ASRock B550 Phantom Gaming-ITX/AX : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

ASRock B550 Phantom Gaming-ITX/AX : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

ASRock B550 Phantom Gaming-ITX/AX punya banyak hal unik yang bisa bawa PC Build bakal terasa lebih seru. Bentuk faktor yang mungil merupakan sajian utamanya, namun apa yang jauh lebih menarik adalah banyak dukungan fitur canggih, termasuk bakal bawa performa sistem bisa terasa jauh lebih efektif.

Nah, penasaran dengan apa yang bisa ditawarkan motherboard terbaru ASRock tersebut? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : ASUS TUF Gaming Z490-Plus WiFi : Motherboard Handal Pada Harga Yang Lebih Masuk Akal

ASRock B550 Phantom Gaming-ITX/AX : Apa Yang Kami Ketahui Sejauh ini

Jajaran motherboard B550 boleh dibilang bawa banyak hal menarik, terlebih lagi ketika PCIe 4.0 yang jadi sajian istimewa chipset AMD X570 kini diturunkan pada seri tersebut. Ini tentu bawa kabar gembira bagi PC Builder yang ingin membangun PC pada harga yang lebih terjangkau, disisi lain masih menginginkan kinerja penuh dari fitur utama tersebut.

Nah, ketika kalian menginginkan hasil rakitan PC dalam bentuk faktor Mini-ITX yang mungil dan butuh mobo yang tepat untuk memulai, maka ASRock B550 Phantom Gaming-ITX/AX bisa banget sebagai rekomendasi utama kami.

ASRock B550 Phantom Gaming-ITX/AX

Meski, harga enggak datang dengan murah dimana kalian perlu mengeluarkan anggaran extra hingga 3.4 jutaan lebih. Tapi, harga pada dasarnya enggak membohongi. Karena apa yang bakal didapatkan pengguna bisa jauh lebih berharga, tidak hanya potensi kinerja aja, namun juga estetika.

ASRock benar-benar memberikan banyak hal menarik pada motherboard ini, meski kita enggak memungkiri bahwa terkadang sebelum kalian membangun, kalian perlu melihat beberapa kompabilitas yang membatasi pengguna untuk bergerak lebih luas saat akan membangun PC dalam bentuk faktor SFF (Small form factor).

Desain

I/O Shield maupun shield armor bisa bawa impresi awal yang menarik saat pertama kali melihat ASRock B550 Phantom Gaming-ITX/AX. Karena tidak hanya memberikan perlindungan extra buat komponen internal, kehadirannya juga bakal bawa estetika tersendiri buat show off.

Mobo ini juga memiliki pilihan slot power extra hingga 8-pin (selain pin power 24) yang bisa mengisyaratkan bahwa itu bisa memberikan kinerja OC yang jauh lebih stabil pada speed tinggi. Terlebih lagi, B550 Phantom Gaming-ITX ini hadir dengan desain 8 Power Phase dan 90A DrMos sebagai modal utama untuk memberikan stabilitas VRM yang positif pada prosesor.

ASRock B550 Phantom Gaming-ITX/AX

Bentuk faktor kecil juga enggak menjadi hambatan produsen untuk membawa banyak pilihan komponen berkualitas pada mobo tersebut. Contohnya adalah kehadiran 15μ Gold Contact baik pada bagian slot memori maupun PCIe slot tentu enggak sembarangan, karena ini akan memberikan umur yang lebih panjang bagi kedua komponen tersebut jauh lebih efektif.

Mobo ini juga dukung RGB Lighting melalui ASRock polychrome RGB, meskipun hanya tersedia dibagian belakang mobo. Namun, kalian bisa melakukan banyak hal mendalam melalui perangkat extra yang kompatible buat memaksimalkan nilai estetika pada mini RIG melalui motherboard tersebut.

Spesifikasi

Spesifikasi Inti ASRock B550 Phantom Gaming-ITX/AX
Socket / CPU AM4
Form Factor Mini ITX
Chipset AMD B550
Memory Max 64 GB
Memory Type DDR4
Memory Slots 2
Memory Speed Up to DDR4-5000 Mhz
Color Silver / Black
PCI-E x16 Slots 1
M.2 Slots 1 x Hyper M.2 Socket  PCI Express module up to Gen4x4
Onboard Ethernet 1 x 2.5 Gbit/s
SATA 6 Gb/s 4
USB 2.0 Headers 1
USB 3.2 Gen 1 Headers 1
USB 3.2 Gen 2 Headers 1
Wireless Networking Wi-Fi 6
RAID Support Yes
Harga Rp3.480.000

Selain mendukung prosesor terbaru AMD Ryzen series, khususnya generasi ke-3 maupun yang akan datang, mobo ini juga hadir dengan dua pilihan slot DIMM dengan dukungan memori maksimum hingga 64GB dan bisa menampung speed hingga 5100Mhz+ (OC), yang tentu aja bisa memberikan ruang extra buat kalian yang ingin memaksimalkan kinerja melalui Overclocking memori yang lebih luas.

Sebuah slot PCIe 4.0 (Gen4x16) juga sudah disiapkan produsen untuk memberikan kinerja grafis terbaik pada VGA modern yang bisa diambil pengguna hari ini maupun pilihan untuk masa depan. Meski, kalian juga menggunakan ruang internal grafis bawaan prosesor APU dengan hadirnya beberapa pilihan port extra seperti port HDMI maupun DisplayPort 1.4.

ASRock B550 Phantom Gaming-ITX/AX

Storage juga punya daya tarik tersendiri buat pengguna dengan pilihan slot yang cukup lengkap. Pertama untuk kinerja terbaik, kehadiran Hyper M.2 Socket yang mendukung SSD tercepat gen4 tentu jadi sajian utamanya, meskipun masih kompatible dengan Gen3x4 (32 Gb / s) SSD. Sedangkan untuk Port SATA, ada total 4 pilihan yang mencukupi kebutuhan kasual storage dengan speed SATA3 6.0 Gb/s.

Buat konektor, ada total 3 pilihan untuk konektor CPU Fan dan 2 konektor untuk fitur RGB (satu untuk konektor ARGB). Pilihan mungkin cukup terbatas, namun untuk bentuk faktor SFF itu tentu sudah sangat mencukupi.

Konektivitas

WiFi Modul Intel® 802.11ax  jadi sajian utama mobo ini dalam hal konektivitas secara nirkabel yang tentu aja bakal bawa banyak kemudahan pengguna untuk selalu terhubung dengan network dengan speed paling optimal.

Karena selain mendukung WiFi6 yang memberikan kinerja paling superior, kehadiran 2 antena extra yang dibawa juga mendukung teknologi diversity technology baik mengirim atau menerima secara efektif. Produsen juga membawa pilihan konektivitas extra, termasuk Bluetooth 5 dan dukungan MU-MIMO, dan Intel 2.5 Gigabit LAN untuk pilihan konektivitas secara kabel.

USB Port & Audio

Port USB yang lengkap dibagian belakang maupun bisa disajikan melalui konektor buat front panel casing bisa dibilang sangat mencukupi. Ada total 6 Port USB dibagian belakang yang terbagi menjadi sebuah port USB 3.2 Gen2 Type-A Port (10 Gb/s), sebuah port USB 3.2 Gen2 Type-C Port (10 Gb/s) dan 4 x USB 3.2 Gen1 Ports (Supports ESD Protection).

ASRock B550 Phantom Gaming-ITX/AX

Sedangkan dukungan untuk front panel ada total 3 pilihan yang disediakan mobo ini, termasuk sebuah konektor untuk port USB 2.0 Header, sebuah port USB 3.2 Gen1 Header dan sebuah port USB 3.2 Gen2 Type C Header.

Audio yang dibawa mobo ini juga punya kualitas yang sangat baik dengan kehadiran Realtek ALC1220 Audio Codec dan mendukung 7.1 CH HD Audio, termasuk dukungan Premium Blu-ray. Konektor 15μ Gold sebagai komponen utama juga bisa memberikan kualitas paling handal, yang setidaknya akan memberikan kepastian pengguna untuk bisa memberikan pengalaman yang menarik juga dalam urusan ini.

Kompabilitas

Perlu dicatat nih, sisi kompabilitas ASRock B550 Phantom Gaming-ITX/AX juga wajib jadi perhatian utama kalian, khususnya buat dukungan CPU Cooler, dimana kalian perlu melihat jarak antara slot memori dan pendingin itu sendiri, terlebih lagi slot memori sangat dekat prosesor. Meskipun, pilihan default seperti Stock cooler bawaan prosesor Ryzen seperti Wraith Spire masih bisa mencukupi, namun ketika memakai Writh Prism, sebuah slot memori paling dekat dengan prosesor tentu enggak akan bisa dipakai.

ASRock B550 Phantom Gaming-ITX/AX

Intinya, kalian perlu memakai CPU Cooler yang agak kecil dan ruang lebar yang enggak terlalu luas agar bisa memaksimalkan pilihan slot memori yang ada bisa terpakai semua.

Kesimpulan Awal

Meskipun belum kami ungkap sepenuhnya dalam hal kinerja, ASRock B550 Phantom Gaming-ITX/AX secara utuh bisa jadi rekomendasi utama buat kalian yang ingin membangun Mini-PC dengan banyak fitur menarik, bahkan dukungan teknologi penting juga bisa memberikan banyak kemudahan pengguna.

ASRock B550 Phantom Gaming-ITX/AX

Kehadiran WiFi 6 untuk konektivitas nirkabel dan dukungan SSD Gen4 yang kenceng, tentu jadi sajian utama mobo ini, termasuk ruang OC yang cukup luas, baik untuk prosesor maupun memori. Disamping itu, B550 juga bisa jadi aset berharga jangka panjang, khususnya ketika kalian ingin upgrade prosesor tanpa perlu beli mobo baru.

Cuman, membangun Mini PC punya banyak tantangan, khususnya dalam hal kompabilitas seperti dukungan pendingin yang cukup terbatas. Tapi, itu bukanlah minus yang berarti, bahkan bisa jadi pemacu semangat kalian untuk bisa berlaku jauh lebih baik lagi.

 Baca Juga :



Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com