- Berita Terbaru, Gaming Gear, Kartu Grafis, Serba-serbi

Update Terbaru Software GPU-Z Kini Bisa Deteksi Kartu Grafis Palsu

Software GPU-Z yang biasa kita pakai untuk melihat spesifikasi lebih detail mengenai kartu grafis yang ada dalam PC atau laptop kini memiliki update terbaru yang cukup mengejutkan. Produsen menambah fitur yang bisa mendeteksi kartu grafis palsu, khususnya dari GPU NVIDIA yang “seolah” sama, namun pada kenyataannya berbeda.

Ini bisa menjadi solusi bagi mereka yang tidak yakin mengenai keaslian kartu grafis mereka, karena hal tersebut pernah menjadi bentuk kejahatan tersendiri bagi para pelaku penipuan yang me-redesain kartu grafis palsu menjadi fitur yang hampir serupa dengan apa yang ditirunya.

Baca juga : AMD Rilis Update Terbaru Adrenalin Edition versi 18.10.1

Dulu, penipuan kartu grafis sering terjadi ketika mining cryptocurrency meledak, dimana hampir semua stok kartu grafis terus menipis, bahkan harga yang ditawarkan sangat tinggi. Disinilah, para penjahat tersebut memanfaatkan situasi, dan entah bagaimana caranya , mereka merekayasa kartu grafis lama untuk bisa dideteksi sebagai pilihan yang ditirunya.

Bahkan, untuk menggoda lebih jauh calon korban, para penjahat ini memasang harga yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan seri aslinya. Contohnya, sebagaimana apa yang diungkap oleh situs WCCFTech, mereka menemukan sebuah kartu grafis Nvidia GeForce GTX 960 senilai $45 atau setara 700 ribuan, padahal, jikapun ada harga bekasnya jauh lebih tinggi.

Software GPU-Z

Nah, di situlah bagian penting update terbaru dari software GPU-Z. TPU akhirnya memperbarui versi terbaru dari GPU-Z untuk mendeteksi GPU palsu ini, dan mungkin bisa membantu orang-orang yang telah ditipu dalam usaha untuk memperjelas situasi bahwa kenyataan mereka sudah ditipu. Didalam spesifikasi detail itu sendiri akan tertera catatan jelas bahwa ini jelas Fake  alias palsu. Selain itu, kita bisa menyuruh para penjual untuk mencantumkan detail spesifikasi VGA melalui GPU-Z terbaru ini, meskipun terkadang usaha tersebut bisa cukup lama dilakukan oleh penjual.

Terlepas dari itu semua, ini bisa menjadi kabar yang sangat baik, untuk setidaknya menambah wawasan kita pada urusan kartu grafis, meskipun hal tersebut tidak akan menutup kemungkinan mereka akan berlaku kriminal kembali melalui cara yang sama. Terlebih lagi, update terbaru software ini juga memiliki penambahan fitur, dimana catatan lebih jelasnya bisa kamu lihat disini.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat