Matang, Intel Masih Dalam Ketidakpastian

Tampaknya, akan ada 3 kelas yang disajikan AMD untuk barisan prosesor terbaru mereka untuk segmen desktop, khususnya pada lini mainstream CPU. Pilihan tertinggi pada seri prosesor AMD Ryzen 3000 ini adalah Ryzen 9 3800X. Ini adalah prosesor dengan kekuatan 16 Core dan 32 threads dan membawa clockspeed super besar hingga 4.7Ghz. Prosesor dengan arsitektur Matisse (Zen 2) tersebut siap bersaing dengan seri Core i9-9900K dan membawa nilai TDP secara default sebesar 125W.

Sedangkan untuk seri dibawahnya, ada dua pilihan CPU terbaru Ryzen 7 yang siap menyambut penggemar dengan potensi jauh lebih menjanjikan, yakni Ryzen 7 3700 dan Ryzen 7 3700X. Kedua pilihan ini hadir dengan kekuatan 12 core dan 24 threads dan membawa Base clockspeed masing-masing sebesar 38Ghz dan 4.2Ghz. Hebatnya, kedua prosesor ini menjanjikan kinerja max boost clock jauh lebih tinggi hingga 4.6Ghz dan 5.0Ghz. Penggemar tentu akan jauh lebih bersemangat ketika melihat nilai spesifikasi yang hebat ini, apalagi kedua prosesor berbasis 7nm ini juga menjanjikan konsumsi daya jauh lebih hemat dan OC yang jauh lebih tinggi.

AMD Ryzen 3000 Series

Sedangkan untuk seri Ryzen 5, ada dua pilihan yang siap menyambut pengguna berbasis midrange, yakni Ryzen 5 3600X dan Ryzen 5 3600. Kedua pilihan CPU ini kini memiliki tambahan extra dua core, sehingga total Core yang disajikan berjumlah 8 core dan 16 Threads. Clockspeed juga akan jauh lebih tinggi dengan maksimum boost clock hingga 4.8Ghz dan 4.4 Ghz masing-masing.

Dari semua pilihan CPU yang siap dirilis oleh AMD, nilai spesifikasi benar-benar menggiurkan bagi konsumen, khususnya bagi penggemar yang berencana untuk mengupgrade seri CPU lama mereka pada pilihan terbaru. Sejauh yang kami tahu, AMD akan memberikan kepastian semua hal tersebut di CES 2019, meski rencana mungkin bisa saja berubah. Harga yang masih menjadi misteri hingga saat ini. Hanya saja, banyak penggemar meyakini bahwa sajian harga mungkin tidak akan dibandrol terlalu tinggi, karena dalam tradisi mereka, pilihan terjangkau selalu membuat penggemar senang.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

1 thought on “AMD Siap Luncurkan Desktop CPU Hebat Tahun ini, Ryzen 9 3800X Jadi Layar utama

Comments are closed.