- Berita Terbaru, Gaming Gear, Kartu Grafis

MSI Ungkap Bahwa Tidak Semua Radeon RX 5600 XT Bisa Tampung Kecepatan 14Gbps

Sehari sebelum diluncurkan, AMD merilis update VBios pada Radeon RX 5600 XT dengan peningkatan kinerja yang jauh lebih tinggi, termasuk kecepatan memori GDDR6 dari 12 Gbps menjadi 14 Gbps. Cuman, pembaharuan tersebut ternyata tidak bisa berlaku untuk semua seri GPU tersebut. Mengapa begitu?

MSI sebagai mitra add-in-board AMD mengatakan bahwa tidak semua Radeon RX 5600 XT bisa mengimplementasikan kecepatan tinggi hingga 14Gbps, karena beberapa VGA pada dasarnya hanya sebagai chip 12Gbps. Dan jika itu dipaksakan untuk menerapkan update VBios, justru akan menyebabkan masalah RMA dengan pelanggan.

Baca juga : RTX 2060 Turun Harga, AMD Tingkatkan Spesifikasi Radeon RX 5600 XT

Untuk itulah, MSI (termasuk ASUS) sangat berhati-hati dalam hal tersebut, dimana mereka memberikan pilihan hanya untuk seri premiumnya saja atau pada beberapa SKU tertentu, contohnya adalah seri Gaming X. Hal tersebut diutarakan dalam acara YouTube yang disebut MSI Insider, yang diselenggarakan oleh karyawan MSI, dimana mereka menjelaskan situasinya.

Intinya, Radeon RX 5600 XT pada awalnya dimaksudkan sebagai chip 12 Gbps dan tidak disertifikasi untuk bekerja pada frekuensi ini. Itu karena silikon dari chip memori memainkan peran besar dari kualitas DRAM onboard yang akan berdampak besar pada kemampuan overclock ke frekuensi baru.

Inilah mengapa MSI merilis varian RX 5600 XT GAMING Z dengan vBIOS 14 Gbps yang sudah berlaku. ASUS juga bergabung dengan meluncurkan kartu grafis ASUS ROG STRIX TOP, yang merupakan satu-satunya VGA mereka yang memiliki kemampuan 14 Gbps di seluruh jajaran ASUS.

Jadi dengan meluncurkan SKU GPU khusus pada kecepatan 14 Gbps di luar kotak, pabrikan dapat menjamin kecepatan ini dan tidak bergantung pada silikon yang dapat menyebabkan mereka mengalami beberapa masalah RMA.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat