- Built-up PC, Case Mod, Casing PC, Gaming Gear, Hardware, Kartu Grafis, Motherboard, Power Supply, Prosesor, RAM, Storage

Buyer’s Guide – Rakit PC Budget 5 Jutaan : Pilihan Komponen Yang Ideal

Rakit PC pada budget ketat biasanya butuh pilihan extra dalam milih komponen, sehingga hasil yang bakal didapetin bisa sesuai dengan harapan. Nah, katakanlah kalian punya budget ketat sekitar 5 jutaan, beberapa pilihan komponen yang kami tunjukan dibawah ini kayaknya bisa banget buat rekomendasi, termasuk opsi lain sebagai penyeimbang.

Jadi, cek selengkapnya dibawah ini ya!!

Baca juga : T-FORCE CARDEA ZERO Z340 Review : SSD M.2 NVMe Dengan Kinerja Paling Stabil

Rakit PC Budget 5 Jutaan : Pilihan Komponen Yang Ideal

1. Prosesor

Ok, buat prosesor sebenernya ada beberapa opsi yang bisa kalian prioritasin. Pertama jika kalian pengen kinerja yang nendang, opsi pertama adalah Core i3-9100F. Quad core, clocksped kenceng dan harga pas 1 jutaan pasti jadi magnet utamanya. Cuman jika budget masih terlalu tinggi, Athlon 200GE bisa banget buat rekomendasi lain. Karena dengan budget sekitar 700 ribuan, prosesor ini masih punya kinerja handal, terlebih lagi bawa iGPu yang juga layak buat kasual gaming atau eSport di level 720p. Meskipun, spek agak sedikit kecil dengan kekuatan dual core aja, walaupun clockspeed udah memadai. Tapi jangan salah dulu, prosesor ini masih gahar gaming yang masih ngandelin kinerja single core, apalagi buat esport gaming kayak dota 2, Valoran dan sebagainya.

Rakit PC Budget 5 Jutaan

Tapi jika kalian pengen paket lengkap antara prosesor maupun grafis, Ryzen 3 3200G pastinya jadi kandidat sempurna. Quad core dan Radeon Vega 8 bakal jadi combo sempurna tanpa perlu beli lagi VGA extra, khususnya buat penggunaan kasual atau gaming. Cuman, harga sedikit lebih mahal di kisaran 1.5 jutaan.

  • Cek harga terbaru Intel Core i3-9100F disini
  • Cek harga terbaru AMD Athlon 200GE disini
  • Cek harga terbaru Ryzen 3 3200G disini

2. Motherboard

Nah, ketika kalian milih Athlon 200GE sebagai pilihan utama, pilihan mobo A320 bisa banget jadi pendamping sempurna buat tuh prosesor. Dan salah satu kandidat positifnya adalah MSI A320M-Pro Max. Dukungan memori tinggi, stabilitas sistem bisa dicapai dengan baik, termasuk interface bios yang mudah, kualitas komponen yang juga sama positifnya dan pastinya harga murah jadi magnet utama tuh Mobo.

Rakit PC Budget 5 Jutaan

Mobo ini juga bisa jadi pendamping yang ideal buat Ryzen 3 3200G. Cuman jika Intel jadi prioritas utamanya, mobo H310 series banyak tuh yang solid, meskipun ASRock h310cm-hdv baik jd kandidat solid pada harga yang lebih masuk akal.

  • Cek harga terbaru MSI A320M-Pro Max disini
  • Cek harga terbaru ASRock h310cm-hdv disini

3. Grafis

Buat pilihan VGA, sebenernya kami punya 3 pilihan opsi, dengan Batasan budget maksimum sekitar 1.5 jutaan. Opsi pertama, jika kalian pengen kinerja kenceng buat main game di level 1080p, VGA bekas alias second dengan pilihan utama RX 570 bisa jadi prioritas utama kalian. VGA ini pasti bisa banget buat dukung banyak hal menuntut, game triple A juga masih kuat dilayani kok. Cuman jika kalian merasa VGA second agak beresiko, khususnya dalam hal garansi, pilihan baru juga masih ada, seperti RX 550 dari biostar ini dengan VRAM 4GB GDDR5. Tapi, VGA ini punya kinerja terbatas, apalagi buat game menuntut di level 1080p. Tapi kalo buat game esport masih bisalah rata kanan, kayak DOTA 2 atau CS GO.

Rakit PC Budget 5 Jutaan

Nah, opsi terakhir adalah iGPU bawaan prosesor itu sendiri, khususnya ketika kalian budget sudah sangat mentok dan kalian pengen hemat anggaran jauh lebih besar, atau benar-benar terbatas dalam budget jauh dibawah 5 jutaan, seperti kisaran 3 sd 4 jutaan.

  • Cek harga terbaru RX 570 disini
  • Cek harga terbaru RX 550 disini

4. RAM

Lanjut ke RAM, dimana Team Elite 8GB DDR4 3200Mhz bisa banget jadi rekomendasi utamanya. Harga yang pas, kompabilitas yang baik, speed tinggi dan harga jauh lebih terjangkau jadi sajian utama memori ini. Disamping itu, estetika juga enggak kalah kerennya dengan heatspreader yang cukup berkelas. Fitur dual channel pada memori ini juga bisa dongkrak kinerja jauh lebih efektif, apalagi jika kalian ngandelin iGPU bawaan prosesor.

Rakit PC Budget 5 Jutaan

  • Cek Harga terbaru Team Elite 8GB DDR4 3200Mhz disini

5. Storage

Bagaimana dengan storage? SSD wajib jadi prioritas utama kalian, apalagi jika kalian pengen kinerja cepet buat sistem. Nah, Adata SU650 bisa jadi pilihan rekomendasi, meskipun agak terbatas buat nyimpen Windows aja dengan kapasitas 120GB. Sedangkan buat pilihan storage extra buat nyimpen data yang lebih besar, WD 1TB bisa banget buat kandidat storage besar pada harga yang lebih murah. Combo storage ini bisa Menuhin segala kebutuhan kalian jangka panjang.

Rakit PC Budget 5 Jutaan

  • Cek Harga terbaru Adata SU650 120GB disini
  • Cek Harga terbaru WD 1TB disini

6. Power Supply

PSU alias Power Supply juga jangan sembarangan. Cuman itu bukan berarti kalian harus milih seri termahal, karena PSU murah tp kualitas enggak murahan pun banyak. Contohnya adalah Enlight Blacksilver 400W. Kita rasa sih PSU ini sangat mencukupi buat budget PC, harga murah kisaran 300 ribuan, sleevecable, dan label 80+ Bronze bisa jadi magnet utamanya, meskipun beberapa pilihan kabel masih agak terbatas. Jika kalian punya budget lain, FSP HV 550W bisa jadi kandidat solid, terlebih lagi buat ruang upgrade yang lebih besar.

Rakit PC Budget 5 Jutaan

  • Cek Harga terbaru Enlight Blacksilver 400W disini
  • Cek Harga terbaru FSP HV 550W disini

7. Casing

Terakhir adalah casing. Nah, ketika kalian punya sisa budget yang sangat minim namun pengen look yang cukup baik dari estetika, cube gaming ryfoss bisa jadi penyempurna yang baik. Estetika pastinya dapet banget, terlebih lagi harga yang ditawarin bener-bener murah sekitar 300 ribuan, termasuk dukung airflow yang juga lumayan baik. Minusnya, kabel managemen yang buruk, maupun bahan materi yang yah begitulah. Jadi, pilihan ini sebenernya opsional, dimana kalian bisa nyesuain budget maupun preferensi, khususnya buat merk atau gaya kesukaan kalian.

Rakit PC Budget 5 Jutaan

  • Cek Harga terbaru Cube Gaming RYFOSS disini

Kesimpulan Awal

Jika kalian milih Athlon 200GE dan RX 550 sebagai prioritas utama, budget yang dikeluarin berada di sekitar 5 jutaan pas atau lebih sedikit. Jika Ryzen 3 3200G jadi prioritas utama kalian tanpa nambah VGA, budget bisa lebih berkurang dibawah 5 jutaan dengan selisih sekitar 500 ribuan. Tapi jika kalian milih Core i3 9100F, kalian pastinya butuh budget extra hingga 500 ribuan. Tp masih dalam jangkauan 5 jutaan.

Semua pilihan bisa dukung banyak pekerjaan modern, meskipun masih ada beberapa keterbatasan. Pilihan all new berada pada RX 550 maupun Athlon 200GE dengan cover garansi penuh, setidaknya bisa jadi penenang kalian jika ada masalah. Performa gaming bisa ngasilin Fps tinggi buat esport game baik di level 720p atau 1080p. Tp buat game menuntut, sayangnya Fps sangat terbatas, malah kami coba di Battlefield V pada resolusi 1080p low setting, Fps cuman ngasilin 30 sd 40 aja, meskipun masih nyaman.

Nah, itu dia rakitan PC kita kali ini, plus beberapa opsi yang bisa kalian pertimbangin sebelum pergi terlalu jauh. Harapan kita sih, semoga bermanfaat ya!!

 Baca Juga :



About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat