Cara Sederhana Agar Suhu PC Tetap Dalam Kondisi Terbaiknya

Suka atau enggak, PC yang baik itu punya sistem pendingin optimal. Artinya bahwa kebutuhan pendinginan yang ideal akan memberikan performa dan stabilitas paling handal, bahkan jika kalian punya budget pc entry level sekalipun. Pertanyaannya, gimana sih menjaga Suhu PC tetep solid?

Nah, kali ini kami akan ungkap beberapa langkah yang bisa kalian lakukan agar PC tetap berada dalam kondisi paling paling ideal untuk siap berperang, bahkan buat situasi paling menuntut sekalipun.

Baca juga : Begini Cara Memperbaiki Aplikasi Default Windows 10 Yang Error  

Pertama sebelum kalian pergi terlalu jauh, sebenernya kalian enggak usah ngeluarin banyak anggaran atau peripheral seperti kebutuhan fan atau CPU terbaik dengan harga paling mahal. Bahkan, pilihan default aja bisa mencukupi, meskipun pada situasi kasual aja.

Cara Sederhana Agar Suhu PC

Untuk itulah, sebagai langkah awal untuk ngejaga suhu tetap aman adalah menjaga kebersihan maupun managemen kabel. Debu selalu jadi faktor utama saat suhu enggak nyaman buat dilalui. Karena, debu akan membatasi kinerja pendinginan bisa bekerja optimal. Disinilah, menjaga kebersihan bisa jadi sesuatu yang ampuh buat ngejaga suhu tetap berada dalam kondisi terbaiknya.

Dan kalian juga enggak usah repot nyari peralatan extra, karena dengan sebuah kuas bisa mencukupi. Namun jika punya tools yang baik buat membersihkan kotoran pada PC, itu bisa jadi bonus besar.

Cara Sederhana Agar Suhu PC

Kemudian managemen kabel, dimana ini akan memberikan airflow lebih positif pada casing. Contoh, ketika aliran udara masuk ke casing, situasi kabel yang rumit dan enggak beraturan akan menghalangi aliran udara. Untuk itulah, managemen kabel itu bukan sekedar estetika aja, namun hal terpenting adalah memberikan kinerja aliran udara masuk dan keluar bisa mengalir dengan lancar.

Nah, kemudian juga case fan alias kipas casing. Terkadang banyak orang yang meremehkan kinerja fan yang biasa menempel pada casing. Padahal, itu akan memberikan hasil paling optimal buat ngejaga suhu tetep stabil, bahkan untuk semua perangkat sekalipun. Jadi, idealnya case fan itu lengkap buat ngasih airflow yang baik. Seperti saat ketika udara masuk, itu enggak secara otomatis hadir, namun disedot oleh fan menggantikan udara panas yang dihasilkan perangkat. Kemudian dibawa keluar oleh fan bagian belakang.

Cara Sederhana Agar Suhu PC

Untuk itulah, kipas casing jangan hanya ditaruh dibelakang aja atau dibagian depan aja. Namun lengkap dan mencukupi, antara kebutuhan untuk intake alias udara masuk dan outtake saat udara panas dibawa keluar. Dan hal terbaiknya, jika kalian bisa melengkapi semua slot fan pada case, itu bisa jadi bonus besar. Cuman perlu dicatat nih, mengatur posisi fan jangan sembarangan, cek posisi intake saat menyerap udara, dan cek posisi outake saat mengeluarkan udara panas.

Kemudian atur posisi casing agar bagian belakang tidak terlalu dekat dengan tembok, apalagi posisinya membelakangi monitor. Karena, saat udara panas keluar, itu enggak akan masuk lagi ke case atau enggak mempengaruhi perangkat lain.

Dan terakhir adalah jaga kondisi lingkungan sekitar. Situasi kotor di deket PC atau terlalu banyak peralatan juga akan mempengaruhi suhu PC itu sendiri. Ibaratnya ruangan kantor atau kamar kalian itu sebuah case. Suhu lingkungan yang panas bakal ngaruh, dan itu biasanya diperparah pada kondisi sekitar.

Cara Sederhana Agar Suhu PC

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa kita ungkap kali ini buat ngejaga suhu PC tetap aman buat buat dilalui, yang juga bakal memberikan kinerja maksimum. Meskipun enggak semua kita ungkap, yang pasti sih semoga bermanfaat ya!

 Baca Juga :



Comments

Related Posts