- Gaming Gear, Hardware, Monitor

Monitor Gaming AORUS KD25F : Apa Yang Bisa Kamu Harapkan Sepenuhnya!

Dunia e-Sport tentu butuh fokus tinggi, karena nyatanya bukan cuman skill aja yang dibutuhkan, namun perangkat yang hadir juga perlu didukung, sebagaimana kehadiran monitor gaming dengan refresh rate tinggi maupun waktu respon yang cepat. Dan ketika kalian butuh monitor gaming handal dan bisa memenuhi semua hal tersebut, AORUS KD25F kayaknya bisa banget buat dipertimbangin.

Penasaran? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : Gigabyte Luncurkan Mobo Terbaru Z490 AORUS ULTRA G2 – Pilihan Premium Untuk Gamer Modern

Monitor Gaming AORUS KD25F : Apa Yang Kami Ketahui Sejauh ini

Gigabyte punya jajaran lengkap buat urusan monitor gaming, termasuk AORUS KD25F. Seri premium dari produsen asal Taiwan ini bisa ideal untuk memenuhi kebutuhan gamer e-Sport yang butuh perangkat cepat agar bisa menyeimbangkan kegiatan mereka dalam kompetisi.

AORUS KD25F

Refresh rate yang tinggi hingga 240hz, waktu respon super cepat hingga 0.5ms dan dukungan fitur extra lain bisa memberikan manfaat nyata bagi mereka, terlebih lagi bentuk desain yang juga enggak kalah serunya.

Monitor gaming itu sendiri memiliki ukuran display 25”, sesuatu yang nyaman untuk kebutuhan visual pengguna hari ini. Enggak terlalu kebesaran, kecil pun engggak, bisa dibilang sangat memadai, bahkan ukuran ini jadi sweet sport untuk kebanyakan user tahun ini.

Disamping itu, dezel tipis di setiap samping (kecuali bagian bawah) bisa memberikan ruang yang lebih luas dan terasa banget nilai premiumnya. Hal terbaik dari monitor ini adalah desain yang punya “rasa” gamer banget dan jelas bisa punya wibawa tersendiri saat show off.

Tentu saja, aura bergaya manukers sejati dengan dukungan pencahayaan RGB dibagian belakang jadi salah satu daya tarik tersendiri bagi gamer, bahkan bisa singkron dengan pencahayaan lain melalui software RGB Fusion lewat kabel data USB yang juga disediakan saat kalian membelinya. Inilah mengapa KD25F punya nuansa yang terlihat mewah saat kalian melalui banyak hal bersama monitor gaming ini.

Sedangkan buat urusan konektivitas, ada dua pilihan port display inti yang disajikan melalui KD25F, yaitu port HDMI 2.0 x2 dan sebuah Display port 1.2. Sisa pilihan lain bisa memberikan ruang extra bagi pengguna, termasuk 3 port USB 3.0 termasuk sebuah jack earphone yang dukung audio combo.

Bicara mengenai audio, monitor ini bisa memberikan manfaat extra saat kalian menghubungkan headset pada monitor tersebut dengan dukungan ANC alias Active noise cancellation. Fitur ini cukup istimewa, dimana ini bisa memberikan peredaman bising di area sekitar, sehingga saat bermain dan headset terhubung ke monitor, suara kalian bisa lebih jelas terdengar oleh orang lain atau tim demi terciptanya kerjasama yang baik.

Spesifikasi inti

Spesifikasi Inti AORUS KD25F
Panel Size (diagonal) 24.5”
Panel Type  TN
Color Saturation 100% sRGB
True Resolution 1920 X1080 (Full HD)
Brightness (Max.) 400 cd/m2 (TYP.)
Contrast Ratio (Max.) 1000 : 1 (TYP.)
Viewing Angle 170°(H)/160°(V)
Display Colors 16.7M colors
Response Time 0.5 ms (MPRT)
Refresh Rate (Max.) 240Hz
Flicker-free YES
Signal Input HDMI 2.0 x2, Display port 1.2 x1
Earphone Jack Yes
USB port(s) USB 3.0 x2
Tilt(angle) -5°~+21°
Swivel(angle) -20°~+20°
Pivot(angle/direction) +90°
Height Adjustment (mm) 130mm
VESA Wall Mounting(mm) 100*100mm
Kensington lock Yes
Phys. Dimension with Stand(WxHxD) 558 X 485~548 X 236
Net Weight (Esti.) 6.8kg
Harga Rp7.899.000

Ketika fitur desain bawa daya tarik tersendiri, AORUS KD25F nyatanya bisa memberikan sesuatu yang berharga buat gamer modern dengan pilihan spesifikasi tinggi. Monitor itu sendiri memiliki ruang resolusi maksimum hingga FullHD (1920×1080), resolusi yang sangat ideal untuk dilalui buat gamer hari ini, termasuk tipe panel TN sebagai pilihan utamanya.

Panel tersebut mungkin memberikan keterbatasan dalam hal visual gambar yang kurang tajam maupun sudut pandang, namun nyatanya pilihan ini masih banyak dicari untuk gamer eSport yang butuh fokus tinggi. Disamping itu, kebanyakan monitor gaming dengan refresh rate tinggi rata-rata memiliki panel berbasis TN sebagai pilihan utamanya.

Dan berbicara mengenai refresh rate, monitor ini siap memberikan pilihan terbaik dengan refresh rate maksimum hingga 240Hz, sehingga bisa memberikan solusi pasti sebagai jembatan ideal untuk setiap frame tinggi yang dikeluarkan komponen grafis pada tampilan monitor. Hasilnya, ketika kartu grafis kalian bisa memberikan nilai Fps diatas 100 atau bahkan lebih, monitor tersebut masih sanggup untuk menyeimbangi kecepatan setiap frameratenya. Intinya, pengalaman bermain game bisa terasa jauh lebih mulus dibandingkan dengan monitor gaming standar dengan refresh rate yang lebih rendah.

AORUS KD25F

Disamping itu juga monitor ini membawa waktu respon jauh lebih cepat hingga 0.5ms, sehingga  bisa memberikan arti pengalaman bermain yang paling lancar dalam setiap gerak yang kalian lakukan pada game, apalagi jika game tersebut membutuhkan aksi yang cepat. Sisa pilihan spesifikasi unggulan lain pada AORUS KD25F juga sangat menjanjikan, termasuk kompabilitas dengan Nvidia G-Sync maupun AMD FreeSync.

Kehadiran fitur ini tentu akan memberikan nilai sempurna untuk terbebas dari segala masalah yang biasa hadir pada keterbatasan layar. Seperti ketika dukungan G-SYNC bisa menyinkronkan kecepatan tampilan layar ke GPU di PC (yang kompatibel), sehingga bisa menghilangkan masalah seperti screen tearing dan meminimalisir display stutter maupun input lag.

Fitur Extra

Monitor itu sendiri memiliki beberapa fungsi extra yang bisa memudahkan kegiatan pengguna, termasuk sudut Tilt(kemiringan) mulai dari -5° hingga +21°, sudut Swivel(putar)mulai dari -20° hingga +20° dan Pivot hingga rotasi 90°.

Beberapa fitur premium yang biasa hadir pada seri monitor gaming premium Gigabyte juga hadir, termasuk Aim Stabilizer yang akan memberikan fokus extra bagi pengguna dalam permainan FPS, Dashboard yang memberikan informasi detail tentang hardware pc yang kalian miliki, dan Black Equalizer, pengaturan untuk detail warna gelap tanpa harus merubah banyak warna disekitarnya.

Kemudahan pengaturan banyak hal tersebut bisa juga dilakukan secara mudah melalui software ketika pilihan manual agak ribet. OSD Sidekick bawaan gigabyte merupakan solusinya, terlebih lagi software ini memiliki interface sederhana dan cukup mudah untuk dimengerti.

Kesimpulan

AORUS KD25F bisa memberikan pilihan nyata untuk sebuah monitor gaming handal dengan banyak fitur unggulan. Kehadiran refresh rate tinggi hingga 240Hz, waktu respon super cepat hingga 0.5ms, resolusi maupun ukuran display yang ideal, kompatible dengan Nvidia G-Sync maupun FreeSync dan bentuk desain premium yang memberikan kesan berkelas tentu jadi salah alasannya.

AORUS KD25F

Cuman, harga enggak datang dengan murah, dimana kalian perlu mengeluarkan budget sekitar 8 jutaan kurang. Disamping itu, panel TN terkadang jadi minus tersendiri dengan kualitas warna yang terasa lebih hambar, meskipun kebanyakan monitor gaming hadir dengan pilihan tersebut. Setidaknya ini bisa jadi catatan kalian sebelum membelinya, walaupun minus yang ditawarkan sebenernya enggak terlalu berpengaruh besar untuk setiap game yang bakal kalian lalui.

Terlepas dari itu semua, AORUS KD25F pada dasarnya bisa worth banget buat kalian yang butuh monitor gaming cepat untuk dukung segala kegiatan tinggi kalian dalam hal gaming, apalagi dalam hal kompetisi. Namun jika kalian hanya seorang kasual gamer, dan lebih mementingkan resolusi tinggi maupun kualitas visual yang jauh lebih baik, maka perangkat tersebut tentu bukan pilihan idealnya.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat