GIGABYTE B550 AORUS MASTER : Apa Yang Kami Ketahui Sejauh ini

Dari sekian banyaknya pilihan motherboard B550 yang udah hadir dipasaran, GIGABYTE B550 AORUS MASTER bisa jadi sesuatu yang menarik buat dipertimbangkan, khususnya ketika kalian suka perangkat yang enggak cuman hebat dalam kinerja, namun menginginkan fitur extra dalam hal desain maupun dukungan teknologi.

Penasaran? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : Monitor Gaming AORUS KD25F : Apa Yang Bisa Kamu Harapkan Sepenuhnya!

GIGABYTE B550 AORUS MASTER Review : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

Ini semua berkaitan dengan konsep desain, dimana seri AORUS kami rasa bisa melambangkan bagaimana estetika itu bisa berlaku jauh lebih positif. Dari bentuk visualnya aja, B550 AORUS MASTER udah memiliki kesan yang menyenangkan, berkelas dan tentu saja estetika yang terasa jauh lebih menarik.

GIGABYTE B550 AORUS MASTER

Hanya saja, kalian perlu mengeluarkan anggaran super extra, terlebih lagi sajian premium yang ditawarkan B550 AORUS MASTER juga nyatanya berlaku dalam urusan harga. Dengan nilai sebesar 5.7 jutaan, itu tentu cukup mahal untuk pergi. Disisi lain, terkadang harga yang hadir jadi hambatan tersendiri, terlebih lagi ketika user memiliki budget tersebut, mereka bisa mengambil seri mobo X570 sebagai pilihan high-end.

Meskipun, apa yang ditawarkan mobo ini bisa lebih berharga, baik dalam kinerja secara keseluruhan, estetika, atau bahkan dukungan extra lain yang terkadang menjadi nilai unggulan tersendiri pada B550 AORUS MASTER.

Desain

Desain secara keseluruhan punya makna positif, kesan yang berkelas, dan tentu saja estetika yang terasa jauh lebih menarik. Bahkan mobo ini bisa memberikan impresi pertama yang benar-benar menggoda saat pertama kali melihatnya dari dekat.

GIGABYTE B550 AORUS MASTER

B550 AORUS MASTER itu sendiri memiliki ukuran ATX dengan kombinasi warna hitam hampir secara keseluruhan dan sedikit aksen warna silver untuk mempercantik dari sisi finishingnya. Produsen mengatakan bahwa mobo ini memiliki desain PCB Tembaga eksklusif yang diklaim akan memastikan motherboard dapat menangani peningkatan beban daya yang diperlukan saat melakukan overclocking.

GIGABYTE B550 AORUS MASTER

16 Phase Power Digital juga jadi magnet tersendiri buat user yang menginginkan stabilitas kinerja yang baik untuk prosesor, apalagi jika kalian ingin memaksimalkan potensi OC yang dibawa CPU. Setidaknya, manfaat memiliki lebih banyak fase digital akan memberikan stabilitas tegangan output VRM lebih efektif, meskipun kami rasa itu enggaklah selalu benar sih.

Dan ya, kalian akan membutuhkan konektor Daya CPU extra dengan tambahan 8 + 4 pin. Gigabyte sendiri ini menawarkan presisi dan stabilitas tinggi dalam memberikan daya ke komponen motherboard yang paling haus tenaga dan sensitif energi. Setidaknya, ada isyarat bahwa mobo ini akan memberikan potensi kinerja yang baik dalam hal kinerja default, namun bisa berlaku lebih.

Spesifikasi Inti B550 AORUS MASTER
Socket / CPU AM4
Form Factor ATX
Chipset AMD B550
Memory Max 128 GB
Memory Type DDR4 Up To 5400 Mhz
Memory Slots 4
Audio Realtek® ALC1220-VB codec
LAN Realtek® 2.5GbE LAN chip (2.5 Gbit/1 Gbit/100 Mbit)
Color Black / Silver
PCI-E x16 Slots 3
M.2 Slots 2242/2280/22110 M-key
2242/2280/22110 M-key
2242/2280/22110 M-key
SATA 6 Gb/s 6
Back Panel Connectors 2 x SMA antenna connectors (2T2R)
1 x HDMI port
6 x USB 2.0/1.1 ports
5 x USB 3.2 Gen 2 Type-A ports (red)
1 x USB Type-C™ port, with USB 3.2 Gen 2 support
1 x Q-Flash Plus button
1 x RJ-45 port
1 x optical S/PDIF Out connector
5 x audio jacks
Wireless Networking Wi-Fi 6
Harga Rp5.750.000

Spesifikasi Internal

Ada total 4 slot RAM yang disediakan B550 AORUS MASTER yang mendukung XMP Profile dengan speed up to 5400Mhz. ini juga bisa menjadi pertanda positif buat kalian yang ingin memaksimalkan kinerja memori jauh lebih solid, bahkan untuk ruang OC paling tinggi sekalipun.

GIGABYTE B550 AORUS MASTER

3 Slot PCIe x16 juga disediakan, dimana pilihan utama adalah slot PCIe 4.0 yang bisa memberikan efektivitas bandwith jauh lebih tinggi, termasuk kompabilitas untuk perangkat yang masih mendukung PCIe 3.0. Produsen juga memberikan fitur extra pada slot utama dengan apa yang mereka sebut sebagai Reinforces PCIe dengan impedansi yang lebih rendah. Setidaknya, slot tersebut tidak akan mudah rusak dengan fitur tambahan extra yang dibawa Gigabyte.

GIGABYTE B550 AORUS MASTER

Nah, hal terbaik yang dibawa mobo ini adalah dukungan storage yang paling lengkap. Bahkan kalian bisa memasang SSD berbasis M.2 hingga 3 pilihan sekaligus, termasuk juga dukung SSD Gen 4.0 yang jauh lebih superior dalam hal kinerja di setiap slotnya. Sedangkan untuk dukungan kasual storage berbasis slot sata, ada 6 pilihan yang udah tersedia pada mobo ini.

GIGABYTE B550 AORUS MASTER

Konektivitas

Gigabyte B550 AORUS MASTER juga memiliki pilihan lengkap untuk konektivitas, seperti kehadiran port USB yang lengkap, baik yang disediakan melalui back panel I/, termasuk 6 x USB 2.0 dan 5 x USB 3.2 Gen 2 Type-A ports (merah) dan sebuah port USB Type C 3.2 Gen 2. Ini tentu jadi sajian menarik buat user yang memiliki segudang perangkat extra.

GIGABYTE B550 AORUS MASTER

Untuk konektivitas network, mobo juga superior dengan kehadiran LAN 2.5G yang mendukung kinerja tinggi maupun WiFi 802.11AC yang memungkinkan kinerja nirkabel gigabit, memberikan streaming video super lancar, pengalaman bermain game yang lebih baik dengan kecepatan hingga 2,4Gbps. Hal tersebut termasuk juga kehadiran Bluetooth 5 yang menyediakan jangkauan 4X melalui BT 4.2 dan dengan transmisi yang lebih cepat.

Audio & Fitur Extra Lainnya

Nah, sajian premium yang ditawarkan juga berlaku buat urusan audio, dimana B550 AORUS MASTER menawarkan Audio beresolusi tinggi yang bersertifikat Hi-Res Audio. Kehadiran ALC1220-VB Immersive Gaming ViBes tentu jadi salah satu alasannya, dimana produsen mengklaim bahwa produk ini mampu mereproduksi frekuensi hingga 40kHz atau lebih tinggi yang memastikan pengguna bisa memiliki kualitas audio terbaik setiap saat.

GIGABYTE B550 AORUS MASTER

Disamping itu, ALC1220 120dB (A) SNR HD Audio yang memiliki fitur Smart Headphone Amp bisa secara otomatis mendeteksi impedansi perangkat audio yang dipakai, mencegah masalah seperti volume rendah dan distorsi.

B550 AORUS MASTER juga memiliki kemudahan dalam urusan updating bios, salah satunya datang dalam bentuk tombol extra Q-Flash Plus yang hadir dibagian belakang port I/O. Artinya bahwa pengguna bisa melakukan proses update bios tanpa perlu membutuhkan perangkat extra untuk memulai, seperti kehadiran prosesor, grafis, memory.

GIGABYTE B550 AORUS MASTER

Hal yang perlu dibutuhkan adalah mobo itu sendiri, dimana kalian hanya perlu download file bios, extract, kemudian simpan di flashdrive, lalu tinggal tekan tombol Q-Flash Plus dan selesai. Setidaknya ini bisa memberikan banyak manfaat tanpa perlu proses ribet untuk memulai.

Bios & Dukungan Software

Bicara mengenai Bios, interface yang ditawarkan Gigabyte terkadang jadi salah satu yang terbaik. Tentu, kehadiran fitur lengkap dan interface yang bersahabat bisa memudahkan banyak pengguna, bahkan buat kasual user sekalipun.

GIGABYTE B550 AORUS MASTER

Bios yang ditawarin pada mobo ini juga memberikan lebih banyak informasi pada perangkat extra yang dibawa, seperti storage, tipe memory dan sebagainya. Ini tentu bisa memberikan nilai pasti buat pengguna yang ingin mengetahui lebih detail tentang perangkat extra yang dibawanya.

GIGABYTE B550 AORUS MASTER

Sedangkan buat software, produsen sendiri menawarkan banyak dukungan software, termasuk RGB Fusion untuk mengatur pencahayaan baik pada mobo itu sendiri maupun perangkat lain yang kompatible.

GIGABYTE B550 AORUS MASTER

Namun, hal yang paling bermanfaat adalah kehadiran App Center, dimana ini boleh dibilang merupakan command centernya aplikasi utama perangkat Gigabyte. Disini, kalian bisa melakukan proses instalasi software yang bisa mendukung kinerja paling efektif untuk perangkat berbasis Gigabyte secara otomatis, termasuk juga updating.

Kesimpulan

Gigabyte B550 AORUS MASTER bisa jadi salah satu pilihan mobo B550 terbaik hingga hari ini. Desain yang positif, stabilitas maupun kinerja sistem yang lebih efektif, banyak fitur extra, bahkan dukungan storage paling lengkap tentu jadi salah satu nilai unggulan pasti B550 AORUS MASTER.

GIGABYTE B550 AORUS MASTER

Meskipun, untuk mendapatkannya tentu tidak datang dengan murah. Karena nilai premium yang ditawarkannya juga berlaku untuk harga, dimana nilai sebesar 5.7 jutaan bisa sangat mahal untuk dipertimbangkan. Apalagi ini masih terhitung mobo mid-range, meskipun untuk kelasnya sih udah masih hitungan high-end.

Tapi, kita enggak memungkiri bahwa harga mahal bisa sepadan dengan apa yang ditawarkan mobo itu sendiri kepada user, khususnya buat mereka yang ingin memaksimalkan potensi kinerja semua perangkat dalam satu tempat. Setidaknya itu bisa memungkinkan ketika kalian memakai B550 AORUS MASTER.

Jadi, suka atau enggak, GIGABYTE B550 AORUS MASTER bisa banget buat dipertimbangkan sebagai pilihan mobo enthusiast hebat dengan banyak sajian menarik, bahkan bisa jadi aset berharga jangka panjang, setidaknya untuk beberapa tahun kedepan.

 Baca Juga :



Comments

Related Posts