- Hardware, Storage

T-FORCE CARDEA ZERO Z340 Review : SSD M.2 NVMe Dengan Kinerja Paling Stabil

T-FORCE CARDEA ZERO Z340 PCIe M.2 SSD punya banyak hal menarik buat kalian pertimbangkan sebagai salah satu storage handal yang udah ada dipasaran hari ini. Terlebih lagi SSD ini menawarkan kinerja paling konsisten, meskipun bukanlah yang terbaik dari segi performa.

Nah, penasaran dengan apa yang bisa ditawarkan CARDEA ZERO Z340 SSD tersebut? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : T-Force XTREEM ARGB 16GB DDR4 3600 Mhz Review : Indah, Performa Tinggi, Stabilitas Terbaik

T-FORCE CARDEA ZERO Z340 : Apa Yang Kami Tahu sejauh ini

SSD hari ini tentu jadi banyak pilihan pengguna, apalagi jika storage tersebut hadir dengan pilihan interface NVMe dan memiliki bentuk M.2 yang kecil. Kecepatan yang tinggi dan enggak butuh ruang extra jadi salah satu sajian utamanya.

Tapi terkadang pengorbanan terbesar dari jenis storage ini adalah suhu, dimana kita suka lupa bahwa faktor penentu seberapa efektif kinerja SSD bisa bergantung juga pada suhu yang hadir. Ketika suhu tidak ideal, ruang kerja untuk mendapatkan potensi tertinggi jadi sangat terbatas, malahan bisa throttling alias mengalami proses perlambatan. Disinilah, SSD nyatanya butuh pendingin extra agar bisa menjaga suhu tetap stabil, yang berarti kinerja bisa tetap konsisten berada dalam potensi terbaiknya.

Nah, T-FORCE CARDEA ZERO Z340 bisa mengambil bagian dari semua persyaratan penting tersebut, apalagi produsen membawa modul pendingin tembaga foil graphene, yang berarti punya potensi pendinginan lebih solid.

T-FORCE CARDEA ZERO Z340 PCIe M.2 SSD

TEAMGROUP sendiri mengklaim bahwa fitur pendingin extra yang dibawa CARDEA ZERO Z340 memiliki keuntungan tersendiri. Karena selain memiliki ketebalan hanya sekitar 1mm dimana secara efektif dapat menghilangkan masalah ruang instalasi yang terbatas, disisi lain juga bisa memberikan lebih dari 9% dari efek pendinginan yang ditawarkan.

T-FORCE CARDEA ZERO Z340 PCIe M.2 SSD

Elemen pendingin yang dibawa storage ini juga punya bawa nilai estetika sendiri yang cukup unik dan bergaya. Dan hal terbaiknya, produsen membawa satu paket lengkap dari modul pendingin CARDEA ZERO Z340, yaitu konduksi termal (graphene), radiasi termal (graphene) dan kapasitas termal (tembaga).

Spesifikasi & Pilihan Konfigurasi

Untuk urusan spesifikasi, CARDEA ZERO Z340 membawa format interface PCIe Gen3 x4 NVMe 1.3, dimana kalian pastinya butuh perangkat yang mendukung PCIe Gen3 x4 agar bisa memakai secara efektif storage ini, meskipun kami rasa perangkat motherboard modern secara umum sudah memiliki fitur tersebut.

Spesifikasi Inti CARDEA ZERO Z340
Interface PCIe Gen3 x4 with NVMe 1.3
Capacity 256GB / 512GB / 1TB
Voltage DC +3.3V
Operation Temperature 0˚C ~ 70˚C
Storage Temperature -40˚C ~ 85˚C
Terabyte Written 256GB / >380TB
512GB / >800TB
1TB / >1,665TB[4]
Weight 9 Gram
Dimensions 80.0(L) x 22.0(W) x 3.7(H) mm
Humidity RH 90% under 40°C (operational)
Vibration 80Hz~2,000Hz/20G
Shock 1,500G/0.5ms
MTBF 2,000,000 hours
Operating System Windows 10 / 8.1 / 8 / 7 / Vista[5]
Linux 2.6.33 or later
Warranty 5-year

Produsen sendiri menyebut bahwa melalui interface yang tinggi NVMe 1.3 dan DRAM Cache Buffer bisa memberikan ruang kinerja hingga 3.4GB per detik untuk read speed dan hingga 3.0GB per detik untuk read speed. Meski, kinerja nyata yang hadir pastinya berbeda dari apa yang menjadi klaim produsen.

CARDEA ZERO Z340 itu sendiri memiliki beberapa varian konfigurasi, khususnya buat kapasitas yang dibawa mulai dari 256GB, 512Gb dan pilihan tertinggi berada di kapasitas 1TB. Selain 1TB, tidak ada opsi yang lebih besar, meskipun pillihan yang ditawarkan bisa cukup nyaman untuk kasual maupun enthusiast user.

CARDEA ZERO Z340 M.2 SSD ini juga dukung TRIM, S.M.R.T, LDPC ECC, Perlindungan Data E2E, Global Wear Leveling, dll. Semua hal tersebut bisa meningkatkan efisiensi operasi data dan memperpanjang masa pakai solid state drive, termasuk juga bisa menjaga data pengguna aman dan memaksimalkan kinerja dan stabilitas transfer data.

Kinerja

Bagaimana dengan kinerja nyata yang ditawarkan CARDEA ZERO Z340? Secara keseluruhan mungkin bukanlah yang terbaik, namun kami melihat bahwa storage ini memiliki performa paling konsisten dibandingkan dengan beberapa SSD yang udah pernah kami coba.

T-FORCE CARDEA ZERO Z340 PCIe M.2 SSD

Pada uji coba CrystalDiskMark 8, SSD ini menunjukan kinerja hampir sesuai dengan apa diklaim produsen, khususnya untuk sequential read speed hingga 3.1Gb/s. Sayangnya, read speed terhitung rendah dengan speed rata-rata mencapai 1.4Gb/s, meskipun apa yang menarik adalah seberapapun kami mengetes, performa masih hampir tetap sama dengan nilai konsistensi yang baik.

T-FORCE CARDEA ZERO Z340 PCIe M.2 SSD

AS SSD Benchmark juga bisa menjadi tolak ukur ideal buat menunjukan seberapa hebat SSD dalam upaya untuk menunjukan kinerja nyata kepada pengguna. Skor secara keseluruhan mungkin masih berada dibelakang V-Gen SSD M.3 NVMe dengan kapasitas 512GB dengan hasil 2274 berbanding 2724.

T-FORCE CARDEA ZERO Z340 PCIe M.2 SSD

Namun apa yang menarik adalah pada tes performa kompresi data baik untuk read speed maupun write speed menunjukan kinerja yang konsisten dibanding VGEN. Itu setidaknya bisa jadi sesuatu yang positif untuk bisa ditawarkan kepada pengguna.

T-FORCE CARDEA ZERO Z340 PCIe M.2 SSD

Bagaimana dengan suhu? Apakah nilai efektif heatsink unik yang dibawa SSD ini juga berpengaruh? Yes, setidaknya kami bisa bilang begitu dengan suhu rata-rata saat idle berada di kisaran 38° derajat dan saat bekerja penuh suhu mencapai 64 ° celcius, meskipun terkadang bisa menyentuh diatas 70° celcius.

T-FORCE CARDEA ZERO Z340 PCIe M.2 SSD

Itu tentu cukup positif, terlebih lagi suhu yang hadir nyatanya bisa memberikan performa paling stabil saat SSD sedang bekerja, bahkan untuk kondisi extrem sekalipun.

Kesimpulan

T-FORCE CARDEA ZERO Z340 mungkin bukanlah pilihan terbaik dalam hal kinerja, namun SSD ini menawarkan performa paling stabil dengan beban suhu yang sangat baik untuk dilalui, bahkan untuk sesi terlama sekalipun. Inilah yang bisa menjadi nilai unggulan pada Z340, yang terkadang kita enggak cuman butuh speed tinggi, namun konsistensi juga sangat diperlukan untuk selalu mendapatkan kinerja maksimum dari SSD.

Sayangnya, write speed mungkin belum mencapai harapan dengan skor setengah dari yang diklaim produsen, meskipun kami rasa itu sudah sangat mencukupi untuk SSD NVMe modern. Disisi lain, harga masih menjadi misteri, termasuk ketersediaan. TEAMGROUP sendiri mengatakan bahwa seri Z340 masih belum tersedia di negara kita, sehingga kita belum bisa mengatakan rekomendasi pasti dari sudut harga.

Walaupun begitu, jika dilihat dari performa, stabilitas kinerja maupun potensi suhu yang ideal untuk dicapai setidaknya bisa mencukupi nilai keseluruhan. Kami menyimpulkan bahwa T-FORCE CARDEA ZERO Z340 bisa banget buat rekomendasi utama kalian yang butuh storage dengan performa paling stabil plus suhu yang baik saat sedang bekerja penuh.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat