- Hardware, Motherboard

ASUS TUF Gaming Z490-Plus WiFi : Motherboard Handal Pada Harga Yang Lebih Masuk Akal

ASUS TUF Gaming Z490-Plus WiFi bawa banyak hal seru buat pengguna modern hari ini, khususnya bagi mereka yang menginginkan solusi lengkap untuk sebuah motherboard high-end maupun bahan materi yang benar-benar jauh lebih menyenangkan. Harga yang ditawarin juga lebih masuk akal, termasuk beberapa fitur extra yang dibawanya

Nah, mau tau lebih tentang TUF Gaming Z490-Plus WiFi? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : Buyer’s Guide – Rakit PC Budget 5 Jutaan : Pilihan Komponen Yang Ideal

ASUS TUF Gaming Z490-Plus WiFi : Apa Yang Kami Ketahui Sejauh ini

Ketika pilihan Intel 10th gen K-series jadi pilihan utama kalian, maka kehadiran mobo Z490 wajib jadi prioritasnya. Nah, salah satu kandidat solid yang bisa banget buat rekomendasi adalah TUF Gaming Z490-Plus WiFi dari ASUS. Motherboard ini menawarkan cukup banyak fitur bermanfaat bagi pengguna, terlebih lagi stabilitas sistem maupun potensi kinerja bisa jauh lebih efektif.

TUF Gaming Z490-Plus WiFi itu sendiri hadir dalam bentuk faktor ATX dengan pilihan komponen internal yang benar-benar solid untuk daya tahan jauh lebih lama dari apa yang bisa kalian harapkan. 6-layer PCB, soket ProCool, komponen TUF military grade dan Digi + VRM untuk daya tahan maksimum tentu jadi magnet utama mobo ini.

ASUS TUF Gaming Z490-Plus WiFi

Hal terbaiknya, mobo ini membawa 12 + 2 DrMOS power stages yang bisa memberikan daya efektif dan stabilitas paling optimal saat melakukan overclocking cukup tinggi pada prosesor. Setidaknya, apa yang ditawarkan pada mobo ini bisa nyaman untuk kegiatan extra pengguna selain pilihan default.

ASUS TUF Gaming Z490-Plus WiFi

Estetika juga enggak kalah menariknya, terlebih lagi tampilan dengan rasa TUF Gaming Alliance punya wibawa tersendiri, meskipun fitur pencahayaan RGB sangat sedikit melalui bagian belakang mobo aja. Namun, mobo ini bisa jadi fondasi utama untuk membangun sesuatu yang berkelas tanpa kehadiran RGB, meskipun masih mendukung perangkat lain yang membawa fitur tersebut dengan kehadiran 2 RGB Strips header maupun sebuah addressable Gen 2 header.

Spesifikasi Internal

Spesifikasi Inti TUF Gaming Z490-Plus WiFi
Socket / CPU LGA1200
Form Factor ATX
Chipset Intel Z490
Memory Max 128 GB DDR4
Memory Slots 4, Up to 4800Mhz
Color Black
SLI/CrossFire CrossFire Capable
PCI-E x16 Slots 2
PCI-E x1 Slots 3
M.2 Slots 2242/2260/2280/22110 M-key
2242/2260/2280 M-key
Onboard Ethernet 1 x 1000 Mbit/s
SATA 6 Gb/s 6
USB 2.0 Headers 1
USB 3.2 Gen 1 Headers 1
USB 3.2 Gen 2 Headers 1
Wireless Networking Wi-Fi 6
Harga Rp3.779.000

Ada total 4 slot RAM yang dibawa mobo ini dengan dukungan maksimum memori hingga 128GB. Pilihan speed yang bisa ditampung mobo ini juga cukup tinggi hingga 4800 Mhz (OC), yang setidaknya akan memberikan kabar baik bagi PC Buider untuk membongkar kinerja jauh lebih superior dalam urusan OC memori.

ASUS TUF Gaming Z490-Plus WiFi

Sedangkan untuk PCIe, TUF Gaming Z490-Plus WiFi hadir dengan 5 slot ekspansi, termasuk 1 x PCIe 3.0 x16 (x16 mode), 1 x PCIe 3.0 x16 (x4 mode) dan 3 x PCIe x1. Mobo ini mendukung teknologi AMD 2-Way CrossFireX, meskipun pilihan default single GPU kayaknya udah mencukupi tuh bro.

ASUS TUF Gaming Z490-Plus WiFi

Untuk storage, produsen membawa dua slot M.2 yang mendukung SSD kenceng yang udah ada dipasaran hari ini, meskipun masih terbatas hingga M.2 SSD Gen3 saja. Tapi, itu sudah bisa mencukupi ruang extra pengguna untuk memaksimalkan kinerja, terlebih lagi ukuran yang ditawarkan bisa bervariasi termasuk juga dukung teknologi Intel Optane maupun Rapid Storage.

Sedangkan untuk port Sata, ada total 6 port yang bisa memberikan cukup banyak pilihan bagi pengguna yang masih terbatas pada pilihan storage yang datang dengan interface SATA 6Gb/s.

Konektivitas

Buat urusan konektivitas, ASUS TUF Gaming Z490-Plus WiFi membawa pilihan lengkap. Karena enggak cuman sekedar kehadiran Intel Gigabit LAN saja yang jadi daya tariknya, namun juga dukungan Intel WiFi 6 yang bisa memberikan kemudahan untuk networking secara kabel, plus potensi speed yang jauh lebih solid.

Teknologi Intel Wi-Fi 6 itu sendiri diklaim menghadirkan kinerja nirkabel yang jauh lebih revolusioner untuk bermain game, streaming video, transfer file media besar, dan aktivitas intensif bandwidth besar lainnya. Setidaknya ini bisa jadi modal masa depan kalian saat fitur tersebut benar-benar tersedia penuh di negara kita.

ASUS TUF Gaming Z490-Plus WiFi

Sedangkan untuk port USB, ada total 10 port USB yang tersebar baik dibagian backpanel atau bisa terhubung dengan front panel yang disajikan pada Casing. Beberapa pilihan bisa solid banget buat kinerja terbaik, diantaranya adalah :

Backpanel :

  • 2 x USB 3.2 Gen 2 port(s)(1 + Type-A +1 + USB Type-C®)
  • 4 x USB 3.2 Gen 1 port(s)(4 x Type-A)

Front USB Port :

  • 1 x USB 3.2 Gen 2 front panel connector port(s)(1 x USB Type-C®)
  • 1 x USB 3.2 Gen 1 port(s)(2 x Type-A)
  • 1 x USB 2.0 port(s)(2 x Type-A)
  • 1 x USB 2.0 port(s)(1 x Type-A)

Audio

Sedangkan untuk audio, produsen membawa solusi Realtek S1200A codec yang diklaim bisa memberikan kualitas audio murni dengan rasio signal-to-noise 108 dB untuk stereo line out dan 103 dB SNR untuk line in. Setidaknya ini bisa jadi modal yang sangat baik untuk kegiatan extra pengguna seperti dengerin musik, hiburan apalagi untuk gaming.

ASUS TUF Gaming Z490-Plus WiFi

Bios & Software Extra

Secara utuh, bios yang ditawarkan pada mobo ini memiliki interface yang mudah untuk dilalui, terlebih lagi kehadiran Ai Overclock Tuner yang bisa memberikan nilai pasti dan secara otomatis akan memberikan kinerja jauh melebihi pilihan default. Setidaknya ini akan memudahkan pengguna yang enggak pengen ribet dalam urusan OC namun masih menginginkan kinerja penuh dari sistem atau prosesor yang dibawa.

TUF Gaming Z490-Plus WiFi

Software pada dasarnya bisa sama dengan apa yang biasa oleh ASUS, termasuk Armoury Crate sebagai command centernya perangkat dari produsen, EZ Update untuk memudahan update bios , dan ASUS TURBO Lan yang bisa memboosting performa koneksi network jauh lebih efektif. Sisa pilihan software bisa optional, meskipun terkadang ada bundle yang enggak terlalu bermanfaat bagi pengguna sih.

Kesimpulan Awal

Suka atau enggak, TUF Gaming Z490-Plus WiFi punya banyak hal menarik bagi pengguna, khususnya bagi mereka yang menginginkan nilai pasti dari kualitas hebat yang dibawa mobo demi tercapainya kestabilan sistem yang baik, bahkan untuk waktu terlama sekalipun.

Setidaknya mobo ini akan menjadi aset berharga jangka panjang, termasuk beberapa fitur extra yang jauh lebih bermanfaat seperti Intel WiFi 6 untuk konektivitas wireless terbaik, komponen TUF military grade yang solid, 12 + 2 DrMOS power stages yang positif dan tentu saja pengaturan bios yang mudah. Harga yang ditawarin juga cukup masuk akal, dimana kalian perlu ngeluarin anggaran sekitar 3.7 jutaan, meskipun bukan yang termurah sih. Tapi setidaknya pilihan ini sudah membawa banyak nilai extra yang sangat bermanfaat bagi PC Builder.

Minusnya sih berada pada pilihan software, yang terkadang kita enggak terlalu membutuhkan software extra tersebut untuk stabilitas sistem yang jauh lebih baik. Dan terkadang, suka ada beberapa bug yang justru kurang ideal untuk dijalani, seperti proses instalasi armoury crate maupun update otomatis yang dibawanya.

Namun begitu, TUF Gaming Z490-Plus WiFi masih bisa banget sebagai salah satu mobo rekomendasi lain, khususnya pada kualitas yang dibawa maupun harga yang pas. Jadi, itu dia preview singkat kita tentang motherboard terbaru ASUS ini, meskipun belum sepenuhnya kita ungkap.

 Baca Juga :



About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat