- Cooler, Hardware

Cooler Master Hyper 212 LED Review : Upgrade Sempurna Pengganti Stock Cooler?

Ada banyak pilihan CPU Cooler yang ideal sebagai bahan upgrade kalian berikutnya jika dibandingkan dengan Stock Cooler bawaan prosesor. Salah satunya pilihan solidnya adalah Cooler Master Hyper 212 LED. Meskipun udah cukup lama dirilis, namun kinerja yang ditawarkan bisa jauh lebih efektif, termasuk harga yang cukup terjangkau.

Nah, mau tau lebih tentang Cooler Master Hyper 212 LED? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : Laptop Gaming Terbaru ASUS ROG Zephyrus G14 Resmi Hadir – Lebih Stylish, Lebih powerful

Cooler Master Hyper 212 LED : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

Cooler Master Hyper 212 LED mungkin udah cukup lama dirilis, tapi CPU Cooler ini nyatanya punya potensi yang masih baik buat nantang banyak CPU Modern dengan kinerja solid, bahkan bisa jadi upgrade sempurna sebagai pengganti ideal stock cooler bawaan prosesor. Disamping itu, harga yang ditawarkan semakin terjangkau, dimana kalian hanya perlu mengeluarkan anggaran sekitar 400 ribuan lebih dikit.

Cooler Master Hyper 212 LED

CPU Cooler itu sendiri hadir dengan bobot yang sangat ringan sekitar 0.4Kg, namun memiliki paket lengkap, termasuk dukung soket CPU terbaru baik dari AMD dengan platform AM4 maupun Intel LGA 1151, bahkan mendukung soket LGA 1200 (mounting kit yang sama dengan LGA 1151).

Cooler Master Hyper 212 LED

Dimensi Hyper 212 LED itu sendiri hadir dengan panjang sekitar 12cm, dan lebar sekitar 8.4cm. Jika kalian berencana ingin mendapatkan CPU Cooler tersebut, kalian perlu melihat kompabilitas ketinggian maksimum dari Casing, karena CPU Cooler ini memiliki ketinggian yang cukup lumayan hingga 16cm.

Spesifikasi Inti  Hyper 212 LED
Type Fan & Heatsinks
Fan Size 120mm
CPU Socket Compatibility Intel LGA 2066 / 2011-3 / 2011 / 1366 / 1156 / 1155 / 1151 / 1150 / 775 
AMD Socket AM3+ / AM3 / AM2+ / FM2+ / FM2 / FM1
Bearing Type Rifle Bearing
RPM 600 – 1600 RPM (PWM) +/- 10%
Air Flow 66.3 CFM +/- 10%
Noise Level 9 – 31 dBA
Power Connector 4 Pin (PWM)
Color Black
LED Red
Heatsink Material Aluminum (Fins) / Copper (Heatpipes)
Max CPU Cooler Height 160 mm
Fan Dimensions 120.00 x 120.00 x 25.00mm
Heatsink Dimensions 116.00 x 60.00 x 160.00mm
Weight 1.03 lbs.

Harga : Rp405.000

Secara utuh, ini merupakan Air Cooler dengan ciri khas populer dari Hyper 212 yang sangat melegenda sejak lama, dan Cooler Master memberikan sentuhan LED pada bagian fan yang memiliki ukuran 12cm. Estetika sih terlihat biasa, namun CPU Cooler ini punya wibawa tersendiri dengan kesan yang cukup solid untuk membawa sisi pendinginan bisa bertindak efektif.

Cooler Master Hyper 212 LED

Kalian bahkan bisa menambahkan fan untuk kinerja pendinginan yang jauh lebih superior, meskipun itu enggak datang secara gratis alias perlu membelinya secara terpisah. Sedangkan untuk performa, fan ini sanggup bekerja dengan kecepatan antara 600 hingga 1600 RPM.

Cooler Master sendiri mengatakan bahwa Hyper 212 memiliki paduan sempurna antara bentuk dan fungsi. Untuk kinerja, CPU Cooler ini hadir dengan Empat heatpipe Direct Contact dengan sirip yang memiliki jarak ideal guna memberikan konduktivitas yang dioptimalkan.

Cooler Master Hyper 212 LED

Hal terbaik dari apa yang bisa ditawarkan jajaran produk dari Cooler Master adalah kemudahan pemasangan. Dan itu berlaku juga untuk seri Hyper 212 LED, produsen bahkan menyediakan braket yang memiliki fleksibilitas cukup baik, sehingga pemasangan bisa mudah untuk dilakukan.

Kinerja

Nah, kali ini kami sengaja membandingkannya dengan CPU Cooler default bawaan prosesor, baik dengan Intel Stock cooler dengan prosesor utama Core i3-9100F maupun Wraith Stealth bawaan prosesor Ryzen 5 3600. Ini bisa menunjukan seberapa efektif CPU Cooler ini bisa menjadi perangkat berharga saat kalian berencana akan mengupgrade dari stock Cooler.

AMD Platform

Kita tahu bahwa AMD punya pilihan solid untuk stock cooler bawaan prosesor, namun terkadang kinerja OC belum mampu memberikan suhu yang ideal saat memakai default CPU Cooler. Dan jika kalian penasaran dengan Hyper 212 LED, dibawah ini kami bandingkan kinerja secara umum saat berhadapan pada scenario tertentu, baik pada idle, Gaming, maupun OC. Perlu dicatat bahwa PC Case juga ngaruh dalam hal kinerja, sehingga kami perlu menyebutkan case saat pengetesan, yaitu Be Quiet Pure Base 500.

Cooler Master Hyper 212 LED

Nah, saat idle, performa yang ditawarkan  Hyper 212 LED unggul sekitar 8% dengan suhu rata-rata hingga 44° Celcius dibanding Wraith Stealth yang memiliki rata-rata suhu idle hingga 48° celcius.

Cooler Master Hyper 212 LED

Sedangkan untuk gaming, suhu yang ditawarkan CPU Cooler ini juga memiliki performa jauh lebih solid dengan penurunan suhu hingga 74° Celcius, perbedaan sekitar 4% jika dibanding stock cooler. Suhu masih bisa ditekan jauh lebih sempurna jika kalian memakai dual fan.

Cooler Master Hyper 212 LED

Nah, performa OC juga berlaku untuk melihat perbandingan bagaiman efektifnya Hyper 212 LED jika dibanding stock cooler bawaan default AMD. Nyatanya, saat mengetesnya dengan tes Blender dengan skema BMW27 (all core berjalan) pada kecepatan 4.3 Ghz, Hyper 212 LED bisa cukup baik meredam panasnya suhu yang dihasilkan rata-rata hingga 86° celcius dengan perbedaan sekitar 7% jika dibanding stock cooler dengan suhu rata-rata mencapai 92° Celcius. Meskipun tidak memberikan tingkat perbedaan terlalu jauh, namun penurunan suhu bisa dibilang positif, meskipun saat bekerja tinggi, fan sedikit agak berisik.

Intel Platform

Bagaimana dengan Intel? Stock Cooler Intel pada dasarnya masih solid, namun belum mampu berlaku jauh lebih positif untuk menurunkan suhu secara signifikan, bahkan untuk kasual prosesor sekelas Core i3 9100F sekalipun. Untuk itulah, kami bandingkannya saat ketika memakai Hyper 212 LED, dan lihat bagaimana ini bisa beraksi.

Cooler Master Hyper 212 LED

Ok, pertama untuk idle, Hyper 212 LED memiliki selisih hingga 14% jauh lebih baik dibanding Stock cooler bawaan prosesor dengan suhu rata-rata hingga 42° Celcius (48° Celcius untuk stock cooler). Itu bisa menjadi pertanda baik untuk dilalui.

Cooler Master Hyper 212 LED

Nah, saat gaming, CPU Cooler ini juga memiliki selisih kinerja yang juga sama positifnya dengan suhu rata-rata hingga 72° celcius, dan memiliki penurunan suhu sangat signifikan dengan selisih hingga 13.8% jika dibanding stock cooler (average 82° Celcius).

Cooler Master Hyper 212 LED

Hal yang sama juga berlaku untuk tugas berat seperti tes blender saat semua core aktif dengan suhu rata-rata yang bisa dicapai Hyper 212 LED sebesar 82° celcius, jauh berbanding terbaik saat kalian memakai Stock Cooler bawaan dengan suhu bisa melebih diatas 90° Celcius.

Kesimpulan

Jadi, berhargakah Hyper 212 LED sebagai bahan upgrade CPU Cooler kalian berikutnya? Menurut kami, jika kalian berencana ingin mengupgradenya dari stock cooler bawaan prosesor Ryzen sekelas Wraith Stealth atau Spire, kami rasa belum mencukupi sebagai upgrade sempurna, namun masih layak untuk diperhitungkan. Selisih rata-rata hanya sekitar 6% untuk performa secara keseluruhan, meskipun setiap penurunan suhu bisa ngaruh banget.

Disamping itu, kalian mungkin perlu mencari CPU Cooler yang lebih baik untuk pergi dengan perbandingan kinerja yang jauh lebih tinggi. Atau, tambah fan extra pada CPU Cooler tersebut akan membawa kinerja jauh lebih superior.

Namun jika kalian berangkat dari platform Intel, maka Hyper 212 LED bisa jadi upgrade sempurna dengan harga yang bisa dibilang masih terjangkau. Selisih performa rata-rata memiliki perbedaan sekitar 12% jauh lebih baik untuk kinerja secara keseluruhan, dan tentu saja suhu yang dihasilkan akan jauh lebih positif jika dibanding stock cooler, bahkan sangat signifikan.

Hingga pada akhirnya, Cooler Master Hyper 212 LED bisa jadi solusi ideal kalian saat sedang mencari CPU Cooler berharga pada harga yang lebih terjangkau. Kemudahan, kinerja solid, desain yang juga enggak kalah kerennya jadi beberapa nilai unggulan CPU Cooler tersebut. Cuman, fan mungkin agak sedikit berisik saat sedang bekerja penuh, termasuk kalian juga perlu lihat kompabilitas ketinggian yang bisa dicapai casing PC harus bisa melebihi di atas 16cm.

 Baca Juga :



About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat