- Berita Terbaru, Gaming Gear, Kartu Grafis

RTX 2060 Turun Harga, AMD Tingkatkan Spesifikasi Radeon RX 5600 XT

Nvidia GeForce RTX 2060 turun harga untuk bisa menyaingi Radeon RX 5600 XT. Namun seakan tidak mau kalah dalam persaingan, Tim merah pun mengubah spesifikasi sedikit lebih tinggi, khususnya dalam hal clockspeed dibanding saat pertama kali mereka mengumumkannya di CES.

Hal tersebut terungkap melalui laporan HKEPC, dimana Techpowerup mengatakan bahwa spesifikasi clockspeed RX 5600 XT kini jauh lebih tinggi menjadi 1615 MHz untuk gaming dan 1750 MHz max boost, dibandingkan spesifikasi default 1375 MHz gaming dan 1560 MHz saat terungkap.

Baca juga : AMD Siap Luncurkan Navi GPU Yang Lebih Superior, Radeon RX 5950 XT

Contohnya adalah Sapphire, yang tidak memiliki tanda “OC” apa pun dalam nama produk dalam kotak dus, tetapi belum memiliki tab spesifikasi yang diperbarui, merujuk pada kecepatan clockspeed baru. Performa yang ditawarkan tentu memiliki potensi yang jauh lebih baik, termasuk juga perubahn memory Clock menjadi 14 Gbps (dari default sebelumnya 12 Gbps).

RTX 2060

Sebagaimana kita tahu, Radeon RX 5600 XT bisa menjadi pilihan superior AMD untuk kelas mid-range dengan potensi harga yang juga bisa jauh lebih baik. Jadi, dengan harga SRP sebesar $279 atau sekitar 3.8 jutaan (sebelum pajak), seri ini akan membawa penentu pilihan GPU hebat berikutnya dari tim merah dengan potensi kinerja dan konsumsi daya fenomenal.

Dengan kekuatan 6GB GDDR6 192-Bit, kartu grafis AMD yang akan tersedia dan diluncurkan pada 21 januari 2020 dianggap akan membawa era baru yang jauh lebih seru bagi tim merah untuk mendapatkan lebih banyak porsi untuk pasar kartu grafis.

Namun, Nvidia tidak mau mengalah begitu saja, karena sudah memiliki barisan hebat untuk seri GPU Mid-range mereka, pilihan RTX 2060 juga ikut membumi dengan pemotongan harga hingga $299 atau sekitar 4 jutaan (sebelum pajak). Artinya bahwa seri ini memiliki selisih hanya sekitar $20, namun bisa memberikan kinerja hebat, tidak hanya di resolusi FullHD, namun juga untuk gaming 1440p. Dan jika itu benar adanya, maka RTX 2060 bisa memiliki kisaran harga antara 4.5 jutaan sd 5 jutaan.

Hingga pada akhirnya, semua yang terungkap akan memberikan banyak pilihan menyenangkan untuk gamer yang ingin upgrade GPU mereka pada seri terbaru. Jadi, kita tunggu saja bagaimana semua hal tersebut berkembang, termasuk kompetisi yang adil dalam tabel meja kerja sebenarnya.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat