- Gaming Gear, Hardware, Monitor

ASUS TUF Gaming VG27AQ Review : Monitor Gaming Yang Worth Banget Dari Segala Aspek

Terkadang kita enggak perlu beli sebuah monitor yang worth banget dengan harga mahal, karena selalu ada pilihan alternatif terbaik untuk pergi. Salah satunya datang dari ASUS dengan seri TUF Gaming VG27AQ, monitor gaming fresh yang enggak cuman solid buat urusan main game aja, tapi punya nilai visual yang enggak kalah serunya.

Nah, mau tau lebih tentang TUF Gaming VG27AQ? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : ASUS Umumkan Jajaran Lengkap Motherboard Terbaru Z490, ROG Maximus XII Extreme Pilihan Terbaiknya

ASUS TUF Gaming VG27AQ : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

Memiliki sebuah monitor gaming handal dalam segala aspek tentu jadi impian banyak orang, cuman itu biasanya enggak datang dengan murah. Untungnya, produsen mendengar keluh kesah orang-orang yang punya budget ketat, hingga pada akhirnya, ASUS memberikan pilihan terbaru yang layak banget untuk kalian pertimbangkan, yaitu TUF Gaming VG27AQ.

ASUS TUF Gaming VG27AQ

Ada cukup banyak alasan mengapa perangkat ini bisa sangat berharga, namun yang pasti triple combo solid antara spek mumpuni, nilai extra maupun harga jadi sajian utamanya. Betapa tidak, dengan harga cuman sekitar 6 jutaan, kalian udah dapet monitor gaming handal yang punya ruang resolusi 2k dengan ukuran besar hingga 27”, panel IPS, refresh rate tinggi, waktu respon cepat, termasuk dukungan G-Sync. Cuman buat lebih lengkapnya, mari kita urutkan dari awal.

Secara keseluruhan bentuk desain sih mungkin masih punya kesan biasa, karena nyatanya VG27AQ lebih memfokuskan diri pada spesifikasi internal, terlebih lagi buat jaga nilai harga tetap terjangkau. Setidaknya itulah menurut kami saat lihat secara keseluruhan dari perangkat tersebut. Termasuk dudukan monitor yang juga sepenuhnya terbuat dari materi plastik. Tapi jangan khawatir, seri ini sepenuhnya kokoh untuk pemakaian jangka Panjang kok, apalagi seri TUF gitu loh!!

ASUS TUF Gaming VG27AQ

Intinya, monitor ini sepenuhnya sangat aman untuk penggunaan jangan panjang, termasuk juga dukung beberapa fungsi yang pastinya sangat bermanfaat bagi pengguna, seperti Tilt  antara +33°~-5°, Swivel hingga rotasi 90°, Pivot juga dukung hingga posisi 90°, ngatur ketinggian hingga 13cm dan dukungan VESA Wall Mounting.

Monitor ini juga punya kesan visual yang terasa lebih luas, terlebih lagi bezel tipis disekeliling display jadi salah satu alasannya, termasuk juga bisa memberikan sedikit tampilan premium dan bisa terasa cukup berwibawa dengan warna hitam penuh secara keseluruhan saat show Off.

ASUS TUF Gaming VG27AQ

Sedangkan untuk konektivitas, ASUS sendiri ngeklaim bahwa seri ini juga sepenuhnya dukung konektivitas modern dan lengkap, seperti sebuah Displayport 1.2 dan dua port HDMI.  Pengaturan secara manual buat display di monitor ini juga keitung lengkap, termasuk kemudahan saat kalian pengen ngatur banyak hal sesuai dengan keinginan tanpa harus ngalamin proses yang ribet, seperti ngatur tampilan warna, nyalain fitur extra seperti GamePlus, HDR dan sebagainya.

Nyatanya, monitor ini juga punya port audio, artinya bahwa kalian bisa manfaatin audio bawaan monitor, meskipun kualitas sound yang dihasilin enggak terlalu bagus, tapi masih cukup sih

Spesifkasi Internal

Spesifikasi Inti TUF Gaming VG27AQ
Screen Size 27″
Resolution 2560 x 1440
Refresh Rate 165 Hz
Response Time (G2G) 1 ms
Panel Type IPS
Viewing Angle 178° H x 178° V
Aspect Ratio 16:09
Color Black
Brightness 350 cd/m²
Widescreen Yes
Interface HDMI x2
DisplayPort x1
Frame Sync G-Sync
Built-in Speakers Yes
Harga Rp6.720.000

Nah, buat urusan spesifikasi, TUF Gaming VG27AQ ini punya banyak nilai unggulan yang solid. Pertama monitor ini hadir dengan ukuran 27” dan ruang resolusi besar hingga 1440p yang tentu saja cukup ideal buat kebutuhan nilai visual yang ideal buat pengguna atau gamer modern. Disamping itu, monitor ini juga hadir dengan panel IPS yang nyatanya bisa bawa tampilan warna bisa terasa lebih tajam. ASUS sendiri ngeklaim bahwa seri ini memiliki cakupan warna sRGB hingga 99%, yang pada intinya bisa cukup ideal buat pembuat konten, termasuk juga sudut pandang yang terasa lebih luas hingga 178 derajat.

Dan buat memenuhi Hasrat para gamer, VG27AQ dukung refresh rate tinggi hingga 165hz plus waktu respon cepat hingga 1ms, termasuk dukungan Nvidia G-Sync. Intinya, kalian enggak usah lagi khawatir masalah yang biasa hadir pada keterbatasan layar bakal menimpa kalian, karena monitor ini udah punya tajir yang mumpuni buat dobrak semua hal tersebut makin positif. Jadi, mau main game dengan judul apapun, monitor ini bisa benar-benar diandelin, bahkan untuk judul permainan yang cepat sekalipun. Hal terbaik dari apa yang bisa ditawarin monitor ini adalah dukungan HDR10, yang bisa ngasi tingkat kecerahan tinggi hingga 1.000 knits. Pengalaman bermain game atau nonton, maupun hal extra lain bisa terasa seru bukan? Err, meskipun enggak semua juga sih.

Dukungan teknologi & Fitur Extra

Buat nyempurnain hasil lebih positif dari apa yang bisa ditawarin TUF Gaming VG27AQ , ASUS bawa sejumlah dukungan teknologi yang ngasih nilai lebih istimewa buat perangkat tersebut, termasuk Extreme Low Motion Blur Sync alias ELMB. Jika kalian aktifkan fitur ini, termasuk aktifin G-Sync pada saat yang sama, kualitas warna bisa cukup solid dan terasa dramatis, meskipun ini masalah preferensi pribadi dan bisa berbeda-beda sih.

Monitor gaming ini juga punya beberapa fitur unggulan lainnya yang cukup bermanfaat bagi pengguna, termasuk Shadow Boost yang bisa memperjelas area gelap dalam game tanpa mengekspos area yang lebih terang, meningkatkan tampilan keseluruhan. Lalu ada lagi GameVisual dengan tujuh pilihan opsi tampilan dan bisa disesuaikan demi kenyamanan pengguna. Dan terakhir adalah dukungan teknologi Ultra-Low Blue Light, dimana ini bakal ngurangin jumlah cahaya biru dari layar yang bisa membahayakan mata pengguna. ASUS bahkan udah nyediain empat pengaturan filter berbeda.

Kesimpulan

ASUS TUF Gaming VG27AQ pada dasarnya bisa jadi opsi menarik buat sebuah Monitor gaming yang berharga, enggak cuman dari kualitas visualnya aja, namun juga harga yang jauh lebih bernilai buat budger user. Bayangin aja, dengan nilai cuman sekitar 6 jutaan, kalian udah dapetin sebuah perangkat high-end dengan banyak fitur hebat dan mumpuni, termasuk resolusi besar maupun dukungan G-Sync. Bahkan, kualitas warna yang ditawarin pun enggak kalah kerennya, termasuk banyak fungsi yang bermanfaat bagi pengguna.

Cuman, bentuk desain sih mungkin masih terkesan biasa, termasuk pilihan materi dudukan plastik plus pemasangan yang sedikit agak ribet. Monitor ini juga enggak dukung software extra, sehingga kalian harus manfaatin pengaturan secara manual. Inilah yang bisa dibilang jadi sisi minusnya, meskipun enggak terlalu ngaruh pada kualitas maupun performa secara keseluruhan

Jadi, terlepas dari semua hal yang telah kita ungkap ataupun belum, Monitor gaming ASUS TUF Gaming VG27AQ pada dasarnya bisa banget buat kalian pertimbangkan saat sedang nyari perangkat handal pada harga yang lebih pas. Monitor ini bahkan udah masuk dalam kategori kami sebagai salah satu pilihan yang layak buat direkomendaskan untuk PC Builder tahun ini. Gimana menurut kalian?

TUF Gaming VG27AQ
Overall Score  9/10
Pros Harga Lebih terjangkau
  Resolusi Besar Hingga 1440p
  Dukungan G-Sync
  Refresh rate Tinggi Hingga 165Hz
  Waktu respon Cepat Hingga 1ms
  Panel IPS & HDR10
Cons Materi Plastik, Termasuk Dudukan
  Enggak Ada dukungan Software

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat