- Berita Terbaru, Serba-serbi

WTF, Der8aeur Gunakan Mesin Pencuci Piring Untuk Bersihkan Hardware

Salah satu overclocker dan youtuber dunia yang dikenal memiliki banyak reputasi, der8aeur tampaknya memiliki cara yang sangat “tidak biasa” dalam membersihkan perangkat keras miliknya, yakni menggunakan mesin pencuci piring. Tentu semua orang pasti terkejut, namun ia memiliki alasan tersendiri mengapa hal ekstrim tersebut dilakukannya.

Der8aeur mempublikasikan sebuah video yang dirilis pada hari minggu kemarin dengan judul “The Dishwasher Debate,” di mana dia membahas konsep yang agak kontroversial: mencuci komponen PC yang berharga di mesin pencuci piring. Nah, jika kamu penasaran dengan alasan utama mengapa ia melakukannya, mari kita ungkap lebih dalam dibawah ini.

Baca juga : Begini Cara Mudah Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor Di Facebook

The Dishwasher Debate, Proses Pembersihan Hardware Yang tidak Biasa Ala Der8aeur 

Umumnya, ada sedikit pengetahuan yang mungkin kamu miliki hingga saat ini, yakni jangan sampai perangkat keras kamu basah. Namun, YouTuber dan penggemar overclocking populer, der8auer mengubah peringatan klasik di kepalanya. Ternyata, ia memperlakukan hal yang sama, termasuk motherboard atau kartu video seperti piring atau sendok yang terdengar sudah biasa bagi kita semua.

Menurut der8aeur, menggunakan mesin pencuci piring adalah cara termudah untuk membersihkan bagian komponennya setelah sesi overclocking yang berat. Dan menurutnya, tidak ada risiko yang bisa merusak perangkat keras PC ketika tidak ada aliran listrik.

“Kita bisa merendam ini [kartu grafis] sepenuhnya dalam air, dan itu masih akan tetap hidup,” der8aeur menjelaskan. “Ini bukan masalah, selama tidak ada yang dinyalakan, selama [itu] tidak terhubung ke listrik, membersihkan hardware dengan pencuci piring tidak masalah.”

“Kita bisa merendam ini [kartu grafis ] sepenuhnya dalam air, itu akan bertahan hidup,” der8aeur menjelaskan. “Ini bukan masalah, selama tidak ada yang dinyalakan, selama [itu] tidak terhubung ke listrik, pencuci piring tidak masalah.”

Namun, ia menyarankan siapa pun yang ingin mencoba metode pembersihan perangkat keras ini untuk menghapus semua “komponen yang tidak perlu” (seperti heatsink), baterai motherboard, dan lindungi soket CPU dengan penutup khusus. Selanjutnya, ketika kamu akan menempatkan perangkat keras di mesin pencuci piring, kamu tidak perlu menambahkan sabun atau bahan kimia pembersih lainnya; air adalah semua yang kamu butuhkan.

Setelah memasang motherboard, stik RAM, dan kartu grafis ke dalam mesin pencuci piring, der8aeur menyalakan mesin selama sekitar satu jam. Setelah menyadari bahwa beberapa Vaseline masih ada di komponennya, ia memasukkannya kembali hingga beberapa kali (dimana ia menjalankan mesin cuci piring selama sekitar lima jam total).

Dan benar saja, setelah menarik komponen kembali, mereka tampaknya bebas dari residu Vaseline, Bahkan lebih baik lagi, dimana hardware tersebut berfungsi sepenuhnya dan cukup mengkilat setelah dia meninggalkannya selama semalam penuh.  Meskipun kami tentu tidak akan menyarankan kamu untuk mencoba “metode pencuci piring” ini di rumah, tampaknya bisa cukup aman jika dilakukan dengan benar.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

2 thoughts on “WTF, Der8aeur Gunakan Mesin Pencuci Piring Untuk Bersihkan Hardware

Comments are closed.