- Gaming Gear, Hardware, Kartu Grafis

Nvidia GeForce RTX 2070, Apa Yang Kami tahu Sejauh Ini

Nvidia GeForce RTX 2070 resmi dirilis 2 hari yang lalu, dan kartu grafis tersebut bisa membawa jalan utama bagi konsumen untuk mengupgrade hardware lama mereka, khususnya dalam urusan GPU. Seri ini bisa menjadi pilihan terakhir dari lini RTX kelas High-end, meskipun terkadang nilai harga masih terlalu tinggi untuk dicapai.

Banyak media teknologi dari luar negeri sudah merilis ulasan lengkap mereka, termasuk dari beberapa media populer sekelas, Anandtech, Techspot maupun Tom’shardware. Disisi lain, HardOCP tampaknya sudah terlebih dahulu mereview RTX 2070, terlebih alasan utama mereka adalah bukan dari bagian Reviewer resmi yang ditunjuk Nvidia, sehingga tidak ada ikatan dalam urusan NDA.

Baca juga : MSI Trident X Siap Disajikan, Intel Core i9-9900K & Nvidia RTX 2080 Ti Inside

Nvidia GeForce RTX 2070, Seri RTX Paling “Terjangkau”

Dari beberapa ulasan yang kami baca, umumnya seri kartu grafis ini bisa memberikan kinerja yang jauh lebih baik dari seri sebelumnya, termasuk juga jika dibandingkan dengan seri GTX 1080 dengan nilai harga yang hampir sama (atau lebih mahal). Nvidia GeForce RTX itu sendiri dibandrol dengan harga sekitar $599 atau sekitar 9 jutaan, khususnya untuk edisi Founder (FE). Hanya saja, seri ini tentu akan jauh lebih mahal ketika sudah tersedia secara umum di negara kita, dengan kisaran harga mulai dari 12 jutaan hingga 15 jutaan (atau lebih).

Tentu, seri ini memiliki kekuatan yang sangat menjanjikan, terlebih lagi arsitektur Nvidia Turing dengan sajian utama adalah Teknologi ray Tracing dan plus kehadiran powerful AI Enhanced graphics. Meski, beberapa kalangan menyebut bahwa kehadiran teknologi Ray Tracing masih belum bisa disajikan, karena teknologi yang “tertunda” ini masih belum bisa dihadirkan seutuhnya pada kebanyakan game modern hari ini.

Hanya saja, fitur GDDR6 menjadi salah satu alasan mengapa sajian kartu grafis Nvidia RTX series bisa membawa kekuatan besar, meskipun spesifikasi inti yang hadir pada dasarnya hampir sama. Nvidia GeForce RTX 2070 FE itu sendiri hadir dengan pilihan memori sebesar 8GB GDDR6, tenaga CUDA sebesar 2304 dan clockspeed up to 1710Mhz. Nvidia memberikan fitur spesial yang sama pada seri RTX 2070 dengan seri sebelumnya yang sudah dirilis, yakni RTX-Ops sebesar 45Tensor dan membawa kecepatan memori maksimum hingga 14Gbps.

Untuk lebih lengkapnya mengenai spesifikasi Nvidia GeForce RTX 2070, kamu bisa melihatnya pada daftar tabel dibawah ini :

Spesifikasi GEFORCE RTX 2070 FOUNDERS EDITION 
CUDA® Cores 2304
RTX-OPS 45T
Giga Rays/s 6
Base Clock / Boost Clock  (MHz) 1410Mhz / 1710Mhz
Memory Speed 14 Gbps
Standard Memory Config GB GDDR6
Memory Interface Width 256-bit
Memory Bandwidth (GB/sec) 448 GB/s
Standard Display Connectors DisplayPort, HDMI, USB Type-C™, DVI-DL
Designed for USB Type-C™ and VirtualLink™4 Yes
Maximum Digital Resolution  7680×4320
Graphics Card Power (W) 185W
Power Connectors 8 pin
Harga $599

Kinerja

Menurut Tom’s Hardware, seri RTX 2070 ini sanggup membawa kekuatan gaming dengan pengaturan tertinggi hingga resolusi 4K, meskipun nilai optimal untuk GPU tersebut berada di level QHD (2560 × 1440 pixels). Intinya, kamu bisa menjalankan berbagai game lama hingga terbaru yang paling menuntut sekalipun dengan mudah, bahkan bisa mencapai nilai Fps rata-rata diatas 70 hingga 80 pada pengaturan tertinggi.

Seri ini bahkan memiliki performa sedikit diatas seri GTX 1080, termasuk dari apa yang sanggup ditawarkan oleh Radeon Vega 64. Meski, sajian harga yang ditawarkan bisa melebihi seri GTX 1080 dengan kisaran harga berada di atas 12 jutaan jika sudah tersedia secara umum di negara kita.  Disinilah, terkadang rekomendasi GPU tersebut masih terlalu dini untuk dibicarakan, terlebih lagi perbedaan kinerja yang tidak terlalu jauh (atau hampir sama) dengan seri GTX 1080.

Untuk urusan performa gaming, dibawah ini ada beberapa tes benchmark yang disajikan oleh situs Tom’s Hardware (kamu bisa melihat ulasan lengkapnya disini).

Seperti yang bisa kita lihat, seri RTX 2070 memberikan performa rata-rata diatas GTX 1080, meski terkadang juga berada dibawahnya. Namun begitu, performa yang ditawarkan cukup solid, terutama untuk gaming QHD maupun 4K dengna pengaturan tertinggi sekalipun. Selain itu, nilai konsumsi daya juga terhitung cukup kecil, dimana pilihan ini berada jauh lebih baik jika dibandingkan dengan seri GTX 1080 sebagaimana apa yang diungkap oleh situs Techspot.

Nvidia GeForce RTX 2070
Via Techspot

Simpulan Awal

Nvidia GeForce RTX 2070 tentu merupakan pilihan paling terjangkau pada lini kartu grafis terbaru dari Nvidia, khususnya untuk seri RTX. Dengan kisaran harga sekitar 9 jutaan (saat ini banyak OEM resmi menjualnya antara 12 jutaan lebih ), pilihan GPU tersebut tentu bisa membawa nilai upgrade yang menarik, terlebih lagi potensi kehadiran teknologi masa depan Ray Tracing yang sepenuhnya masih belum bisa digunakan hari ini.

Namun, terkadang pilihan harga yang ditawarkan oleh seri tersebut masih terlalu tinggi untuk dicapai, terlebih lagi kehadiran Nvidia GTX 1080 Ti kini memiliki nilai harga yang hampir sama, dan memiliki kinerja yang jauh lebih tinggi. Inilah yang membuatnya menjadi pilihan yang “agak” sulit untuk direkomendasikan, terkecuali jika teknologi terbaru yang diusung oleh tim hijau sudah mulai umum untuk dibicarakan.

Namun begitu, Nvidia GeForce RTX bisa menjadi pilihan yang menarik, terlebih lagi bagi mereka yang menginginkan sebuah kartu grafis yang memiliki masa depan cerah. Meskipun, tidak ada pilihan opsional “murah” untuk membeli seri tersebut, karena seri ini jauh lebih layak bagi para pembangun enthusiast yang tidak terbatas pada nilai keuangan mereka. 

Sumber referensi : Tomshardware & Techspot

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

1 thought on “Nvidia GeForce RTX 2070, Apa Yang Kami tahu Sejauh Ini

Comments are closed.