ASUS ProArt Z490-Creator 10G : Motherboard Yang Bisa Dobrak Semua Kreativitas Kalian

ASUS ProArt Z490-Creator 10G : Motherboard Yang Bisa Dobrak Semua Kreativitas Kalian

Enggak semua orang butuh motherboard untuk kebutuhan gaming, karena di luar sana masih banyak orang yang memiliki pekerjaan berbeda, termasuk kebutuhan professional. Disinilah, ASUS memiliki solusi yang bisa ideal banget buat mereka dengan kehadiran seri ProArt Z490-Creator 10G.

Nah, penasaran dengan apa yang bisa ditawarin motherboard tersebut? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : Cooler Master MasterFan SF240R ARGB & Extension Cable Kit : Apa Yang Kami Ketahui Sejauh ini

ASUS ProArt Z490-Creator 10G : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

Memenuhi perangkat yang ideal untuk pembuatan konten tentu sangat menyenangkan, hanya saja terkadang pilihan yang hadir masih terbatas, termasuk untuk kebutuhan motherboard. Untungnya, ASUS mendengarkan mereka, sehingga produsen asal Taiwan ini memberikan solusi yang efektif dengan kehadiran ProArt Z490-Creator 10G.

ASUS ProArt Z490-Creator 10G

Nuansa motherboard ini lekat sekali dengan kalangan professional, rapi, berkelas, bahkan tidak ada nuansa aura gaming yang terkadang justru memberikan wibawa tersendiri bagi pengguna. Kalian jangan harap melihat fitur ROG dengan segala kehebohannya pada mobo ini, justru estetika yang terasa nyaman dan terkadang lebih baik tanpa kehadiran RGB.

Dengan membawa ukuran ATX yang memiliki Panjang sekitar 30cm dan lebar sekitar 23.4cm, motherboard ini siap menjadi pemenuh kebutuhan hasrat kreatif pembuat konten dari segala aspek, meskipun kami rasa ada beberapa kekurangannya sih.

ASUS sendiri mengatakan bahwa seri ProArt dibangun untuk menghilangkan hambatan dan memberikan kinerja optimal bagi pembuat konten yang bekerja dalam pemodelan dan rendering 3D, animasi atau produksi media. Hasilnya, mobo ini bisa cukup efektif bagi mereka yang ingin lebih berkonsentrasi pada kreativitas dan memperluas apa yang mungkin ada melalui ide-ide gila kalian.

ASUS ProArt Z490-Creator 10G

Apa yang menarik menurut kami saat pertama kali melihat mobo ini adalah kehadiran shield armor bergaris yang menutupi MOSFETs dibagian sekitar VRM maupun slot M.2 membuatnya justru tampak elegan, termasuk logo ProArt itu sendiri yang juga punya nilai istimewa bagi pengguna dengan lapisan warna silver yang memiliki arti tersendiri dengan kesan menawan.

Spesifikasi Internal

Spesifikasi Inti  ASUS ProArt Z490 Creator 10G
Socket / CPU LGA1200
Form Factor ATX
Chipset Intel Z490
Memory Max 128 GB
Memory Type DDR4
Memory Slots 4
Memory Speed Up to DDR4-4800
Color Black
SLI/CrossFire CrossFire Capable
PCI-E x16 Slots 3
PCI-E x1 Slots 2
M.2 Slots 2242/2260/2280/22110 M-key
2242/2260/2280/22110 M-key
Onboard Ethernet 1 x 2.5 Gbit/s
SATA 6 Gb/s 6
USB 2.0 Headers 2
USB 3.2 Gen 1 Headers 1
RAID Support Yes
Harga Rp5.639.000

Sedangkan untuk melengkapi kebutuhan pembuat konten bisa terasa lebih sempurna, ASUS memberikan cukup banyak fitur seru, termasuk 4 slot RAM dengan kapasitas maksimum hingga 128GB DDR4, termasuk dukung kecepatan memori hingga 4800Mhz. ASUS ngeklaim bahwa pilihan memori yang bisa dipasang pada mobo sangat luas, sehingga kalian enggak usah khawatir mengenai kompabilitas.

ASUS ProArt Z490-Creator 10G

Chipset intel Z490 itu sendiri terhitung sangat baru, sehingga mobo ini hanya mendukung prosesor Intel generasi ke10 Comet Lake LGA 1200, termasuk dukungan teknologi Intel Turbo Boost 2.0 maupun Intel® Turbo Boost Max 3.0.

Untuk kebutuhan grafis, mobo ini hadir dengan tiga slot PCIe 3.0 yang bisa dukung kartu grafis berdaya tinggi seperti NVIDIA® Quadro, termasuk klaim yang bisa ningkatin kinerja dalam desain profesional, pemodelan, simulasi serta aplikasi rendering. Sedangkan sisanya adalah 2 slot PCIe 3.0 x1 untuk komponen peripheral extra.

Sedangkan untuk kebutuhan konektivitas, ASUS ProArt Z490 ini hadir dengan pilihan yang sangat lengkap, termasuk ketersediaan dua port Thunderbolt 3 untuk display yang bisa memberikan resolusi hingga 8K, 2 port Thunderbolt 3 Type C untuk kebutuhan transfer data yang superior, 4 port USB 3.2 Gen 2, 2 port USB 3.2 Gen 1, Intel 2.5Gb LAN. Mobo ini juga bisa menampung kebutuhan extra melalui Front USB Panel, termasuk akses untuk sebuah port USB Type C, 2 buah port USB 3.2 Gen 1 dan 4 port USB 2.0.

Jika kalian berencana untuk mengandalkan integrated grafis bawaan prosesor, mobo ini juga punya ketersediaan port display yang sangat mencukupi, termasuk port HDMI maupun displayport 1.4. Sayangnya, produsen tidak menyediakan kebutuhan konektivitas WiFi bawaan yang terkadang bisa membuatnya bisa terasa lebih sempurna untuk akses internet tanpa kabel. Bicara mengenai internet, selain solusi LAN yang bisa sangat memadai, nyatanya produsen juga memberikan bonus extra dengan kehadiran Hyper 10G Lan Card.

Artinya bahwa kehadiran perangkat extra ini bisa memberikan speed hingga 10 kali lebih cepat dari Gigabit Ethernet standar, sehingga Hyper 10G Lan Card bisa membantu untuk memaksimalkan kegiatan transfer data ke perangkat lain melalui LAN atau internet bisa terasa  jauh lebih mudah, bahkan untuk transfer file besar maupun unggah video 4K sekalipun. Cuman, perangkat ini opsional, dimana kalian bisa memasangnya melalui slot PCIe® 3.0. Tidak ada instalasi maupun software yang dibutuhkan untuk membuatnya bekerja.

Sedangkan untuk storage, kalian bisa memasang SSD hingga dua pilihan dengan ketersediaan dua slot PCIe 3.0 x4 M.2 yang dukung tipe NVMe Gen 3 dan 6 port Sata. Intinya mencukupi, tidak kurang ataupun berlebihan.

Kemudian fitur extra yang terkadang suka dilupakan padahal punya peran besar dalam nentuin pilihan mobo yang pas adalah kehadiran Internal Port I/O seperti fan konektor dan sebagainya. ASUS Pro Art Z490  hadir dengan pilihan lengkap untuk urusan konektor fan, termasuk 6 fan konektor, baik untuk CPU Fan maupun AIO, 2 buah RGB Strips header, dan sebuah slot untuk ARGB Header Gen 2. Sisa pilihan bisa dibilang sama dengan seri Z490 lainnya dari ASUS, meskipun ada sedikit perbedaan dalam hal jumlah.

Audio disisi lain juga bisa jadi hal menyenangkan untuk dilalui, terlebih lagi mobo ini hadir dengan dukungan Crystal Sound 3 yang jernih. Intinya sih audio yang ditawarkan sangat mencukupi bagi kalian yang enggak pengen ngeluarin anggaran extra, khususnya untuk kegiatan gaming, nonton, musik atau komputasi umum. Suara bahkan bisa lebih nyaman jika kalian mendengarkan melalui headset.

Fitur Bios & Software Extra

Buat urusan bios, secara umum interface yang dihadirkan masih sama dengan pilihan lama, seperti EZ Mode maupun Advanced Mode. Hanya saja ada beberapa fitur istimewa yang terkadang justru bisa membuat banyak kemudahan bagi pengguna, salah satunya adalah kehadiran EZ Tuning Optimized dengan fitur AI. Artinya bahwa kalian bisa melakukan beberapa perubahan besar untuk kinerja yang lebih baik dengan hanya beberapa klik aja.

Ini bahkan bisa memberikan peran yang jauh lebih solid bagi pengguna yang menginginkan perubahan positif tanpa harus mengalami banyak hal ribet. Hadirnya AI Optimized akan memudahkan semua hal tersebut, termasuk dalam urusan OC.

Cuman, kalian tetep harus mengaktifkan XMP agar kinerja memori bisa makin efektif. Namun jika kalian ingin mendongkrak kinerja prosesor jauh lebih superior, OC masih bisa dilakukan melalui mobo ini, meskipun ada beberapa keterbatasan untuk pergi.

Nah, selain kemudahan extra melalui bios yang punya nilai positif bagi pengguna, nyatanya ProArt juga hadir dengan pilihan software extra lain yang bisa membuatnya semakin istimewa. Salah satunya adalah kehadiran tools CreationFirst Network-optimization.

Tools ini bisa dibilang punya manfaat tersendiri bagi pengguna, dimana kalian bisa memprioritaskan aplikasi tertentu dengan mengalokasikan lebih banyak bandwidth untuk mempercepat pekerjaan seperti saat kalian download file atau upload, termasuk juga monitoring network.

Lalu adalagi ProArt Creator Hub, dimana kalian bisa monitoring banyak hal atau bisa dibilang Comand Centernya mobo ini.  Dengan interface yang cukup ramah, kalian bisa melakukan banyak hal untuk ningkatin performa sistem maupun mengefektifkan pekerjaan tertentu dengan hanya beberapa klik saja.

Kesimpulan

ProArt Z490-Creator 10G memiliki banyak hal seru bagi para konten kreator, termasuk kehadiran konektivitas yang super lengkap, kemudahan dalam pengaturan bios, bahkan ketersediaan software extra yang bisa memberikan nilai makin istimewa.

Cuman, ketiadaan Integrated Wifi terkadang menjadi minus tersendiri, sehingga pengguna yang masih mengandalkan internet secara wireless perlu membeli perangkat extra. Padahal, harga yang ditawarkan cukup mahal sekitar 5.6 jutaan. Kami pikir ini sudah tersedia untuk harga tersebut, cuman sayangnya itu tidak ada.

ASUS ProArt Z490-Creator 10G

Disamping itu, seri Z490 masih punya beberapa bug, cuman kita enggak memungkiri bahwa platform tersebut masih terhitung baru. Sehingga kalian perlu update bios terbaru untuk membuatnya jauh lebih nyaman untuk dilalui.

Tapi terlepas dari itu semua, ASUS ProArt Z490-Creator 10G bisa jadi solusi pasti kalian saat sedang nyari mobo baru berdasarkan platform Intel Z490, khususnya untuk kebutuhan professional yang lebih menekankan pada kegiatan pembuatan konten, editing dan sebagainya.

Nah, itu dia ulasan kami tentang mobo terbaru ASUS ProArt Z490-Creator 10G, meskipun enggak sepenuhnya kami bahas lebih mendetail. Namun yang pasti, semoga bermanfaat!!

 Baca Juga :



Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com