- Berita Terbaru, Gaming Gear, Kartu Grafis

Nvidia Next Gen GPU Update, Turing & Teknologi GDDR6 Kandidat Utama

Nvidia next gen GPU yang sudah berada diujung peluncuran tampaknya masih menjadi misteri besar, khususnya dari segi arsitektur dan spesifikasi. Meskipun begitu, kami kembali memiliki sejumlah data yang cukup akurat mengenai seri terbaru Kartu Grafis Nvidia.

Videocardz baru saja merilis sebuah berita bahwa Nvidia baru saja mendaftarkan merek dagang “Turing”. Jika itu benar adanya, maka ini adalah salah satu bukti pertama bahwa tim hijau memiliki perangkat keras atau perangkat lunak yang terkait dengan nama ini. Sedangkan untuk proses penamaan, NVIDIA juga mendaftarkan dua merek dagang RTX. Teknologi ray tracing ini telah diperkenalkan secara resmi beberapa minggu yang lalu. RTX berpotensi menggantikan seri GTX untuk beberapa produk kecuali jika itu hanya berupa teknologi atau perangkat lunak.

Baca juga : GPU Terbaru Nvidia Siap Diumumkan Di Gamescom 2018?

Semua spekulasi ini kemudian diperkuat dengan sejumlah bukti dari situs Wccftech dan beberapa channel youtube, dimana Nvidia next gen tampaknya akan memiliki dua pilihan nama yang akan disesuaikan dengan kelasnya masing-masing, yakni RTX dan GTX. Edisi RTX bisa saja berlaku untuk GPU High-end, sedangkan GTX akan berlaku untuk kelas mid-range ke bawah.

Pilihan pertama yang mungkin saja siap dirilis adalah Nvidia Geforce Titan RTX, dimana seri ini akan memiliki kekuatan jauh lebih besar jika dibandingkan dengan seri Titan V yang saat ini beredar hingga 15%. Sedangkan RTX 2080 dipercaya akan menggantikan seri GTX 1080 dengan performa jauh lebih unggul hingga 50%. Semua pilihan ini tampaknya akan memiliki dukungan teknologi GDDR6 yang sangat menjanjikan.

Nvidia next gen GPU

Untuk urusan harga, seri GPU terbaru Nvidia pastinya akan memiliki nilai harga yang cukup mahal, dimana Titan RTV diperkirakan akan memiliki harga $3k atau berkisar 43 jutaan lebih. Tentu seri ini tidak untuk dikhususkan bagi konsumen mainstream yang hanya menginginkan kinerja grafis untuk gaming. Sedangkan RTX 2080 akan memiliki kisaran harga antara $500-700 Dollar, yang berarti bahwa pilihan ini bisa jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan Nvidia Geforce GTX 1080 Ti.

Dari semua rumor ini, kami masih belum meyakini penuh bahwa semua pilihan tersebut nyata adanya. Namun, ini bisa menjadi ide yang baik bagi kita semua dalam mengantisipasi edisi terbaru Nvidia Geforce Next Gen, termasuk bagi mereka yang berencana untuk mengupgrade perangkat hardware pada pilihan yang lebih menjanjikan.

Jadi, entah ini adalah seri 11XX atau 20XX, semua hal tersebut semoga akan terkuak pada tanggal 21 agustus mendatang di Gamescom 2018. Nvidia menjanjikan ada sesuatu yang baru dalam urusan perangkat keras mereka. Mari kita tunggu saja.

Sumber referensi : Videocardz.com

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

2 thoughts on “Nvidia Next Gen GPU Update, Turing & Teknologi GDDR6 Kandidat Utama

Comments are closed.