- Gaming Gear, Hardware, Monitor

ASUS TUF Gaming VG249Q : Monitor Gaming Solid Budget 3 Jutaan Dengan Spek Internal Mumpuni

Monitor gaming yang handal tentu jadi impian gamer modern hari ini. Dan ketika kalian sedang nyari pilihan seru pada harga yang boleh dibilang lebih pantas, maka ASUS TUF Gaming VG249Q kayaknya bisa banget buat dipertimbangin. Cuman jika kalian masih penasaran, simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : 5 Pilihan Laptop 6 Jutaan Yang Worth Banget Buat Kalian Pertimbangkan

ASUS TUF Gaming VG249Q : Apa Yang Kami Ketahui Sejauh ini

ASUS TUF Gaming VG249Q itu sendiri dibanderol dengan harga sekitar 3.7 jutaan. Enggak murah sih, tapi mahal pun enggak juga. Ini bisa dibilang pas, terlebih lagi kalian akan mendapatkan spesifikasi mumpuni buat dukung kegiatan gaming cepat maupun nilai visual yang menarik.

1. Desain

Desain secara keseluruhan sih mungkin masih punya kesan biasa, namun monitor ini terlihat rapi dan enggak ribet dengan warna hitam pekat yang bisa nunjukin kesan gahar dan siap buat berperang. Sedangkan bahan materi chassis sepenuhnya terbuat dari bahan plastik di hampir keseluruhan bagian yang menutupi display.

ASUS tampaknya mengorbankan bahan untuk memberikan pilihan spesifikasi internal lebih solid, meskipun seutuhnya TUF Gaming VG249Q sangat kokoh dan bisa jadi andalan buat pemakaian lama.

ASUS TUF Gaming VG249Q

Dengan membawa ukuran 24”, monitor ini sepenuhnya mendukung banyak fitur extra buat kegiatan pengguna saat didepan perangkat. Produsen menyebutnya sebagai desain yang ergonomis, dimana VG249Q mendukung beberapa posisi seperti penyesuaian kemiringan, putar, pivot, maupun ketinggian. Layar ini juga kompatibel dengan VESA mount, sehingga kalian bisa memasangnya di dinding dengan mudah.

ASUS TUF Gaming VG249Q

Bezel tipis di sekitar layar juga bisa jadi perhatian extra pengguna saat pertama kali melihat monitor ini, terlebih lagi selain menawarkan estetika yang terlihat berkelas, namun juga visual bakal terasa lebih luas.

ASUS TUF Gaming VG249Q

Berat yang ditawarin monitor itu sendiri memiliki beban utuh sekitar 6.5Kg. Dan ketika kalian membelinya, produsen hanya memberikan pilihan kabel extra termasuk kabel HDMI, kabel daya.

2. Konektivitas

Nah, bicara mengenai, VG249Q memiliki beberapa pilihan port I/O utama buat nyambungin ke perangkat utama, diantaranya adalah sebuah port HDMI, D-Sub dan DisplayPort, Sedikit sih, tapi kami rasa itu udah mencukupi, terlebih lagi monitor ini juga nawarin input audio dengan kehadiran 3.5mm Mini-Jack yang mendukung stereo Speakers 2W.

ASUS TUF Gaming VG249Q

3. Spesifikasi Internal

Spesifikasi Inti TUF Gaming VG249Q
Screen Size 23.8″
Resolution 1920 x 1080
Refresh Rate 144 Hz
Response Time (MPRT) 1 ms
Panel Type IPS
Aspect Ratio 16:09
Color Black
Brightness 250 cd/m²
Widescreen Yes
Interface 1x HDMI
1x VGA
1x DisplayPort
Frame Sync AMD FreeSync
Built-in Speakers Yes
Viewing Angle 178° H x 178° V
Harga Rp3.750.000

Nah, spesifikasi internal bisa menjadi bagian terbaik dari apa yang bisa ditawarin ASUS TUF Gaming VG249Q. Resolusi sih mungkin masih terbatas pada 1080p (1920×1080), namun nilai extra yang bisa dibawa bisa berharga buat gamer.

ASUS TUF Gaming VG249Q

Contoh nyatanya adalah panel IPS, dimana ini tentu akan memberikan keuntungan tersendiri enggak cuman sudut pandang yang lebih luas hingga 178°, namun juga nawarin kualitas warna yang lebih baik dibanding monitor berbasis TN.

Selain panel IPS, monitor ini juga memiliki refresh rate tinggi hingga 144Hz maupun waktu respon cepat hingga 1ms. Dua combo spesifikasi ini bisa memenuhi tuntutan gamer modern yang menginginkan monitor jauh lebih responsif dalam upaya untuk memenangkan setiap pertandingan maupun pengalaman gaming yang jauh lebih seru.

ASUS TUF Gaming VG249Q

Refresh rate tinggi itu sendiri bisa memastikan bahwa game berkecepatan tinggi yang dimainkan pada pengaturan visual tertinggi akan terlihat mulus dan benar-benar bebas lag. Setidaknya ini akan menjadi modal berharga kalian saat beraksi jauh lebih efektif untuk game yang butuh akselerasi cepat.

Jadi, ketika ukuran 24” sudah sangat memadai buat ruang visual pengguna, maka dukungan beberapa fitur inti seperti panel IPS, refresh rate tinggi hingga 144Hz dan waktu respon cepat tentu akan menyempurnakan sebuah monitor gaming. Dan hal tersebut berlaku banget buat TUF Gaming VG249Q.

4. Dukungan Teknologi

Selain memiliki pilihan spesifikasi mumpuni, monitor ini juga mendukung beberapa teknologi unggulan yang terkadang memberikan manfaat nyata buat pengguna. Salah satunya adalah dukungan teknologi AMD FreeSync. Ini tentu bisa menjadi solusi gamer untuk menghindari masalah screen tearing dan mengurangi stuttering.

Beberapa teknologi extra lain juga dibawa pada VG249Q, termasuk GamePlus mode, dimana kehadiran fitur ini bisa membantu memudahkan pengguna buat navigasi atau penunjuk seperti Crosshair, Timer, FPS Counter dan Display Alignment.

Ada 7 mode tampilan yang bisa dipakai pengguna saat memakai monitor ini dan bisa disesuaikan dengan kenyamanan mereka, diantaranya adalah Scenery, Racing, Cinema, RTS, RPG, FPS dan sRGB. Setidaknya, pilihan ini bisa memberikan kemudahan saat tampilan default terasa kurang nyaman.

ASUS TUF Gaming VG249Q

Dan terakhir adalah dukungan teknologi Shadow Boost, dimana kalian bisa meng-ekspos lebih detail area gelap, meningkatkan tampilan keseluruhan sekaligus jauh lebih detail. Setidaknya ini bisa bawa keunggulan tersendiri saat sedang menemukan musuh di area yang susah terlihat.

Kesimpulan

Suka atau enggak, ASUS TUF Gaming VG249Q bisa banget buat rekomendasi utama kalian saat sedang mencari monitor gaming handal pada harga yang lebih pantas. Spesifikasi tinggi dengan refresh rate 144Hz, waktu respon 1ms, panel IPS dan ukuran 24” tentu jadi sajian utamanya. Terlebih lagi monitor ini juga mendukung beberapa teknologi unggulan, termasuk AMD FreeSync maupun Shadow Boost.

Disamping itu, kualitas TUF juga dikenal sangat handal untuk pemakaian jangka lama, meskipun bahan materi mungkin terlihat rapuh. Tapi jangan khawatir, ASUS sendiri menjamin perangkat ini dengan garansi cukup panjang, meskipun enggak dijelaskan secara detail sih. Minus yang kami rasa mungkin berada pada managemen kabel yang terkadang kalian perlu atur sendiri buat urusan pengkabelan.

Meskipun belum kami ungkap sepenuhnya, setidaknya ada jawaban buat kalian saat sedang mencari monitor gaming solid budget 3 jutaan dengan rekomendasi utama bisa datang pada ASUS TUF Gaming VG249Q.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat